Lifestyle

5 Tanaman Hias Indoor Yang Awet Ditanam di Dalam Rumah

  by: Silvya Winny       9/5/2018
  • Kehadiran tanaman hias di dalam rumah bisa mengubah tampilan ruangan jadi tak monoton lagi. Belakangan tanaman hias mulai dicari para milenial, dari mulai untuk menghias kamar tidur, meja kerja, mempercantik kamar mandi, dan beberapa sudut rumah lainnya.


    dok. Instagram @lostlovestore
    Kesibukan 9-to-5 yang menyita keseharian tidak serta merta artinya kamu tak bisa merawat tanaman hias, darling. Jika kamu ingin memastikan tanaman kamu itu tumbuh sehat di dalam rumah tanpa terkena matahari, maka pilihlah tanaman hias indoor yang bisa bertahan hidup seperti ini.

    Snake Plant (Sansevieria)


    Tanaman hias minim sinar matahari yang paling trendi saat ini adalah snake plant. Bentuknya pun  sangat mudah dikenali: kaku, tegak, dengan daun yang seperti pedang. Kamu bisa menanam tanaman ini di hampir semua ruangan di apartemen / kost dengan perawatan yang cukup simpel. Mirip dengan aglaonema, ia hanya butuh sedikit air untuk bisa tahan lama.

    Monstera




    Kalau kamu butuh tanaman berdaun besar, kontras dan Instagramable, Monstera adalah pilihan yang sempurna. Tanaman tropis yang mirip pohon anggur (vine) ini berdaun tidak lebih dari 1 meter dan secara dramatis akan berbelah daunnya. Kehadirannya akan memberi sentuhan trendi yang sekaligus menjadi dekorasi ruangan. Untuk merawat Monstera, kamu hanya perlu menyiramnya ketika 2-5 cm kedalaman mulai terasa kering saat disentuh. Oh ya, karena daunnya lebar ia kemungkinan bisa memudar jadi jangan takut untuk memotongnya saat diperlukan.


    Chinese Evergreen (Aglaonema)

    The Chinese evergreen, atau Aglaonema, bukan hanya salah satu tanaman terbaik untuk para pemula, tetapi juga pilihan terbaik untuk kamu yang memiliki jadwal sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk mengurus tanaman hias hidup. Ukurannya pun cukup kecil untuk dimuat di meja besar maupun kecil. Perawatannya pun cukup mudah, hanya butuh siraman air sedikit yang akan membasahi permukannya dan ia bisa bertahan 2-3 minggu walau tak disentuh.

    Heartleaf Philodendron (Philodendron Scandens)




    Juga dikenal sebagai tanaman berdaun hati, ia sangat mudah untuk tumbuh dengan perawatan yang minim sehingga banyak yang memfavoritkannya untuk menghias sudut rumah. Baik diletakkan di atas meja, rak buku, atau di dalam pot gantung, philodendron terlihat dekoratif di mana-mana. Lagi-lagi, ia hanya butuh diairi hanya ketika medium mulai terasa kering.

    Madagascar Dragon Tree


    Ingin punya tanaman palem namun cahaya matahari yang masuk ke ruangan kamu sangat minim? Coba  pilih tanaman ini. Ia termasuk salah satu houseplants paling populer karena mudah dikenali dengan daunnya yang berwarna merah atau merah muda. Soal perawatan pun kamu hanya perlu menyiram sesekali dan memotongnya saat daunnya mulai tak beraturan. Kalau dinding ruangan atau apartemen kamu berwarna gelap, ini tanaman hias indoor yang cocok untuk ruangan kamu.


    (Image: dok. Instagram)