Career

4 Hal yang Harus Kamu Lakukan di Hari Pertama Kerja

  by: Hana A. Devarianti       6/5/2018
  • Setelah interview sana sini, kamu akhirnya diterima di perusahaan impian. Kini, saatnya untuk menunjukkan kalau kamu memang pantas untuk mendapatkan jabatan yang selama ini diinginkan. Time to impress, darling!


    But, wait... Kamu tentu mau jadi seseorang yang ramah, tanpa terkesan sok dekat. Kamu ingin ide brilian kamu didengarkan saat rapat, tanpa terlihat sok tahu. Dan, yang terpenting kamu ingin si bos terkesan dengan kamu, tanpa memberi impresi kalau kamu "menjilat". Bagaimana caranya?




    Cosmo telah mendapatkan tipsnya dari career expert dan life coach, John Lees, tentang hal-hal apa saja yang perlu kamu lakukan agar membuat kesan yang baik di kantor baru kamu. 


    1. Don't get lazy!

    Kamu mungkin berpikir kalau interview kerja itu sulit. Rasanya bak mengikuti ujian yang sangat susah, sampai-sampai kamu harus mempersiapkan diri beberapa hari (atau bahkan minggu) sebelumnya. Kamu melakukan riset mendalam soal perushaan yang kamu tuju. That's why kamu bisa mendapatkan jabatan yang kamu pegang sekarang kan.

    Nah, John menyarankan kamu untuk jangan berhenti melakukan hal itu setelah mendapatkan jabatan di kantor baru. "Tapi tetap 'gali' lagi informasi tentang perusahaan dan pekerjaan kamu. Cari tahu soal masalah yang sedang dihadapi perusahaan, juga kesempatan yang mungkin bisa ditawarkan untuk pengembangan karier di masa depan."

    Penting pula untuk mengetahui siapa saja yang menjadi "pemain" utama di perusahaan kamu. "Siapa yang akan menjadi pengambil keputusan tentang masa depan kamu di perusahaan? Temukan orang-orang yang dapat membuat pekerjaan kamu lebih mudah, atau dapat membuatnya bak tinggal di 'neraka'." Cari tahu juga soal siapa yang bisa memberikan informasi pada kamu soal perusahaan. Remember, knowledge is power darling.

    Yang patut kamu lakukan juga, ketahui siapa yang akan jadi mitra kerja kamu di masa depan. Terutama orang-orang penting yang ada di divisi HRD, IT, dan keuangan.


    2. Dengarkan dan pelajari

    Kalau ingin memberikan kesan yang baik di kantor baru, kamu harus bisa menunjukkan kalau kamu adalah seseorang yang mudah beradaptasi. Malah, ini jadi hal yang diharapkan oleh bos kamu. So, penting untuk mengetahui cara kerja di kantor.

    "Belajarlah dari rekan kerja. Terkadang rasanya memang membosankan saat kamu harus menyesuaikan diri dengan cara kerja kantor, tapi ini akan menjamin kamu terhindar dari masalah di minggu-minggu awal kerja. Dan, menunjukkan kemampuan kamu untuk belajar dengan cepat."

    Strategi kamu adalah mendengarkan, belajar, dan bertanya pertanyaan yang cerdas. Perhatikan dan tiru sifat serta kebiasaan yang dihargai oleh mereka yang bekerja di kantor kamu. Bisa saja itu adalah menjadi seseorang yang inisiatif atau mungkin seseorang yang bisa diandalkan.



    Plus, ada baiknya juga untuk mengetahui hal-hal apa saja yang bisa menunjukkan kalau kamu bisa memberikan dedikasi yang ekstra. Sehingga, kamu bisa melakukan sesuatu yang mampu memperlihatkan kalau kamu dapat memberikan komitmen dan kinerja di atas rata-rata.


    3. Pegang prinsip perlahan tapi pasti

    Sangat mudah untuk ingin tampil ekstra saat baru saja mendapat pekerjaan baru. Well, kamu pasti ingin membuktikan kemampuan kamu kan. Namun, John menyarankan untuk go easy di bulan pertama kerja. 

    "Hati-hati saat ditanyakan soal memberikan ide baru pada tahap awal kerja. Cobalah untuk tidak mengkritik cara kerja yang telah dilakukan di kantor baru."

    Kamu mungkin bisa memberikan saran soal metode yang pernah kamu lakukan. Tapi, jangan berusaha menggurui. "Pastikan kamu dapat menghargai serta tetap antusias dengan cara-cara yang telah dilakukan oleh perusahaan kamu."

    Menemukan mentor, seseorang yang bisa "memandu" kamu, dapat menjadi cara yang baik untuk agar bisa dicap sebagai karyawan terbaik di masa depan. "Temukan mereka yang bisa membimbing dan mendukung kamu seiring dengan berkembangnya karier di masa depan."


    4. Mulailah networking

    Bertemu dengan orang baru sangatlah exciting dan menyenangkan. Tapi, semua orang tahu kalau ini juga jadi hal yang menakutkan saat baru memulai kerja. Di satu sisi kamu juga tidak boleh jadi si pendiam yang tak pernah bersosialisasi. Jadi, bagaimana kamu memulai networking?

    "Makan siang bersama rekan kerja kamu dan ambil kesempatan untuk berkenalan dengan orang-orang di divisi lain," tutur John.

    Saat berkenalan, jangan hanya tersenyum dan mengangguk. Dengarkan dengan baik apa yang disampaikan oleh rekan kerja. Tunjukkan kalau kamu terkesan dengan pencapaian yang telah mereka raih. Dan, jangan takut untuk bertanya, entah itu soal kerjaan atau hal-hal lain yang lebih "personal".


    (Artikel disadur dari: cosmopolitan.com/uk. Alih bahasa: Hana Devarianti. Image: outnow.ch. Perubahan telah dilakukan oleh editor)