Better You

5 Bahan Berbahaya dalam Produk Perawatan Kulit

  by: Kezia Calesta       14/5/2018
  • Semua wanita menginginkan kulit glowing yang sempurna, dan keinginan tersebut bisa dicapai dengan diet sehat dan perawatan skincare yang cocok. Ladies, sebelum memilih produk perawatan kulit untuk digunakan di wajah atau tubuh, simak dulu 5 bahan berikut yang dapat membahayakan kulitmu!






    1. Paraben

    Apakah kamu tahu bahwa lebih dari 90% produk kosmetik mengandung bahan paraben? Paraben (atau phenoxyethanol) memang membuat produk kecantikan kamu tahan lama, namun zat pengawet ini sangat tidak baik untuk kesehatan. Menurut sebuah riset pada tahun 2015, paraben tidak hanya dapat mempercepat pertumbuhan sel kanker, tetapi juga mengubah keseimbangan hormon yang dapat memberikan dampak buruk terhadap kesuburan. Scary.


    2. Retinol

    Kamu tidak harus menghentikan penggunaan retinol, namun bataskan penggunaan substitusi vitamin A tersebut untuk mencegah iritasi dan kulit terkelupas. Retinol memang berguna untuk kulit kering, namun ingat untuk hanya mengaplikasikan sedikit saja karena kulit kamu akan menjadi lebih sensitif dan terekspos. Wanita hamil sebaiknya menghindari penggunaan retinol untuk mencegah kerusakan DNA dan tumor kulit.


    3. Aluminium



    Kandungan aluminium seringkali digunakan dalam sabun mandi dan deodoran, karena properti di dalamnya dapat mencegah produksi keringat berlebihan. Sayangnya, deodoran dengan kandungan aluminum berlebihan juga diserap oleh kulit, mempengaruhi sawar darah otak, dan menahan toksin untuk keluar dari tubuh. So, pastikan bahwa deodoran yang kamu gunakan setiap hari berkualitas dan mengikuti standar kesehatan, ya.


    4. Shea Butter

    Jangan panik dulu – shea butter memang cocok digunakan setelah mandi untuk memberikan khasiat bagi kulit kering. Namun, hindari penggunaan shea butter bila kamu memiliki kulit berminyak, karena kandungan shea dapat menghambat pori-pori dan membuat kulit semakin oily. Oh, dan pastikan bahwa sabun mandi shea butter yang kamu gunakan tidak memiliki kandungan alkohol dan formaldehyde – bahan-bahan tersebut hanya akan mengeliminasi khasiat shea butter dan semakin merusak kulit kering.


    5. Vitamin E

    Sama seperti shea butter, vitamin E sangat berguna untuk kamu yang memiliki kulit kering... Namun jika kulit kamu cenderung berminyak, vitamin E dapat meningkatkan kadar minyak dan bahkan membuat kulit iritasi. So, ingat untuk selalu melakukan riset dan kenali kulit sendiri sebelum memilih produk perawatan kulit, ya!


    (Image: doc. [email protected])