Beauty

7 Teknik Eyeshadow yang Perlu Kamu Kuasai!

  by: Ainjia Phioltia Paat       4/5/2018
  • Ingin coba teknik baru dalam mendandani mata indah kamu? Berikut 7 cara memakai eyeshadow, dari yang mudah, sedang, hingga advanced, yang telah Cosmo rangkum untuk kamu kuasai. Psst, ingat ya, yang penting kamu tahu dimana letak membubuhkan, cara mengaplikasikan dan membaur warna eyeshadow yang tepat. Cosmo jamin kamu bisa menaklukkan teknik yang mana saja!


    1. Coba teknik mudah menggunakan satu warna eyeshadow saja!




    Untuk kamu yang sedang coba-coba memakai eyeshadow, ini teknik yang tepat, karena mudah diterapkan. Teknik ini juga cocok untuk kamu yang ingin tampil kasual sehari-hari. 

    Pilih warna eyeshadow powder yang ingin kamu gunakan, dan gunakan blending brush untuk pengaplikasian. Pegang blending brush di ujung luar saat mengaplikasikan eyeshadow agar bubuk eyeshadow tersebar tipis dan seimbang. Semakin dekat jari kamu dengan bulu kuas saat mengenakan eyeshadow, akan semakin tebal eyeshadow kamu! Lalu, sapukan kuas di bawah tulang mata, atau lipatan mata dengan gerakan ringan bolak-balik hingga eyeshadow terbaur dengan baik.

    Ingin pakai eyeshadow bertekstur cream? Aplikasikan shadow cream dekat dengan garis bulu mata atas dengan aplikator atau brush lalu gunakan jari manis untuk membaur ke seluruh kelopak hingga lipatan mata. Semakin sedikit eyeshadow yang kamu gunakan dan lama kamu membaur, maka makin sheer warna yang dihasilkan.


    2. Coba gradasi dari dua warna berbeda.



    Mau naik level dengan coba dua warna eyeshadow namun bingung warna apa saja yang dipilih? Cosmo sarankan untuk memilih satu warna matte dan satu shimmer. Yang shimmer akan membantu mencerahkan mata kamu! 

    Contoh Kylie yang memilih warna merah muda matte dan shimmery gold. Kenakan dulu warna yang matte di lipatan mata. Fokus pada sudut luar mata. Selanjutnya, gunakan ujung jari manis untuk mengaplikasikan shadow shimmer di sudut luat mata. Sudah? Sekarang saatnya membaur warna yang matte dengan blending brush kamu untuk menciptakan efek gradasi.



    Look kedua! Yang ini cocok dipakai untuk hang out malam hari! Gunakan warna shimmer atau glittery yang bold dan warna gelap untuk pilihan yang matte. Kenakan eyeshadow yang matte di sudut luar mata dan blend hingga lipatan kelopak mata. Lalu, bubuhkan shimmer shadow di sudut dalam mata dengan jari manis sebelum baur lagi dengan warna yang matte.


    Baca juga: 8 Trik Tampil Berbeda dengan Eyeshadow Merah


    3. Ingin terlihat quirky? Why not try glossy lids!



    Memang sih, tidak praktis untuk digunakan sehari-hari, tapi teknik ini terlihat gemas di Instagram feed, right? Mulai dengan membubuhkan eyeshadow pilihan kamu ke seluruh kelopak seperti teknik no. 1. Lalu bubuhkan gloss di tengah kelopak dan baur. Balm serbaguna atau highlighter juga bisa jadi alternatif lain untuk look ini.  




    4. Coba teknik Halo Eyes



    Letakkan shimmer eyeshadow di tengah kelopak untuk memberikan efek “halo”. Pertama-tama, gunakan shadow brush untuk mengaplikasikan eyeshadow di sudut dalam dan luar mata. Teknik ini akan buat warna terfokus di bagian pinggir mata sebelum kamu membubuhkan shadow yang shimmer di tengah kelopak. Kamu juga bisa beri efek “halo” yang sama di garis mata bawah dengan mengaplikasikan eyeshadow yang lebih gelap dan menambahkan warna shimmer di bagian tengahnya.


    5. Go bold!



    Untuk menghasilkan tampilan bold yang tidak flat, tipsnya adalah dengan menumpuk beberapa jenis produk mata! Selain itu, lapisi dulu kelopak dengan shadow primer atau concealer dan gunakan brush yang telah dibasahi.

    Mulai teknik ini dengan menggarisi garis mata atas dengan eyeshadow stick. Lalu, dengan small brush, blend ke atas dan menjauh dari bulu mata kamu. Setelahnya, tumpuk cream shadow dengan warna yang sama di atasnya. Baur semua dari garis bulu mata hingga lipatan kelopak mata dengan kuas yang sama. Tumpuk dengan eyeshadow bubuk dengan warna yang juga sama, di tengah kelopak, dan baur. Rampungkan dengan eyeshadow warna taupe atau cokelat di sekitar kelopak untuk membingkai mata. 


    6. Try a Smoky...

    Smoky makeup tak selalu harus dengan warna hitam dan abu-abu, lho! Warna coklat, biru, mauve, atau warna apa pun yang kamu inginkan, bisa digunakan jadi smoky eyes yang cantik! Untuk itu, baur warna “transition”, atau warna netral dan matte yang bertugas “menyambungkan” warna gelap dan terang saat di blend, pada lipatan kelopak hingga dekat tulang alis. Lalu, bentuk huruf V dengan eyeshadow gelap dan shimmery di sudut luar mata, hingga garis bulu mata bawah. Baur hingga membentuk efek smoky. Terakhir, kenakan shimmer warna terang di sudut dalam dengan jemari.

    Tips lain, kamu juga bisa kenakan eyeliner sebelum penggunaan eyeshadow untuk mengunci eyeshadow bubuk di kelopak. Lukis garis-garis pendek dengan kohl pencil liner di tengah kelopak, sudut luar, dan garis mata bawah, dan gunakan blending brush untuk membaur dan membentuk smoky eyes. Lalu, tumpuk eyeshadow bubuk berwarna sama sebagai liner.


    Baca juga: 11 Eyeshadow Pencil Paling Praktis dan Mudah Pakai!


    7. Berani coba Cut Crease?



    Banyaknya produk dan alat yang dibutuhkan untuk menghasilkan teknik ini buat look ini terlihat sulit, namun seperti look yang lain, cut crease dimulai dengan satu warna eyeshadow yang di blend hingga ke lipatan kelopak. Lalu, layer dengan warna yang sedikit lebih gelap dengan fluffy brush. Setelahnya, garisi lipatan kelopak dengan concealer menggunakan concealer brush dan penuhi kelopak dengan concealer.

    Langkah kunci ini membantu kamu untuk merapikan bentuk eyeshadow yang keluar jalur dari lipatan kelopak dan memisahkan eyeshadow secara tegas. Selanjutnya, tempelkan selotip di dekat garis mata bawah membentuk cat eye ke sudut luar mata. Lalu, kenakan liner brush untuk menumpuk warna eyeshadow yang lebih gelap di garis selotip membentuk garis.