Beauty

Ini Dia Makeup Yang Tepat Untuk Interview Kerja!

  by: Astriana Gemiati       5/5/2018
  • Kuliah udah selesai, semua ilmu sudah diserap dengan baik. Ladies... saatnya kamu naik ke level berikutnya nih! Yaitu, melamar pekerjaan. Namun, apakah kamu sudah tahu bidang apa yang ingin kamu lamar? Begitu banyak bidang pekerjaan yang tersedia, ada baiknya jika kamu search dahulu sebelum mengirimkan CV apakah pekerjaan itu sudah tepat buat kamu.


    Mmm... sudah mantap menentukan pekerjaan yang kamu inginkan? Panggilan interview sudah di depan mata. Sekarang yang perlu kamu siapkan adalah selain mental, penampilan juga harus diperhatikan lho. Tujuannya, jika kamu punya attitude dan penampilan yang menarik, ini bisa menjadi poin plus di mata HRD. Artinya, kamu peduli dengan diri sendiri. 




    Namun jangan terlalu berlebihan ya... sesuaikan dengan pekerjaan yang kamu lamar. 


    Cosmo akan berikan inspirasi gaya makeup dan rambut yang bisa kamu coba, saat kamu akan melakukan interview sesuai dengan bidang yang kamu lamar!


    #1. Kreatif


    (Aalto, Matteo Valle/IMAXTREE.COM & Jason Wu, IMAXTREE.COM )

    Bidang ini bisa meliputi agency, desainer, periklanan, pekerja seni dan sebagainya. Bisa dibilang sisi kreatif memang bersifat bebas. Tunjukkan sisi kreatif kamu tanpa terkesan berlebihan dengan mencoba gaya rambut quirky namun tetap fashionable. Poni yang dipotong pendek di atas alis serta biarkan rambut tergerai dan terkesan messy, tambahan aksesori seperti kalung choker dan gunakan anting hanya satu untuk kesan menarik. Pada makeup, coba eksperimen menggunakan eyeliner dengan teknik cat eyes yang tidak biasa lalu sapukan lip gloss warna nude


    #2. Industri Fashion


    (Emporio Armanni, Alessandro Viero/IMAXTREE.COM & Custo Barcelona, Matteo Valle/IMAXTREE.COM)

    Bidang ini bisa meliputi merchandiser, stylist, buyer, retail, dan sebagainya yang berhubungan di industri mode. Tunjukan kalau kamu memang sudah khatam di dunia mode dengan menunjukkan style yang sedang tren saat ini. Misalnya, menggunakan aksesori seperti topi baret untuk kesan statement. Sedangkan untuk makeup, fokuskan pada area mata. Alis yang tebal dan tertata rapih, eyeliner dengan teknik cat eyes ala model runway, serta tambahkan highlighter untuk kesan kulit tampak bercahaya, jadi paduan yang tepat.


    #3. IT (Information and Technology)


    (Loewe, Alessandro Zeno/IMAXTREE.COM & Dennis Basso, Ivan Lattuada/IMAXTREE.COM)

    Berhubungan dengan dunia komputer yang memiliki posisi di belakang meja, bukan berarti kamu juga tidak memikirkan penampilan. Coba teknik smokey eyes yang tidak terlalu berat melalui eyeshadow warna abu-abu berpadu merah muda sebagai pilihannya. Perlentik bulu mata kamu dengan maskara dan blush on pink di pipi untuk kesan merona, serta lipstik cokelat muda sebagai sentuhan akhir. Pada rambut, ponytail dengan poni yang terkesan messy, membuat penampilan kamu akan terlihat semakin effortless.


    #4. Public Relations




    (Daks, Matteo Volta/IMAXTREE.COM & Bluemarine, Alessandro Zeno/IMAXTREE.COM )

    Public Relations (PR) yang memiliki tugas untuk menjalin hubungan dengan para klien atau vendor agar berjalan dengan lancar, memang dibutuhkan penampilan yang menarik. Tanpa makeup yang berlebihan, penggunaan lipstik warna merah bisa menunjukan bahwa kamu memiliki karakter yang percaya diri untuk berhadapan dengan orang. Redam semua riasan dengan menggunakan foundation cair untuk kesan dewy dan hanya sapuan maskara pada mata. Kesan elegan bisa kamu tunjukan dengan tampilan tatanan rambut berbentuk wavy yang tertata rapih.


    #5. Teknik


    (Ermanno Scervino, Matteo Valle/IMAXTREE.COM & Christian Siriano, IMAXTREE.COM)

    Mungkin kamu tipe tomboy yang tidak terlalu banyak menggunakan makeup. Karena pekerjaan ini rata-rata memiliki aktivitas di luar ruangan. Jangan memaksakan diri untuk tampil full makeup pada saat interview hanya untuk memberikan kesan kepada HRD. Coba fokuskan saja pada bulu mata lentik kamu dengan penggunaan maskara dan higlighter pencil warna putih pada sudut dalam mata, setelah itu kamu cukup menggunakan lip gloss berwarna pink dan gunakan bedak yang tidak terlalu tebal. Untuk rambut, ponytail dengan kreasi diatas patut dicoba agar tidak terlalu terlihat monoton dengan gaya ponytail andalan kamu.


    #6. Marketing & Akuntan


    (Versace, Andrea Adriani/IMAXTREE.COM & Les Copains, IMAXTREE.COM) 

    Sebagai sosok yang sering berhadapan dengan banyak orang, selain skill yang digunakan, kamu juga pasti dituntut untuk memiliki penampilan yang menarik. Coba ekplorasi sedikit menggunakan eyeshadow pink tua di kelopak mata dengan intensitas warna yang bisa kamu sesuaikan. Biarkan alis dibiarkan alami, dan sapukan lipstik dengan warna senada dengan eyeshadow. Untuk rambut, cukup blow dry rambut kamu dan percantik dengan penggunaan jepit sejenis bobby pins dengan rona gold atau hitam.


    Good luck, ladies...!


    Baca Juga: 

    Pilihan Baju Untuk Interview Kerja Sesuai Bidang Kamu

    11 Tips Memilih Sepatu Yang Tepat Untuk Interview Kerja

    Ingin Online Interview? Baca Tips Berikut Ini!




    ( Image: Siarhei LenetsC123RF.com, Imaxtree.com )