Career

Cara Tampil Percaya Diri di Kantor buat Para Introvert

  by: Hana A. Devarianti       9/5/2018
  • Cosmo tahu kalau buat para introvert, sulit untuk jadi tampil percaya diri saat harus berinteraksi dengan orang-orang yang ada di kantor. Sebagai seseorang yang mengumpulkan energi saat sedang sendiri, pasti melelahkan rasanya saat harus ngobrol sana sini dengan berbagai macam orang. Belum lagi kalau harus melewati beberapa meeting yang mana terkadang ada saja yang berbicara dengan volume terlalu kencang, sehingga kamu merasa tak nyaman.


    Hal ini terkadang membuat kamu dicap sebagai si pemalu di kantor. Mesikpun kamu sebenarnya seru dan asyik kok kalau sudah diajak obrol, tidak membosankan dan datar seperti yang dibayangkan orang-orang di kantor. But worry no more, darling. Kalau kamu si introvert yang ingin punya "suara" di kantor, coba deh ikuti cara tampil percaya diri buat para introvert yang ada di bawah ini.




    1. Sempatkan waktu untuk "me time"

    Harus diakui, buat introvert memiliki waktu di mana mereka benar-benar sendirian adalah hal yang penting. Jadi, luangkan lah waktu untuk melakukan hal itu. Tak perlu lama-lama dan ribet. Kamu bisa minum kopi sendirian di pantry kantor atau berjalan-jalan di area kantor selama 10 sampai 15 menit. Kalau perlu sesekali boleh juga menghabiskan waku makan siang sendirian.

    Jika kamu punya ruangan sendiri, kamu bisa coba untuk mematikan lampu dan menutup pintu ruangan. Ini dapat membuat suasana lebih tenang bua kamu yang introvert.


    2. Sedikit lebih baik

    Jika memungkinkan, coba untuk mengatur jadwal meeting tak lebih dari dua kali dalam sehari. Akan lebih baik kalau yang ikut serta dalam meeting tak lebih dari empat orang. Hal ini akan membuat kamu merasa lebih nyaman untuk mengeluarkan pendapat karena tidak merasa harus "mengalah" dengan mereka yang lebih dominan.




    3. Tawarkan untuk one-on-one meeting

    Meskipun meeting serasa seperti mimpi buruk buat kamu, tapi itu adalah hal yang tak terelakkan di dunia kerja. Saran Cosmo, tetap ikuti meeting tersebut. Tapi, jika memang kamu tidak dapat mengeluarkan pendapat saat meeting kamu bisa coba untuk menawarkan one-on-one meeting dengan rekan kerja yang bersangkutan dan si bos. Ini akan jauh lebih baik dibandingkan menjadi "si yang tak pernah memberikan ide di meeting" alias "si pasif". Karena, setidaknya dengan hal ini kamu menunjukkan kalau kamu ingin berkontribusi

    Di satu sisi, kamu harus belajar untuk mencari celah dan timing untuk berbicara di meeting. Kamu tak perlu jadi yang selalu mengajukan ide brilian, atau yang menguasai topik pembicaraan. Dengan memberikan pertanyaan dan sesekali menyampaikan pendapat saja sudah cukup, kok.


    4. Limit interruptions

    Kamu akan lebih mudah stres ketika merasa ada banyak hal yang harus dilakukan dan diperhatikan. So, limit interruptions. Matikan notifikasi email sebelum dan setelah jam kantor, kalau perlu lakukan juga saat makan siang. Atur jadwal meeting dengan strategis, dan kalau perlu tolak saja meeting yang tidak penting.

    Waktu dan energi adalah hal yang berharga agar para introvert dapat tampil percaya diri dan "bersinar" di kantor. Sehingga, kamu harus menemukan jalan tengah di mana kamu masih bisa maintain energi plus tetap tampil maksimal di kantor.


    (Image: DOK. outnow.ch)