Lifestyle

12 Kampus Terindah di Dunia. Nyaman Banget Buat Kuliah!

  by: Hana A. Devarianti       4/5/2018
  • Dalam memilih perguruan tinggi, kualitas pendidikan memang jadi hal yang utama. Hanya saja, tak bisa dipungkiri kalau universitas atau kampus yang punya arsitertur dan pemandangan yang indah bisa menjadi poin plus. Well, kalau bisa kuliah di tempat yang punya taman yang asri, perpustakaan besar bak film Beauty and the Beast, atau bahkan gedung-gedung cantik yang cukup menghiasi Instagram kamu, mengapa tidak?


    Di sini Cosmo sudah menyusun daftar 12 kampus dan universitas paling indah di dunia. Pst, beberapa universitas dan kampus tak kalah lho indahnya dengan kastil dan istana!




    Trinity College, Dublin, Irlandia

    Unversitas ini adalah satu dari tujuh universitas tertua di Britania Raya. Bayangkan saja, universitas ini sudah ada sejak tahun 1592! Bangunan gedung perkuliahannya tentu saja apik dan mewah. Kuliah di sini bisa membuat kamu seperti berjalan menelusuri lorong waktu era kerajaan Eropa zaman dulu. Kualitas pendidikan di Trinity College tak perlu diragukan lagi, universitas ini adalah salah satu universitas paling elit di Britania Raya. Tak heran kalau banyak nama tersohor dunia yang pernah menuntut ilmu di sini, mulai dari penyair terkenal, Oscar Wilde, hingga mantan personil One Direction, Niall Horan. 


    University of Salamanca, Spanyol

    Didirikan sejak tahun 1134, University of Salamanca adalah universitas tertua di Spanyol dan tertua ketiga di dunia. Universitas bersejarah ini terletak di sebelah barat Spanyol, antara Castilla dan Léon. Meskipun renovasi telah dilakukan di beberapa tempat, sebagian besar bangunan yang ada di universitas ini masih bergaya ala kebudayaan Salamantica yang telah berusia 2000 tahun. Sangat eksotis!


    Harvard University, Massachusetts, Amerika Serikat

    Well, tak heran kalau salah satu universtias Ivy League Amerika Serikat ini berhasil mencetak lulusan dengan pemikiran yang cerdas dan inovatif di dunia. Bayangkan saja, universitas ini memiliki perpustakaan akademik terbesar di dunia dengan tak kurang dari 400 juta naskah dan 10 juta foto. Kuliah di sini kamu tak perlu pusing soal mencari bahan untuk membuat tugas. Nilai plus lainnya: terletak di pusat kota Cambridge dan gedung perkuliahannya bergaya Victorian dan Gothic yang apik.


    Hong Kong University of Science and Technology, Hong Kong

    Berdiri di tahun 1991, universitas yang satu ini mungkin terhitung muda kalau dibandingkan universitas lainnya yang ada di daftar ini. Tapi, keindahannya tak kalah dengan yang lain lho. Terletak di seleah utara Clear Water Bay Peninsula di Sai Kung District, universitas seluas hampir 50 hektar ini memiliki pemandangan pelabuhan Sai Kung. Kuliah sambil melihat pemandangan laut? Yes, please!


    University of Oxford, Inggris

    Sebagai universitas berbahasa Inggris tertua di dunia, daftar ini rasanya tak lengkap kalau belum memasukkan universitas ternama ini. Telah ada sejak tahun 1096 membuat gedung perkuliahan di University of Oxford tak hanya bersejarah tetapi memberikan aura tersendiri yang bikin kamu merasa bangga telah berhasil  menuntut ilmu di sana. Bagaimana tidak bangga, menurut Times Higher Education World University Rankings ini adalah universitas terbaik di dunia!


    University of Cape Town, Afrika Selatan

    Kampus utamanya, yang dikenal sebagai Upper Campus, ada di Western Cape—sebuah provinsi di Afrika Selatan. Letaknya berada lembah di bawah pegunungan Devil's Peak dengan pemandangan yang cantik. Bukan cuma menawarkan pemandangan indah, universitas ini juga jadi universitas Afrika terbaik berdasarkan QS World University Rankings.


    University of Sydney, Australia



    Universitas pertama di benua Australia ini terkenal dengan bangunan neo-Gothic yang indah. Wilayah universitas ini tersebar di bagian inner-city dari pinggiran kota Camperdown dan Darlington. Oh ya, universitas ini telah mendidik enam perdana menteri dan 24 hakim Mahkamah Tinggi Australia. Sudah bisa dijamin kualitas pendidikannya!


    University of Hawaii Manoa, Amerika Serikat

    Di universitas ini kamu bisa menemukan taman yang asri di East-West Center Japanese yang bersebelahan dengan Imin Center dan Jefferson Hall. Yang tak kalah menyenangkan, kamu tinggal jalan kaki untuk sampai ke pantai Hawaii yang terkenal dengan pasirnya yang putih. Sudah bisa terbayang bersantai setelah kelas dengan pergi ke pantai? Ah... It's the dream.


    Nanyang Technological University, Singapura

    Universitas yang satu ini telah menjadi pusat lahirnya teknologi mutakhir. Dan, gedung perkuliahan univeristas ini bisa menggambarkan hal itu. Lihat saja bangunannya yang modern dan cutting-edge. Salah satu bangunan yang paling ikonis adalah bangunan untuk The School of Art, Design and Media yang telah memenangkan berbagai penghargaan arsitektur. Wow!


    Ewha Womans University, Korea Selatan

    Universitas bergengsi yang terletak di Seoul ini ternyata jadi universitas khusus wanita terbesar di dunia. Sejak awal didirikan hingga kini universitas ini telah membawa semangat women empowerment. Fakta menarik lainnya, Ewha Campus Complex adalah bangunan underground campus terbesar di Korea Selatan yang tak hanya keren tapi juga eco-friendly. 


    University of Glasgow, Skotlandia

    Kuliah di sini kamu akan merasa seperti penyihir di film Harry Potter. Bagaimana tidak? Gaya arsitektur yang ada di gedung, koridor, bahkan ruang kuliah universitas ini sangat mirip dengan film tersebut. Dengan moto Via, Veritas, Vita atau dalam bahasa Inggris "The Way, The Truth, The Life" universitas ini telah melahirkan tujuh penerima Penghargaan Nobel dan tiga perdana menteri Inggris.


    University of Cambridge, Inggris

    Tahukah kamu kalau universitas ini telah mememangkan 90 Penghargaan Nobel? Ya, universitas bergengsi ini jadi insitusi di dunia yang paling banyak mendapatkan penghargaan prestise tersebut. Alumni dari universitas ini adalah penemu ternama dunia, mulai dari Charles Darwin, Sir Iscaar Newton, dan Stephen Hawking. Hmmm, dengan bangunan universitas yang indah seperti itu rasanya kamu juga bisa kok menjadi penemu ternama kalau kuliah di sini. 


    Itu dia ladies 12 universitas terindah di dunia. Tampaknya, universitas di Indonesia belum ada yang berhasil masuk nih. Kalau menurut kamu kira-kira ada tidak universitas di Indonesia yang tak kalah cantik dengan universitas yang ada di daftar ini? Let us know lewat media sosial @cosmoindonesia ya!

    Baca juga: Mau Kuliah di Luar Negeri? Ini 6 Negara yang Termurah!


    (Image: DOK. Instagram/@oxfordgradstudy)