Celebrity

Ini Biaya Fantastis Pernikahan Prince Harry dan Meghan

  by: Silvya Winny       1/5/2018
  • Royal wedding kerajaan Inggris hanya tinggal menghitung hari! Sementara dunia begitu terobsesi dengan atribut-atribut detail pernikahan dari mulai gaun, kue, bunga, fokus soal besarnya biaya yang ditelan nantinya, kurang menjadi sorotan.
     
    FYI saja, pernikahan Will dan Kate menghabiskan biaya sekitar USD34juta (atau Rp473 Miliar) di tahun 2011, dimana sekitar pihak kerajaan mengeluarkan biaya USD2juta (Rp28 Miliar), sisanya didanai dari taxpayers (pembayar pajak keamanan) di Inggris. Dengan pernikahan Prince Harry dan Meghan Markle yang hanya tinggal beberapa hari dari sekarang, tentu aturannya tetap sama: Keluarga kerajaan akan mengeluarkan biaya untuk acara akbar ini, di luar biaya pengamanan.

    Asumsi kencang beredar bahwa royal wedding kali ini budgetnya akan jauh lebih murah dari pernikahan Will dan Kate, karena pertama, pernikahan Marry (sebutan Meghan dan Harry)  akan berlangsung di Windsor Castle, yang hanya dapat menampung sekitar 800 orang, dibandingkan dengan Westminster Abbey (tempat Will dan Kate menikah), yang dapat menampung hingga 2.000 orang. Kedua, Prince Harry bukanlah pewaris tahta Inggris (sampai saat ini, dia berada di urutan kelima tahta kerajaan, dan turun menjadi urutan ke-6 ketika Kate Middleton melahirkan anak ketiganya).

    Total Biaya
    Namun, "jauh lebih sedikit" tidak berarti murah juga. Menurut celebrity wedding planner (juga ahli pesta keluarga Kardashian) dan The Wedding Shop oleh Shutterfly's Style Partner, Mindy Weiss, keluarga kerajaan sedang mencari biaya "sekitar USD10juta (Rp140 Miliar)" - namun mayoritas dana tersebut akan dialokasikan untuk keamanan. "Saya tidak berpikir anggaran menjadi perhatian utama dalam situasi ini," kata Weiss.

    Seorang Wedding planner mewah yang berbasis di London, Aimee Dunne, memperkirakan jumlah biayanya akan sedikit lebih rendah: "Mengingat update rincian detail pernikahan terbaru, saya memperkirakan royal wedding ini akan menghabiskan biaya antara Rp39 Miliar," jelasnya. "Ini tidak termasuk biaya keamanan yang akan mengejutkan, tentu saja. Saya tidak bisa membayangkan bagaimana bila biaya pernikahan ini ditekan untuk jadi lebih murah.”
    Kedua wedding planner ini setuju bahwa “fokus” utama pernikahan ini bukanlah pada bunga, baju, dll, tetapi bagaimana mengamankan eksekusi di hari H.

    Soal Undangan
    Yang telah diketahui, ada sekitar 600 orang diundang ke pemberkatan nikah pada 19 Mei. Itu artinya ada ratusan lembar undangan yang - Weiss memperkirakan harga tiap undangan Rp1juta, tidak termasuk personalisasi dan perangko. Tanpa gimmick, biaya sekitar Rp600jutaan adalah untuk undangan saja.

    Gaun

     


    Perkiraan Weiss dan Dunne untuk soal biaya yang dikeluarkan untuk gaun adalah sekitar Rp3,5 – 4,2 Miliar. Mereka mengambil sampel budget yang biasa dikeluarkan klien setia mereka dalam hal menghabiskan biaya untuk gaun pernikahan.
     
    Detail Hari H
    Bunga akan berkisar antara Rp2-4 Miliar. Weiss memperkirakan biaya fotografi sekitar Rp1,4 Miliar dan Dunne mengalokasikan sekitar Rp2,8 Miliar untuk hiburan - tidak ada detail lebih lanjut apakah Spice Girls akan tampil di acara ini.

    Makanan dan Minuman



     


    Biaya besar lainnya adalah untuk makanan dan alkohol. Meskipun pasangan ini tidak mengeluarkan biaya sewa lokasi untuk tempat yang dimiliki monarki, namun ini adalah tugas mereka untuk memanjakan tamu untuk betah di acara. Dunne memperkirakan untuk soal makanan sendiri sepertinya sekitar nyaris menyentuh angka Rp7 Miliar. "Mengingat banyaknya tamu yang mereka miliki dalam daftar tamu, tidak diragukan lagi ada banyak gelas champagne yang akan disajikan. "

    Yang masih belum jelas adalah bagaimana Meghan dan Harry akan berpesta. Weiss percaya "Pasangan ini sepertinya akan melangsungkan pesta luar biasa setelah acara ini, karena itu adalah acara privat bagi keduanya.”

    Keamanan
    Biaya keamanan adalah biaya yang paling mahal, dan telah Cosmo sebutkan berkali-kali dalam artikel ini. “Biaya pastinya, masih terus dihitung,” ujar James Williams, Senior Media Officer untuk Markas Polisi Thames Valley, kepada Cosmopolitan.com.
     



     


    Jadi begitulah. Diperkirakan biaya royal wedding kali ini Rp39 – 473 Miliar. Sebuah biaya fantastis bagi Meghan Markle yang suatu saat akan menjadi perintis kerajaan. Mungkin ratu? Duchess? Putri? Yup, Meghan akan menjadi keluarga kerajaan Inggris. Fit for royalty, let's leave it at that.
     

    (Artikel disadur dari: cosmopolitan.com. Alih bahasa: Silvya Winny. Image: dok. Instagram @Kensingtonroyal. Perubahan telah dilakukan oleh editor.)