Better You

3 Alasan Untuk Mulai Berolahraga Pada Malam Hari!

  by: Kezia Calesta       11/5/2018
  • Ladies, apakah kamu lebih suka berolahraga di pagi atau malam hari? Jika kamu adalah seorang morning person yang terbiasa dengan olahraga pagi, no problem! Namun, ada tiga manfaat dari olahraga malam yang tidak kamu ketahui.


    1. Kamu akan tidur dengan lebih nyenyak.



    Banyak studi, termasuk sebuah riset dari National Sleep Foundation telah membuktikan bahwa orang-orang yang melakukan olahraga angkat beban pada malam hari mendapat kualitas tidur yang lebih baik ketimbang orang yang berolahraga pada pagi atau siang hari. Istirahat yang cukup tidak hanya berguna untuk perkembangan otot dan pemulihan, tetapi tidur nyenyak juga akan memberikan tubuh kamu energi untuk beraktivitas pada keesokan hari.


    2. Tekanan darah menurun dan kalori yang terbakar semakin banyak.

    Sebuah riset dari Journal of Strength Conditioning Research membuktikan bahwa orang-orang yang berolahraga pada malam hari menurunkan lebih banyak tekanan darah ketimbang orang yang berolahraga pada pagi hari. Sementara itu, studi oleh The New England University of Birmingham membuktikan bahwa orang yang memilih evening workout dapat berolahraga dengan lebih intens dalam durasi yang lebih lama. Hasilnya? Kalori yang terbakar pun semakin banyak!




    3. Olahraga menjadi lebih efektif.

    Selain memberikan tidur yang lebih nyenyak, riset juga membuktikan bahwa training pada malam hari lebih baik untuk perkembangan otot dan kenaikan daya tahan tubuh. Ditambah lagi, level kortisol (hormon yang mencegah perkembangan otot) dalam tubuh lebih rendah pada malam hari. So, kesimpulannya adalah: berolahraga pada malam hari dapat membuat workout semakin efektif!


    (Image: doc. dolgachovC123RF.com)