Lifestyle

9 Fakta-Fakta Seru Star Wars Day

  by: Alexander Kusumapradja       4/5/2018
  • Bagi banyak orang, mungkin tanggal 4 Mei bukan lah hari yang spesial, namun bagi penggemar Star Wars di seluruh dunia, tanggal 4 Mei ini adalah hari penting, because it is The Star Wars Day! 

    Franchise film yang pertama kali muncul di tahun 1977 ini memang menjadi salah satu ikon terbesar kultur pop dengan penggemar lintas generasi yang terus bertambah sampai hari ini (and for eternity, probably). Tidak hanya para fanboy yang antusias, tapi juga para perempuan yang berlomba-lomba menjadi Princess Leia, Queen Padme Amidala, ataupun Rey di Star Wars Day.

    Kamu mungkin bertanya-tanya kenapa tanggal 4 Mei yang dipilih menjadi hari Star Wars di seluruh dunia, temukan jawabannya dan fakta-fakta lainnya di bawah ini, ya!





    1. Tanggal 4 Mei dipilih menjadi Star Wars Day beserta slogannya “May the Fourth Be With You” karena kalimat tersebut adalah plesetan dari kalimat “May the Force be with you” yang merupakan ungkapan khas kaum Jedi yang menjadi protagonis di dunia Star Wars.



    2. Uniknya, yang pertama kali menggunakan kalimat plesetan “May the Fourth Be With You” ternyata bukan penggemar Star Wars, tapi Partai Konservatif Inggris yang mengucapkan selamat kepada Margaret Thatcher atas terpilihnya ia menjadi Perdana Menteri Inggris di tanggal 4 Mei 1979 lewat sebuah iklan di koran The London Evening News yang berbunyi: “May the Fourth Be With You, Maggie.”



    3. Star Wars Day dibuat oleh, dari, dan untuk fans! Yup, peringatan Star Wars murni ide dari para penggemar berat Star Wars dan bukan inisiatif LucasFilm maupun Disney. Namun, karena melihat banyaknya respons yang merayakannya, LucasFilm pun merestui tanggal 4 Mei sebagai Star Wars Day. Begitu pula dengan Disney yang sejak tahun 2013 selalu membuat perayaan khusus Star Wars di berbagai Disneyland dunia. 



    4. Star Wars Day pertama kali dirayakan di tahun 2011 oleh sepasang penggemar berat Star Wars, Sean Ward dan Alice Quinn di Toronto, Kanada. Mereka menggelar pesta di Toronto Underground Cinema dengan susunan acara meliputi lomba trivia, kontes kostum yang dinilai oleh juri selebriti, dan penayangan film-film tribut Star Wars.



    5. Bagi yang suka gambar atau membuat artwork, biasanya di hari Star Wars ini akan banyak yang mengunggah karyanya di Instagram dengan hashtag #Maythe4thBeWithYou dan #StarWarsDay. 





    6. Di Star Wars Day tahun 2015, para astronot NASA merayakannya dengan menonton Star Wars dan pesta taco di luar angkasa, tepatnya di International Space Station. How cool is that?



    7. Karena “May The Fourth” lebih identik dengan kaum Jedi, maka kaum Sith yang merupakan karakter antagonis di Star Wars pun tak mau kalah. Mereka merayakannya sehari sesudahnya, tanggal 5 Mei dengan slogan “Revenge of the Fifth” yang merupakan plesetan dari judul Star Wars Episode III – Revenge of the Sith. Tapi tidak semua penggemar Sith merayakannya di tanggal 5, ada juga yang merayakannya di tanggal 6 Mei karena merasa “Revenge of the Sixth” terdengar lebih keren. Kalau kamu lebih suka yang mana, dear?



    8. Di tahun 2007, Los Angeles City Council mencanangkan tanggal 25 Mei sebagai Star Wars Day sebagai bagian dari peringatan 30 tahun Star Wars pertama kali ditayangkan.



    9. Di tahun 2016, Legoland Malaysia merayakan Star Wars Day dengan menghadirkan replika terbesar lego Millennium Falcon yang merupakan pesawat ikonik milik Han Solo. Dikerjakan oleh duo ayah dan anak penggemar Lego, Dan dan Chris Steininger, butuh 200.000 Lego brick untuk menyelesaikan lego Millennium Falcon tersebut. 


    Bagaimana, tertarik ikut serta dalam serunya Star Wars Day? Tidak perlu repot-repot, kamu bisa membuat gathering kecil bersama teman-teman dengan mengadakan movie marathon serial Star Wars sambil memakai kostum karakter Star Wars favoritmu. Untuk yang suka masak dan bereksperimen, ini juga waktu yang tepat untuk memukau si cutie penggemar Star Wars dengan membuat sajian yang terinspirasi dari Star Wars. Situs resmi Star Wars punya special section yang memuat resep-resep seru berbau Star Wars!


    Baca juga:

    Penggemar Berat Star Wars Wajib Ketahui 10 Fakta Ini!

    10 Fakta Tentang Aktris Star Wars Daisy Ridley

    Gaya Rambut Ikonik Film Star Wars Dari Masa Ke Masa


    (Image: Dok. Outnow.ch dan Instagram)