Career

6 Pertanyaan Umum yang Kamu Hadapi Saat Wawancara Kerja

  by: Kezia Calesta       1/5/2018
  • Deg-degan sebelum sesi wawancara kerja di perusahaan baru? Cosmo bocorkan 6 pertanyaan umum yang seringkali ditanya pewawancara. Good luck, ladies!


    1. “Perkenalkan diri kamu kepada kami.”

    Inilah waktunya untuk memperkenalkan diri kamu sendiri secara profesional. Untuk memberikan kesan pertama yang baik, rangkumlah pengalaman karier kamu secara singkat, padat dan jelas dalam satu menit. Jelaskan pencapaian kamu di pekerjaan sebelumnya, dan apa yang ingin kamu kerjakan di masa depan!




    2. “Beritahu kami sesuatu tentang dirimu yang tidak tercatat di CV.”

    Ini kesempatan baik untuk kamu yang sedang mencari pekerjaan di sebuah industri yang baru. Bicarakan hobi atau keterampilan kamu yang dapat membantu atau meningkatkan performa kerja di pekerjaan yang baru. Mungkin kamu memiliki hobi untuk belajar bahasa baru, atau kamu suka menulis review tentang tempat-tempat keren yang dikunjungi?


    3. “Apa kekuatan kamu?”

    Ok, ini pertanyaan yang cukup menjebak. Kamu tidak mau terdengar terlalu sombong, namun jangan tunjukkan bahwa kamu tidak percaya diri. Strateginya? Bicarakan kesuksesan yang sudah dicapai di tempat kerja dan feedback positif yang pernah kamu dapat dari para rekan dan atasan. So, sebutkan 3 sifat positif dari kamu, dan jelaskan dengan cerita pendek. Jangan hanya berkata, “Saya sangat rajin,” tanpa penjelasan setelahnya. Duh!


    4. “Apa kelemahan kamu?”

    Ingat bahwa tidak ada orang yang sempurna, dan pewawancara kamu pun mengetahui hal tersebut. Ia ingin tahu bila kamu dewasa, sadar diri, dan memiliki keinginan untuk bertumbuh. Contoh yang baik: “Saya seorang introvert, maka bekerjasama dengan orang-orang agresif terkadang cukup menegangkan. Tetapi, saya tidak pernah membiarkan hal tersebut mempengaruhi hasil pekerjaan saya.”




    5. “Mengapa kamu menginginkan pekerjaan ini?”

    Ini waktunya untuk menunjukkan passion! Buktikan bahwa kamu tidak hanya memiliki semangat, tetapi kamu juga telah melakukan riset untuk mengetahui tanggung jawab yang akan kamu pegang saat diterima.


    6. “Mengapa perusahaan ini harus menerima kamu?”

    Jelaskan mengapa perusahaan tersebut membutuhkan kamu! Berikan alasan mengapa kamu pikir kepribadianmu cocok untuk pekerjaan tersebut, dan bicarakan ketrampilanmu yang dapat membantu mereka. Pssst, did you know? Banyak perusahaan sangat mementingkan loyalitas, karena mereka memilih karyawan setia yang tidak akan langsung meninggalkan pekerjaannya saat mendapat tawaran yang lebih baik. Tunjukkan bahwa kamu memiliki sifat yang berkomitmen, ladies!


    (Image: doc. Prig MORISSE©123RF.com)