Better You

Belum Datang Bulan? Ini 7 Alasan Menstruasi Terlambat

  by: Kezia Calesta       3/5/2018
  • Apakah menstruasi kamu terlambat bulan ini meskipun kamu tidak hamil? Ladies, jangan panik dulu – ini dia 7 alasan yang dapat menjelaskan mengapa kamu belum mengalami datang bulan.


    1. Stres

    Stres dapat membuat hormon tidak stabil, karena saat kamu dilanda stres, bagian otak yang mengatur siklus datang bulan dapat terpengaruhi. Lama-lama, stres dapat membuat kamu jatuh sakit atau mengubah berat badan secara drastis – dua hal yang sama-sama menyebabkan menstruasi yang terlambat juga.




    2. Berat Badan Rendah

    Wanita yang mengalami gangguan makan seperti anorexia atau bulimia dapat mengalami keterlambatan menstruasi, atau bahkan melewati satu bulan tanpa datang bulan. Jika berat badan kamu 10% di bawah angka yang sewajarnya, fungsi tubuh kamu dapat berubah dan ovulasi bisa terhenti. Ladies, carilah bantuan profesional agar tubuh kamu dapat kembali sehat.


    3. Olahraga Ekstrim

    Atlit wanita seringkali mengalami menstruasi yang tertunda atau siklus yang tidak teratur. Did you know? Tubuh seorang wanita membutuhkan lemak, dan bila persentase lemak tubuh sangat rendah, tubuh akan berpikir bahwa kamu kelaparan dan langsung mengambil tindakan untuk menyimpan sisa energinya… dan salah satu caranya adalah dengan menghentikan keaktifan sistem reproduksi.




    Baca juga: Oops, Ini Ciri-ciri Kalau Kamu Sedang Hamil!




    4. Obesitas

    Seperti berat badan rendah, berat badan yang terlalu tinggi juga dapat mengubah keseimbangan hormon. Ladies, waktunya untuk olahraga dan menjalankan diet yang sehat – demi kesehatan tubuh kamu, ok?


    5. Pil kB

    Kamu dapat mengalami perubahan siklus menstruasi saat kamu memulai atau menghentikan pemakaian pil kB, karena obat tersebut mengandung hormon estrogen dan progestin yang menghentikan produksi telur. Kamu bisa menghentikan penggunaan pil dan menunggu sampai 6 bulan untuk mengembalikan siklus datang bulan yang teratur.


    6. Masalah Tiroid

    Tiroid alias kelenjar gondok yang terlalu aktif (atau tidak aktif) dapat menjadi penyebab menstruasi terlambat. Tiroid mengatur metabolisme tubuh, maka level hormon pun bisa terganggu. Kunjungi dokter yang terpercaya untuk mendapatkan perawatan agar datang bulan kembali normal.


    7. Mati Haid Dini

    Kebanyakan wanita mengalami mati haid pada usia 45 hingga 55 tahun, namun ada juga wanita yang mendapatnya di usia 40 atau sebelumnya. Itu artinya, persediaan telur kamu menurun dan datang bulan pun akan menjadi semakin jarang sebelum mati haid.


    (Image: doc. Tommaso Altamura/123RF.com)