Fashion

10 Tips Pakai Sepatu Heels Tanpa Lecet Lagi!

  by: Silvya Winny       1/5/2018
  • Ya, wanita suka pakai sepatu heels dan tak bisa hidup tanpa bantuan mereka sepertinya. Kadang saking sukanya dengan sepatu hak tinggi ini kamu bahkan bisa menahan penderitaan rasa sakit saat memakainya. Mau bagaimana lagi, kata hati kamu sambil agak meringis.

    Artikel ini adalah untuk kamu-kamu yang suka bertanya, “Bagaimana saya bisa memakai sepatu hak tinggi tanpa rasa sakit?” “Mungkin emangnya?”

    Mengutip hasil penelitian dari College of Podiatry, ketahanan rata-rata terhadap rasa sakit dan pegal yang ditimbulkan high heels adalah 1 jam 6 menit dan 48 detik. 20% relawan yang ikut justru merasa pegal setelah 10 menit memakai high heels.



     

    Apakah untuk sebuah alasan ekshibisi gaya kamu jadi melupakan kesehatan tungkai kaki indah kamu? Tidak kan? Jadi ternyata untuk alasan kesehatan kaki, ada beberapa cara untuk tidak menderita berjam-jam di atas sepatu heels kamu. Simak ya!

     

    1. Pastikan kamu pilih ukuran yang tepat

    Kesalahan pertama yang sering dilakukan wanita adalah tidak memilih ukuran sepatu yang sesuai dengan Panjang telapak kaki mereka. Ukuran kaki kamu berubah-ubah setiap tahunnya, bahkan perubahan kontras bisa dirasakan jika kamu telah memiliki anak. Ukur kaki kamu setiap satu tahun sekali jika memang jarang mengukurnya. Sebelum membeli sepatu baru, ukurlah lebih dulu untuk menemukan ukuran panjang dan lebar kaki kamu dengan akurat. Jadi bukan hanya panjang saja, lebar pun sangat memengaruhi lho supaya kaki kamu tidak terasa sesak bagaikan terjepit sepanjang hari.

     

     

    2. Ketahui dulu jenis kaki kamu

    Seorang podiatrist adalah sosok yang tepat untuk memecahkan misteri jenis kaki kamu dan menjawab keluh kesah kamu yang sering menderita memakai heels. Kalau kamu sedang deadline, dan tak sempat ke sana, oke oke. Coba basahi kaki kamu dan lalu cap kaki kamu di atas kertas putih. Sudah? Dari situ kita bisa tahu apakah kamu bertipe telapak kaki rata (normal) atau memiliki lengkungan dalam yang tinggi (high arch). Dari jenis kaki kita bisa tahu mengapa telapak kaki kamu yang flat itu merasa kesakitan saat pakai heels. Dan menderita memakai pointed shoes buat kamu yang memiliki ukuran jari kaki lebar.

     

    3. Makin tebal heels, lebih baik

    Hindari heels dengan hak yang tipis, seperti stiletto untuk dipakai dalam waktu lama. Tipisnya hak membuat kaki kamu tidak kokoh dan bergoyang-goyang. Ya, dress kamu memang akan lebih cocok dengan stiletto, tapi panjangnya waktu kamu stand by di acara pernikahan sahabat tidak baik untuk kesehatan kaki kamu. Pertimbangkan baik-baik misalnya mengganti dengan sepau yang bertumit lebih chunky atau wedges.

     

    4. Hindari sepatu dengan sol tipis

    Kenapa? Sol tipis hampir selalu memberikan rasa sakit di bagian bawah kaki kamu. Maka kamu butuh sepatu dengan sol yang lebih tebal seperti platfrom yang akan mengimbangi sebagian tekanan saat sedang berjalan. Bahan karet akan menyerap tekanan itu.

     

     

    5. Gunakan antiperspirant spray

    Antiperspirant spray selain memberikan efek dingin untuk "menunda" rasa pegal dan sakit, juga dapat menghindarkan kita dari kaki kapalan dan lecet. Antiperspirant spray membuat kulit kaki tetap kering sehingga bahan sepatu nggak menggores kaki seperti yang terjadi saat kaki lembab. 



     

    6. Istirahatkan kaki sebentar

    Ada waktu untuk melepas sepatu kamu setelah dipakai lama dan berikan kesempatan untuk meregangkan pergelangan kaki kamu.

     

    7. Regangkan Kaki Anda Setelah Anda Mematikan Sepatu Anda

    (Lanjut) Peregangan yang kamu butuhkan adalah peregangan yang akan menargetkan bagian depan kaki dan pergelangan kaki, seperti mengarahkan jari-jari kaki ke bawah, dan menarik jari-jari kaki dan melemaskan otot betis. Kemudian lanjutkan memijat sisi kaki dari punggung telapak kaki lanjut ke bawah.

     

    8. Gunakan sepatu yang terikat atau tertutup di atas

    Semakin banyak lapisan atau perlindungan pada kaki kamu, semakin baik. Terkadang sepatu high-heeled boots adalah sesuatu yang bisa kamu pakai sepanjang hari dan tidak terlalu menyiksa kaki. Di musim panas, kamu dapat mencoba sepatu bertali lebar di pergelangan kaki dengan tali pergelangan kaki atau tali lebar besar di bagian atas.  

     

    9. Gunakan sol gel tambahan

    Sol gel tambahan tentu jadi solusi praktis untuk membuat kaki kita jadi lebih nyaman. Dengan bantalan yang lebih banyak, tumit kita juga pasti merasa lebih tertolong. Dalam memilih sol tambahan, pilihlah yang terbuat dari bahan gel, ya.

     

     

    10. Tumit kaki sering lecet?

     

    Gunakan pelindung yang bertujuan untuk melindungi tumit jika sepatu kamu sedikit kebesaran. Ia akan menghentikan kaki tumit kamu terangkat dari sepatu.

    (Image: Ekaterina Demidova©123RF.com, Kaspars Grinvalds©123RF.com)