Better You

Mengenal 9 Manfaat Beras Hitam Bagi Kesehatan

  by: Alexander Kusumapradja       2/5/2018
  • Ladies, beras putih yang biasa dikonsumsi sehari-hari ternyata masih banyak diperdebatkan manfaatnya oleh para ahli. Beberapa peneliti berpendapat bila nasi dan beras putih hanya membuat kenyang namun minim manfaat karena kandungan vitamin, serat, dan nutrisinya banyak terbuang dalam proses pembuatannya. Setelah beras merah dan cokelat, kini giliran beras hitam yang mulai menjadi primadona pengganti beras putih bagi mereka yang peduli akan kesehatan atau yang sedang menjalani diet. 

    Dibandingkan beras putih, beras hitam yang termasuk dalam spesies Oryza sativa L punya bulir yang lebih lebih panjang dan ramping yang warnanya akan memudar menjadi keunguan setelah dimasak. Seperti beras cokelat, nasi dari beras hitam pun memiliki rasa gurih seperti kacang yang juga cocok untuk dibuat roti, mie, bubur, hingga makanan penutup.

    Dalam sejarah, beras hitam mulai dikonsumsi pada zaman Dinasti Ming dan Qing di Cina. Awalnya, nasi dari beras hitam hanya boleh disajikan untuk keluarga istana dan dilarang dikonsumsi rakyat jelata. Bila tertangkap, hukumannya sangat fatal sehingga beras hitam sempat dijuluki sebagai “Beras Terlarang”. Untungnya di zaman sekarang, kamu pun bebas mengonsumsi beras hitam yang mengandung banyak manfaat. Apa saja manfaatnya? Let’s see! 




    1. Mengandung antosianin tinggi

    Seperti halnya blueberry, warna hitam keunguan dalam beras hitam mengindikasikan kandungan antosianin yang tinggi, namun sesendok beras hitam diklaim mengandung lebih banyak antosianin dibanding sesendok blueberry yang disebut sebagai buah dengan kandungan antosianin tertinggi. Sebagai antioksidan, antosianin berfungsi mencegah terjadinya penyakit penyumbatan pembuluh darah atau yang disebut juga aterosklerosis, menghambat sel tumor, menangkal radikal bebas dalam tubuh, mencegah penyakit neurologis, hingga meningkatkan kemampuan memori otak. 

    Baca juga: Arti Warna Makanan dan Manfaatnya Bagi Tubuh


    2. Kaya akan vitamin dan mineral

    Beras hitam memiliki banyak vitamin dan mineral penting seperti vitamin E, B1, B2, B3, dan B6, zinc, magnesium, dan fosfor. Kandungan antioksidan Vitamin E yang tinggi pada beras hitam punya banyak manfaat bagi tubuh, mulai dari meningkatkan imunitas tubuh, mencegah kerusakan sel, hingga menjaga kesehatan mata dan kulit. Vitamin B, magnesium, dan zat besi adalah penghasil energi agar kamu kuat menjalani aktivitas sehari-hari, zinc adalah mineral yang menjaga sistem imun tubuh, sedangkan fosfor berguna untuk gigi dan tulang.

    Baca juga: 5 Vitamin Terpenting Untuk Kesehatan Wanita


    3. Menjaga kesehatan jantung

    Penyakit jantung adalah ancaman serius bagi siapa saja. Salah satu tindakan preventifnya adalah menjaga pola konsumsi dengan memilih bahan makanan yang baik untuk jantung, salah satunya adalah beras hitam. Beras hitam mengandung antosianin fitokimia yang berperan menjaga kadar kolesterol penyebab sakit jantung dan menghalangi terbentuknya plak ateroskleroris dalam pembuluh darah yang akan menurunkan risiko serangan jantung dan stroke. 

    Baca juga: 8 Gejala Penyakit Jantung yang Harus Diketahui Wanita


    4. Membantu detoksifikasi tubuh

    Beras hitam juga mengandung kandungan fitonutrien yang berfungsi mengurangi peradangan dan membantu proses detoksifikasi tubuh yang berakibat positif bagi performa tubuh secara keseluruhan. Mengonsumsi beras hitam secara rutin dapat melindungi kamu dari kerusakan organ tubuh akibat radikal bebas yang menumpuk di tubuh, khususnya di dalam darah, pembuluh darah, dan organ hati.  

    Baca juga: Cara Simpel Detoks Dalam Tiga Hari


    5. Memperlancar sistem pencernaan

    Karena kandungan seratnya yang tinggi di mana setiap setengah cangkir beras hitam memiliki 2 sampai 3 gram kandungan serat, secara otomatis beras hitam baik bagi sistem pencernaan tubuh. Serat yang cukup dalam tubuh bermanfaat menjaga kesehatan usus dan mengikat sisa-sisa makanan sehingga lebih mudah dikeluarkan, yang artinya membantu mencegah masalah pencernaan seperti diare dan konstipasi,  

    Baca juga: Lancarkan Pencernaan Dengan Makanan dan Minuman Ini




    6. Membantu diet

    Mengonsumsi beras hitam dalam rangkaian diet akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama dibanding menyantap makanan lainnya. Kandungan protein, zat besi, dan serat beras hitam yang lebih tinggi dibandingkan beras putih membuatnya lebih lama diolah dalam tubuh sehingga kamu tak akan mudah lapar sekaligus menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, beras hitam juga mampu menurunkan kadar lemak jahat dalam darah dan meningkatkan kadar HDL yang juga disebut sebagai kolesterol baik.

    Baca juga: Makanan Pengganti Saat Diet


    7. Menurunkan risiko diabetes dan obesitas

    Dari beberapa hasil penelitian, mengonsumsi beras hitam dapat membantu mencegah terjadinya resistensi insulin dalam tubuh yang dapat mengakibatkan peningkatan risiko diabetes dan obesitas. Serat dalam bagian dedak beras hitam akan membuat glukosa (gula) di dalam beras hitam terserap lebih lama oleh tubuh dan menyeimbangkan kadar gula dalam tubuh sehingga tubuh kamu tak mengirim sinyal ke otak untuk memakan makanan manis. 

    Baca juga: 8 Tanda Anda Terlalu Banyak Konsumsi Gula


    8. Kaya protein

    Alasan khusus kenapa beras putih cenderung dihindari saat diet adalah kandungan karbohidratnya yang tinggi bila dibandingkan dengan kandungan proteinnya. Dalam 100 gram beras hitam terkandung 8,5 gram protein, sedangkan beras putih hanya mengandung 6,8 gram protein dalam kadar yang sama. Protein berguna untuk membentuk otot dan mengurangi kelebihan berat tubuh. 

    Baca juga: 7 Sumber Protein Terbaik Untuk Tubuh Anda


    9. Bebas gluten

    Keunggulan mengonsumsi beras dibanding bahan pangan lain seperti gandum adalah bebas gluten, sebuah protein yang umumnya ditemukan dalam produk yang mengandung gandum. Mayoritas orang akan aman-aman saja mengonsumsi gluten, namun banyak juga orang yang sensitif dan memiliki reaksi alergi terhadap gluten yang salah satu risikonya adalah kebocoran pada usus. 

    Baca juga: 9 Makanan Paling Sehat Untuk Sarapan


    So ladies, tertarik untuk beralih ke beras hitam?


    (Image: Julia Sudnitskaya©123RF.com)