Beauty

10 Kesalahan Membersihkan Wajah Yang Biasa Kamu Lakukan

  by: Silvya Winny       28/5/2018
  • Cara kamu membersihkan wajah menentukan kulit wajah yang sehat, kenyal dan senantiasa glowing.  Maka, jika pagi tadi tiba-tiba kamu kedatangan dua “tamu tak diundang” di pipi bisa jadi ada yang salah dengan ritual membersihkan wajah kamu. Karena kulit wajah adalah aset penting yang dimiliki setiap wanita, kamu harus tahu cara menjaganya dengan benar dan kamu pasti paham, guru terbaik adalah ketika belajar dari kesalahan, kan? Berikut adalah 10 kesalahan membersihkan wajah yang sering dilakukan.



    1. Memakai sabun badan dan wajah jadi satu

    Ada produk yang menawarkan sabun badan dan wajah jadi satu. Alasan kamu memilihnya bisa jadi karena ingin meringkas ritual perawatan di pagi hari. Yang perlu kamu tahu sabun badan bekerja dengan baik untuk membersihkan seluruh tubuh hingga kaki dan celah tersulit, tetapi ia memiliki pH basa yang dapat menghilangkan minyak alami kulit dan membuatnya kering. Kulit wajah yang mengalami dehidrasi dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat. Untuk amannya, pisahkan pembersih tubuh dan wajah ya.

    2. Skip cuci muka di pagi hari

    Tidur memungkinkan sel-sel kulit kamu beregenerasi, tetapi kotoran, minyak, dan kuman dari sarung bantal masih terperangkap di dalam pori-pori selama kamu tidur delapan jam, lho. Untuk itu, jangan pernah lupakan ritual ini dan sediakan waktu sebelum kamu beraktivitas.

    3. Menggunakan air terlalu panas

    Air panas bukanlah teman bagi kulit, terutama untuk area yang sensitif seperti wajah. Mungkin terasa nikmat saat mandi sepulang dari seharian kerja, namun sayangnya ini dapat merusak cara kulit melindungi selnya. Air panas secara alami membuat penghalang minyak di lapisan kulit terkelupas yang seharusnya berfungsi untuk menjaga integritasnya. Sebagai gantinya, gunakan air hangat cenderung ke dingin untuk mencuci muka.

    4. Pakai handuk badan untuk wajah

    Apakah kamu benar-benar ingin menyebarkan bakteri tubuh ke kulit wajah halus kamu? Para ahli mengatakan bahwa menggunakan handuk yang sama berulang kali adalah menyebarkan lebih banyak bakteri dan jamur ke wajah. That's why, selalu sisihkan handuk kecil dan usap halus dengan menekan-nekan wajah (bukan digesek).

    5. Scrub terlalu kencang

    Cosmo tahu kamu ingin menyingkirkan noda-noda di wajah, tetapi menggosok kulit dengan scrub wajah yang terlalu besar tidak akan bermanfaat bagi kulit kamu. Ujungnya hal ini justru bisa merusak elastisitas kulit kamu, seperti micro-tears, keriput, kering, dan kapiler yang rusak.

    6. Scrub lebih dari satu kali seminggu

    Terlalu sering meng-scrub kulit dapat menyebabkan robekan mikroskopis di lapisan kulit luar yang menyebabkan peradangan dan iritasi. Pada umumnya, yang lebih aman, kulit wajah tidak perlu di-scrub lebih dari 2 kali seminggu, lho.

    7. Lupa bersihkan wajah sebelum memakai face mask

    Kebanyakan face mask mengharuskan kulit kamu dalam keadaan polos dan bersih untuk memungkinkan bahan-bahan aktifnya melintasi pori-pori. Jadi jika kamu tidak membersihkan wajah sebelumnya, kamu hanya membuang-buang produk!

    8. Menggunakan pembersih make up biasa untuk  menghapus riasan

    Sebagian besar produk makeup saat ini tahan air, tahan keringat, dan noda-noda, sehingga pembersih wajah biasa tidak akan menghapusnya dengan baik. Kami sarankan untuk mencoba metode pembersihan ganda untuk membersihkan pori-pori kamu dari makeup, minyak, dan bakteri.


    Solusi membersihkan wajah paling efektif yang Cosmo rekomendasikan adalah menggunakan alat pembersih wajah Foreo Luna Mini 2 yang mampu membersihkan wajah lebih mendalam hingga ke pori-pori. Tidak seperti sikat pembersih wajah berbahan nylon, alat pembersih wajah kesayangan beauty influencers Kathleen Lights ini memiliki permukaan yang terbuat dari silikon lunak yang tahan bakteri dan tak perlu repot mengganti kepala sikat. Ada empat tipe alat pembersih wajah berbeda yang disesuaikan dengan jenis kulitnya mulai dari kulit berminyak, kombinasi, sensitif, dan normal.



    Foreo sengaja mengeluarkan gadget cantik versi mini ini untuk kamu yang memiliki mobilitas tinggi, supaya memudahkan untuk dibawa ke mana-mana dan muat dalam makeup pouch kamu lho.



     


    Cara penggunaannya pun cukup mudah. Dengan wajah yang basah, oleskan sabun ke seluruh permukaan wajah, tekan tombol untuk menyalakan Foreo Luna Mini 2 kamu sehingga muncul getaran berintensitas yang bisa disesuaikan. Karena bentuknya yang seukuran kepalan tangan, kamu makin mudah membersihkan seluruh wajah dari mulai dagu, pipi, hidung, dahi. Getarannya akan berhenti dalam satu menit. Nah, hanya dalam satu menit, wajah kamu akan terasa lebih bersih dibandingkan membersihkan dengan tangan atau sikat nylon. Klik link ini: www.foreo.com


    9. Hanya menggunakan makeup wipes untuk membersihkan wajah

    Membersihkan wajah dengan makeup wipe tidak selalu mengangkat kotoran sepenuhnya. Ia diformulasikan dengan pengawet yang memungkinkan untuk tahan disimpan di dalam makeup shelves kamu tanpa terkena bakteri. Dan lagi, meskipun telah menghapus makeup dan kotoran, wipes berpotensi meninggalkan residu. Langkah baiknya adalah bersihkan sisa makeup dengan wipe, kemudian bilas residu, sisa minyak, dan bakteri dengan pembersih wajah.

    10. Terlalu sering cuci muka

    Nah, ini dia yang terpenting. Mencuci muka idealnya adalah dua kali sehari, satu kali di pagi hari dan satu kali di malam hari, dengan pengecualian setelah latihan dan keringat berlebih. Jika terlalu intensitasnya sering kamu malah memperbesar risiko kulit kering dan iritasi.




    Semoga setelah ini kamu tidak melakukan kesalahan dua kali ya.

     

    (Image: dok. Foreo)