Lifestyle

Teaser dan Bocoran Musim Kedua 13 Reasons Why

  by: Alexander Kusumapradja       14/5/2018
  • Bagi penggemar serial Netflix, kamu tentu masih ingat tahun lalu serial 13 Reasons Why sempat menjadi salah satu serial Netflix yang paling ramai dibicarakan. Sekalipun kamu belum menontonnya (which you should asap), Cosmo yakin kamu pasti familiar dengan serial yang diangkat dari novel tahun 2007 karya Jay Asher ini.





    Diadaptasi ke layar kaca oleh penulis naskah Brian Yorkey, 13 Reasons Why bercerita tentang seorang anak SMA bernama Clay Jensen (diperankan oleh Dylan Minnette) yang dihantui berbagai pertanyaan mengenai alasan bunuh diri temannya, Hannah Baker (Katherine Langford). Alih-alih menjadi jawaban, satu kotak berisi kaset rekaman suara Hannah yang menceritakan alasannya mengakhiri hidupnya, justru membuka banyak rahasia dan luka yang melibatkan orang-orang lain di sekitar mereka, khususnya para siswa di Liberty High School.  


    Musim pertama 13 Reasons Why yang ditayangkan 31 Maret 2017 dengan 13 episode pun terbilang sukses. Banyak yang memberikan tanggapan positif mengenai jalan ceritanya yang memikat dan tema tentang bullying serta suicide awareness di kalangan anak muda, namun banyak juga yang kontra karena serial ini secara gamblang menampilkan adegan bunuh diri dengan cara memotong nadi, pelecehan seksual, serta muatan dewasa lainnya. But still, orang masih belum puas dengan finale musim pertama dan keinginan mereka pun akan terjawab dengan diumumkannya musim kedua 13 Reasons Why yang akan ditayangkan di Netflix tanggal 18 Mei 2018 ini.


    Jadi, apa plot utama musim kedua ini?

    Well, musim pertama memang masih menyisakan banyak pertanyaan, khususnya mengenai reaksi dan nasib para karakter setelah orangtua Hannah memutuskan menggugat sekolah dan orang-orang yang disebutkan dalam kaset rekaman ke pengadilan. Namun, apakah semua yang diceritakan Hannah dalam kaset wasiatnya semuanya adalah fakta? Di musim pertama, kita seakan melihat dunia hanya dari perspektif Hannah yang tentu saja sangat subjektif. Tapi, bagaimana jika tak semua yang diceritakan Hannah itu benar dan kita belum mendengar sisi dari karakter lain yang terlibat? 


    Dalam official trailer yang telah dirilis tanggal 9 Mei kemarin, Clay akan berhadapan dengan misteri baru lewat beberapa foto polaroid yang dikirimkan oleh orang tak dikenal. Dengan terkuaknya hal yang tak terjawab di musim pertama serta konflik baru yang muncul, tampaknya kita harus bersiap punya penilaian yang berbeda untuk karakter yang kita pikir (dan judge) sebelumnya. Termasuk Hannah. 



    Banyak karakter baru

    Selain deretan aktor dan aktris musim pertama yang akan melanjutkan peran mereka, musim kedua ini juga akan menghadirkan wajah-wajah baru yang meliputi Ben Lawson, Samantha Logan, Allison Miller, Bryce Cass, Chelsea Alden, dan Kelli O’Hara. Masing-masing akan memerankan karakter yang akan berpengaruh besar pada jalan cerita. Siapa kawan atau lawan, itu yang harus kita saksikan sendiri bila sudah tayang. 



    Keterlibatan Selena Gomez

    Sebelum akhirnya menjadi serial Netflix, 13 Reasons Why sempat direncanakan diangkat ke layar lebar dengan Selena Gomez sebagai pemeran Hannah Baker. Meskipun rencana itu batal, namun Selena sendiri masih terlibat di proyek ini dengan menjadi executive producer untuk serial ini. Untuk musim kedua ini, lewat Instagramnya Selena mengumumkan bahwa ia mengerjakan soundtrack berjudul “Back To You” yang akan mengisi serial ini yang bisa kamu intip di tautan bawah ini:





    Spoiler alert!

    Kalau kamu termasuk yang anti spoiler, kamu bisa langsung skip bagian ini. Beberapa hal yang sempat dibocorkan dan dikonfirmasi Netflix terkait jalan cerita 13 Reasons Why musim kedua adalah:

    1. Kita akan melihat cerita dari sudut pandang karakter lain mengenai setiap kejadian yang diceritakan oleh Hannah.

    2. Jessica Davis (Alisha Boe), si gadis populer yang sempat menjadi sahabat baik Hannah, akan punya peranan penting di musim kedua ini. Di musim pertama ia adalah korban pelecehan seksual yang tidak ingin mengakui hal tersebut, di musim kedua ini akan menampilkan dirinya sebagai survivor dan berhadapan dengan rasa takutnya. 

    3. Musim kedua ini akan ada narator baru yang menggantikan suara Hannah.

    4. Tidak akan ada lagi kaset rekaman yang menjadi petunjuk.

    5. Musim ini akan mengangkat soal toxic masculinity sebagai salah satu topik utama.

    6. Salah satu tokoh antagonis utama, Bryce Walker (Justin Prentice) si kapten tim football yang melecehkan Hannah dan Jessica akan mendapat karmanya. 


    Makin tak sabar untuk binge watching musim kedua ini? Catat tanggal mainnya ya, 13 Reasons Why musim kedua akan ditayangkan di Netflix pada tanggal 18 Mei 2018. Can’t wait!


    Baca juga:

    Busted, Variety Show Korea Pertama Netflix Mulai Tayang

    Menurut Zodiak, Serial Netflix Ini Cocok Untuk Kamu!

    Ini 10 Film Horor Paling Menyeramkan di Netflix


    (Image: Dok. Netflix.com & Instagram @13reasonswhy)