Better You

Wah, 7 Makanan Ini Bisa Buat Kamu Awet Muda, Lho!

  by: Alvin Yoga       15/5/2018
  • Proses penuaan memang tidak bisa dicegah, apalagi dengan adanya berbagai junk food menarik yang mempercepat proses penuaan pada kulit. Namun bukan berarti kamu tak bisa berusaha untuk tampil lebih muda. Ada beberapa makanan yang ternyata mengandung anti-aging alami untuk memperlambat proses penuaan. Ingin tahu apa saja? Simak!


    Alpukat



    Selain lezat, buah alpukat dikenal kaya akan vitamin E yang mampu merangsang produksi kolagen agar kulit tetap kenyal dan cerah. Hal ini akan membuat kamu terjauh dari keriput. Tak hanya itu, rutin mengonsumsi alpukat juga baik untuk kesehatan jantung, menurunkan kolesterol, serta mencegah kanker. Banyak manfaatnya, kan?


    Blueberry

    Keluarga beri seperti blueberry, raspberry dan blackberry ternyata juga mengandung antioksidan yang tinggi. Nah, antioksidan ini bisa membantu memperlambat proses penuaan karena melawan radikal bebas yang masuk ke tubuh lewat polusi, sinar matahari, dan berbagai bahan kimia lainnya. Tak hanya itu, vitamin dan nutrisi yang terdapat di dalamnya juga bisa mencegah kerusakan sel dalam tubuh.


    Kacang-kacangan

    Beberapa jenis kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang almond, kacang tanah, dan kacang mete kaya akan protein, serat, dan omega-3. Baiknya lagi, kacang-kacangan ini bebas dari lemak jenuh sehingga bisa memperlambat proses penuaan kulit. Tak hanya itu, kacang-kacangan juga terbukti dapat merawat fungsi otak dan melawan radikal bebas.


    Jamur

    Jamur ternyata kaya akan berbagai mineral seperti kalium dan selenium yang berkhasiat untuk mencegah penuaan dini, terutama pada saraf otak. Selain itu, jamur juga berfungsi mencegah kanker berkat kemampuannya membunuh serta memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Jamur juga dikenal bisa mendorong sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai jenis virus dan bakteri.




    Bayam

    Selain brokoli yang diketahui memiliki antioksidan tinggi untuk meremajakan kulit, bayam juga dikenal memiliki kandungan fitonutrien yang membantu melindungi kulit dari sinar UV matahari. Tak cuma itu, bayam juga kaya kan beta-karoten dan lutein yang efektif menjaga kelembapan alami kulit dan memperlambat proses penuaan.


    Ikan

    Ikan yang hidup di air bersuhu dingin seperti salmon dan sarden ternyata memiliki kandungan asam lemak Omega-3 yang memperkuat membran-membran sel pada kulit sehingga baik untuk memperlambat proses penuaan. Tak hanya itu, salmon juga dikenal ampuh mencegah penyakit jantung berkat kandungan asam lemaknya.


    Cokelat

    Last but not least: chocolate! Well, meski tak semua jenis coklat bisa berkhasiat memperlambat penuaan, namun cokelat pahit atau dark chocolate ternyata kaya akan antioksidan. Berbeda dengan milk chocolate yang lebih banyak dijual di pasaran, dark chocolate juga tidak mengandung gula dan lemak sehingga baik untuk peremajaan kulit. Siapa bilang camilan sehat itu tidak enak?

    (Alvin Yoga / SW / Image: Dok. Alena Haurylik©123RF.com)