Better You

Jangan Remehkan Kurang Tidur! Ini 5 Efek Buruk Insomnia

  by: Kezia Calesta       2/5/2018
  • Ladies, jangan menganggap enteng masalah sulit tidur! Insomnia bukan sesuatu yang dapat dibiarkan, karena masalah tersebut dapat memberikan dampak buruk terhadap kesehatan fisik dan mental. Ini dia 5 efek samping insomnia yang tidak kamu ketahui.


    1. Berat Badan Naik



    Tidur sangat penting untuk kelancaran siklus pencernaan, lho. Otak kamu mengontrol hormon yang membuat lapar dan kenyang (ghrelin dan leptin), dan hormon tersebut dapat dipengaruhi oleh kurang tidur. Saat kamu tidak mendapat tidur yang cukup, otak kamu memproduksi banyak hormon ghrelin yang membuat kamu terus merasa lapar.

    Menurut psikiater dan sleep expert Dr. Balu, “Studi telah membuktikan bahwa wanita yang tidur kurang dari 6 jam dapat mengalami kenaikan berat badan sebanyak 5 kg dibanding wanita yang tidur selama 7 jam.” OMG!




    2. Libido Menurun

    Apakah kamu pernah menolak berhubungan seks dengan sang pasangan karena kamu merasa lelah? Ada penjelasan ilmiah di balik alasan tersebut! Menurut studi oleh Journal of Sexual Medicine, satu jam tidur nyenyak dapat menaikkan kemauan untuk berhubungan seks sebanyak 14%. Selain itu, wanita yang mendapat cukup tidur akan lebih mudah merasa bergairah dan Miss Cheerful pun akan lebih cepat basah!


    3. Daya Ingat Menurun

    Saat tubuh tertidur, otak kamu memproduksi gelombang otak yang mempertahankan ingatan. So, otak dapat mengalami kesulitan untuk memproses dan menyimpan informasi saat tidak cukup istirahat. Oh no




    4. Munculnya Perasaan Paranoid

    Jika kamu mudah terganggu saat tidur, kebiasaan tersebut dapat membentuk perasaan paranoid. Seriously, studi telah membuktikan bahwa kamu lebih cenderung berhalusinasi saat tubuh kamu lelah. Saat kamu tidak mendapat tidur yang cukup selama beberapa hari, cara berpikir kamu menjadi berantakan, dan level stres pun akan naik.




    5. Masalah Kesehatan

    Insomnia seringkali menjadi asal mula sebuah penyakit yang jauh lebih serius. Cosmo bukan sedang mencoba untuk menakut-nakuti kamu! Faktanya adalah, insomnia sering dihubungkan dengan diabetes, gangguan otak, penyakit kardiovaskular, masalah pernapasan, dan lain-lain. Basically, kurang tidur dapat memberikan dampak buruk terhadap banyak bagian tubuh. So, get some rest! Sulit tidur karena stres? 4 tips ini dapat membantu.


    (Image: doc. outnow.ch)