Better You

6 Risiko Memakai Sepatu Hak Tinggi Setiap Hari

  by: Kezia Calesta       11/5/2018
  • Sepatu hak tinggi adalah fashion statement yang keren untuk banyak wanita. Heels memang membuat kaki terlihat lebih jenjang dan seksi, namun sepatu tersebut dapat memberikan banyak dampak buruk terhadap kesehatan kaki. Ini 6 risiko yang dapat kamu hadapi saat memakai heels setiap hari.


    1. Nyeri Punggung Bawah



    Sering merasakan sakit punggung setelah memakai heels sepanjang hari? Sepatu hak tinggi tidak memberikan tumpuan lengkap pada kaki, maka berat badan kamu tidak terdistribusi secara rata. Maka dari itu, hal ini dapat mengakibatkan rasa pegal, inflamasi, dan sakit punggung.


    2. Betis Pegal

    Otot betis yang pegal adalah salah satu efek samping dari memakai sepatu hak tinggi. Kebiasaan memakai heels juga dapat membuat pembuluh darah dan urat di kaki semakin menonjol. Ugh, no, thank you.


    3. Menghambat Pembuluh Darah

    Bentuk sepatu hak tinggi yang tidak wajar memaksakan kaki untuk mengambil bentuk yang tidak alami, dan stres yang dialami kaki dapat menghambat pembuluh darah. Selain itu, heels juga dapat melemahkan ligamen pergelangan kaki dan membuatnya lebih rentan cedera.


    4. Cedera Pergelangan Kaki

    Ladies, ingat untuk menapakkan kaki dengan lebih berhati-hati saat kamu berjalan di jalan yang tidak rata atau berbatu. Bila kamu terpeleset dan jatuh, kamu dapat mengalami kaki terkilir atau bahkan pergelangan kaki yang retak.


    5. Sakit Di Bagian Kurva Tulang Belakang



    Banyak wanita gemar memakai stiletto untuk terlihat lebih tinggi. Faktanya adalah, heels membuat kurva tulang belakang semakin melengkung, dan posisi tersebut dapat membahayakan punggung bagian atas dan bawah.


    6. Sakit Lutut

    Lengkungan kaki yang tidak wajar saat mengenakan sepatu hak tinggi menempatkan tekanan pada sendi lutut, dan kebiasaan ini dapat menyebabkan sakit osteoarthritis.


    Bila kamu masih mau mengenakan sepatu hak tinggi, ada cara yang lebih sehat untuk meminimalisir cedera kaki.


    Carilah sepatu heels yang lebih nyaman dengan membatasi tinggi hak. Pilihlah sepatu hak tinggi yang tidak melewati 6 cm, dan pastikan sepatu tersebut memiliki arch support yang baik dan ruang yang tidak sempit untuk jari kaki. Also, kenakan heels yang menyediakan tumpuan kaki yang lebih stabil seperti model wedge atau platform.


    Saat memakai sepatu hak tinggi, sebaiknya lakukan stretching agar otot kaki siap dan lebih lentur. Jangan berdiri selama lebih dari tiga jam, dan ingat untuk beristirahat!


    (Image: doc. mustachegirlC123RF.com)