Lifestyle

Kartini Zaman Now di Women Movement Indonesia 2018

  by: Alexander Kusumapradja       14/5/2018
  • Dengan semangat Kartini yang tak pernah habis, Women Movement menampilkan para Kartini zaman now dalam gelaran seru yang diadakan tanggal 29 April 2018 kemarin di Patiunus Court Yard, Jakarta.


    Gelaran yang bertujuan membangkitkan semangat dan memajukan pemberdayaan ekonomi kaum perempuan ini memiliki sejumlah agenda menarik yang telah dimulai sejak pagi hari dengan agenda pertama adalah Longmarch Kartini yang bergerak dari Patiunus Court Yard menuju Semanggi dan kembali ke Patiunus Court Yard.





    Dibuka dengan kata sambutan oleh Ibu Nur Asia Uno yang merupakan istri wakil gubernur DKI Jakarta sekaligus ketua umum Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW), sebelum mulai long march para peserta pun melakukan senam pemanasan yang dipimpin oleh Gianti Giadi dari Gigi Art of Dance.



    Serunya, dalam long march ini para perempuan dari berbagai komunitas terlihat ikut meramaikan dengan penuh antusias. Mulai dari komunitas hijaber, ibu-ibu paruh baya, ibu muda dalam balutan kebaya, semuanya terlihat membaur dan happy!



    "Kalau dulu merayakan Hari Kartini kebanyakan perempuan mengenakan kebaya, tapi kini kita mau membuat terobosan dengan menghadirkan model Kartini zaman now. Sampai saat ini sudah ada 25 organisasi dan komunitas perempuan yang bergabung dalam acara ini,” ungkap ketua panitia Women Movement 2018, Ibu Tatyana Sutara yang juga merupakan Ketua Umum DPD IWAPI DKI Jakarta. 





    Sekembalinya para peserta dari long march, mereka pun berkumpul kembali di Patiunus di mana berbagai macam kegiatan seru telah menanti, di antaranya adalah ladies market yang menjual berbagai produk karya perempuan, festival kuliner, serta talk show yang menghadirkan para profesional dan para wanita inspiring tentang kesehatan reproduksi wanita, womenpreneur, parenting, hingga isu Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). 



    Diperkirakan lebih dari 500 orang mengikuti acara tersebut, Memahami kebutuhan para ibu yang datang membawa buah hati, dalam acara Women Movement juga disediakan tempat khusus yang disiapkan untuk menitipkan anak-anaknya, sehingga para ibu dapat fokus mengikuti seluruh rangkaian kegiatan.



    Rangkaian Women Movement 2018 pun diakhiri dengan makan malam bersama di bawah bintang di mana para undangan terlihat begitu ayu sambil menyaksikan fashion show dan broadway show. It's definitely a night to remember.



    “Kita terus gelorakan semangat Kartini kepada generasi masa kini. Soal implementasi ke-Kartiniannya bagaimana, tentu disesuaikan dengan kemajuan zaman,” tutup Tatyana. Untuk yang belum berkesempatan datang tahun ini, let’s hope semoga kita bisa bertemu di Women Movement tahun depan ya, ladies!


    (Image: doc. Instagram @WomenMovementID)