Better You

Makanan Ini Efektif Meredakan Stres Kamu di Kantor

  by: Silvya Winny       14/5/2018
  • Setelah berjam-jam depan laptop dari pagi hingga makan siang menyelesaikan utang report, besar keinginan untuk beranjak ke minimarket dan membeli sekantong snacks. Sebenarnya, kamu salah mengerti jika mengira bahwa gula akan menyembuhkan rasa lelah, kesal, marah walaupun untuk sementara. Sebagai orang yang peka dengan asupan makanan ke dalam tubuh, sangat penting untuk mengetahui jenis makanan apa saja yang tidak akan sia-sia dikonsumsi dan hanya berakhir jadi lemak saja.


    Menurut penulis buku dan blog Food Mood Girl Lindsey Smith, "Stres dapat memicu tubuh dalam menerima atau menolak makanan ketika akan diproses di dalam tubuh.” Saat kamu selalu stres di kantor, sistem tubuh secara natural akan lupa bagaimana ia bekerja dengan normal atau stabil.

    Tubuh kamu tahu apa yang terbaik untuk kamu, maka ia ingin kamu kembali ke keadaan semua sesegera mungkin. Masalahnya, dalam waktu “menunggu” kembali ke keadaan semula itulah muncul keinginan-keinginan untuk mengonsumsi makanan kamu ingn (seperti donat, kue, pizza, es krim, dan sebagainya).  Umunya ini terjadi ketika tubuh sedang mencoba untuk mengganti semua energi yang telah terpakai ketika kamu sedang stres.

    Nah menurut Lindsey lagi, "Pada kenyataannya, makanan tersebut malah hanya akan meningkatkan stres kamu sepanjang hari." Sebaliknya, Lindsey menyarankan mengonsumsi makanan dengan magnesium untuk fungsi otak yang lebih baik: pisang, bayam, buah ara, almond, dan kacang-kacangan.

    Untuk mengurangi stres, konsumsi makanan yang membantu meningkatkan produksi otak dari neurotransmitter GABA seperti hummus, teh oolong, dan udang.

    Dan jika kamu menginginkan sesuatu yang dapat menyeimbangkan suasana hati dan tidak berpotensi membuat kamu mudah baper di kantor, pastikan diet kamu meliputi: sayuran hijau, blueberry, nanas, salmon, dan walnut.


    Yup, bisa dibilang: Keep calm and avoid cake?

    (Image: Cathy Yeulet©123RF.com)