Celebrity

20 Tradisi Ketat Pernikahan Keluarga Kerajaan Inggris

  by: Hana A. Devarianti       14/5/2018
  • Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle tinggal menghitung hari, ladies. Pada hari Sabtu, 19 Mei 2018 mendatang pasangan yang satu ini akan mengucap janji sehidup semati. Namun, jangan pikir semua itu terjadi semudah itu darling.


    Tahu tidak, ternyata keluarga kerajaan Inggris punya tradisi yang sangat ketat soal upacara pernikahan, lho. Jangan kira cuma kamu dan si dia saja yang harus mengikuti tradisi pernikahan, Pangeran Harry dan Meghan Markle pun harus mengikuti tradisi pernikahan dengan seksama. Setidaknya mereka harus mengikuti 20 tradisi ketat di keluarga kerajaan Inggris yang ada di bawah ini.




    1. Mempelai wanita harus memakai gaun berwarna putih

    Tradisi yang satu ini dimulai oleh Ratu Victoria di tahun 1840.


    2. Akan selalu ada pengumuman pertunangan

    Pengumuman pertunangan tak hanya dilakukan oleh Pangeran Harry dan Meghan Markle. Para anggota keluargan kerajaan yang akan menikah pun melakukan hal yang sama. Tapi, apakah ada pasangan yang mengumumkan pertunangannya se-adorable Pangeran Harry dan Meghan Markle? Rasanya belum ada. Awww...



    3. Harus ada foto resmi pernikahan

    Tentunya bukan foto romantis yang biasa kamu lihat di Instagram, ya. Foto resmi pernikahan ini harus menyertakan keluarga kerajaan juga flower girls dan page boys.


    4. Akan ada dua wedding cake

    Dan fruitcake jadi pilihan rasa yang paling tradisional. Pangeran Charles dan Putri Diania, juga Pangeran William dan Kate Middleton memilih kue fruitcake sebagai wedding cake mereka.


    5. Bunga myrtle akan selalu ada di setiap rangkaian bunga mempelai wanita

    Sama seperti gaun yang harus berwarna putih, tradisi yang satu ini sudah ada sejak era Ratu Victoria. Bunga myrtle dikenal sebagai "herb of love" alias ramuan cinta.


    6. Sang mempelai wanita selalu memakai mahkota

    Queen Elizabeth memberikan Cambridge Lover's Knot Tiara pada Putri Diana untuk dikenakan saat pernikahannya dengan Pangeran Charles. Sedangkan, Kate Middleton mengenakan Cartier Halo Tiara yang ikonis. Hmmm, kira-kira Meghan Markle akan mengenakan tiara apa ya?



    7. Keluarga kerajaan tidak boleh menikah dengan yang beragama Katolik

    Keluarga kerajaan adalah kepala dari Gereja Inggris, dan terikat pada The Act 1701 Act of Settlement yang mewajibkan mereka untuk menjaga warisan agama Protestan. Nah, Meghan yang dibesarkan dengan agama Katolik akan dibaptis menjadi Protestan oleh Gereja Inggris sebelum pernikahan berlangsung.


    8. Tamu wanita harus memakai topi

    Masih ingat topi Putri Eugenie dan Putri Beatrice yang menarik perhatian dunia? Dan bikin kamu bertanya-tanya, mengapa sih mereka memakai topi seperti itu? Alasannya, topi menjadi dress code wajib bagi tamu wanita. Kalau dilihat dari sejarah, topi menjadi salah satu tanda dari kelas sosial di Inggris.


    9. Harus ada persetujuan dari Ratu sebelum menikah

    True story. Meghan bertemu Ratu Elizabeth beberapa kali sebelum Pangeran Harry melamarnya. Ada aturan khusus bernama The Royal Marriages Act of 1772 yang mewajibkan keluarga kerajaan harus mendapat persetujuan sang Ratu terlebih dahulu sebelum menikah.


    10. Terutama ketika anggota keluarga menikah dengan seseorang yang tak berdarah biru

    Misalnya saja Meghan Markle. Juga Kate Middleton. Oh, Putri Diana juga tak berasal dari keluarga bangsawan.





    11. Para wanita yang menikah dengan keluarga kerajaan sebenarnya tidak mendapatkan titel di nama mereka

    Misalnya saja Kate Middleton yang punya nama lengkap Catherine Elizabeth Middleton. Setelah menikah dengan Pangeran William, namanya tak berubah jadi Princess atau Putri Catherine melainkan Catherine, Duchess of Cambridge. Bagaimana dengan Putri Diana? Well, nama resminya adalah Diana, Princess of Wales bukan Princess atau Putri Diana.

    Mereka yang memiliki titel tersebut hanyalah orang-orang keturunan dari keluarga kerajaan.


    12. Pasangan keluarga kerajaan selalu menyapa masyarakat di balkon Buckingham Palace setelah upacara pernikahan

    Dan melambaikan tangan serta berciuman kepada masyarakat Inggris dan dunia. Namun, tampaknya Pangeran Harry dan Meghan Markle tidak akan melakukan ini karena jarak venue pernikahan mereka di St. George’s Chapel, Windsor Castle berjarak sekitar satu jam dari Buckingham Palace.


    13. Mempelai pria mengenakan pakaian militer di upacara pernikahannya

    Karena sudah menjadi tradisi di keluarga kerajaan Inggris kalau mereka yang laki-laki harus mengabdi di satuan militer negara.


    14. Gaun mempelai wanita biasanya berbahan lace

    Gaun Kate Middleton didesain oleh Sarah Burton. Kalau gaun Putri Diana didesain oleh Elizabeth Emanuel. Bagaimana dengan Meghan Markle? Kabar terakhir Meghan memilih gaun karya Ralph & Russo.


    15. Gaun mempelai wanita harus disetujui oleh Ratu

    Yup, Ratu Elizabeth harus melihat dan menyetujui gaun yang akan dikenakan Meghan Markle. Hal yang sama juga dilakukan sang Ratu pada Katte Middleton ketika menikah dengan Pangeran William.




    16. Tidak boleh aktif secara politik ketika sudah menikah dengan keluarga kerajaan

    Dalam masyarakat Inggris, keluarga kerajaan adalah figur publik yang melayani masyarakat terlepas dari pandangan politiknya. Tidak hanya itu, dukungan politik tertentu dari keluarga kerajaan dapat menyebabkan "gesekan" di partai politik Inggris.


    17. Saat upacara pernikahan, keluarga kerajaan duduk di sebelah kanan gereja

    Kecuali ketika mempelai pria bukanlah bangsawan, mereka akan duduk di sebelah kiri.


    18. Keluarga kerajaan mengadakan Hen party alih-alih bachelorette untuk mempelai wanita

    Sebenarnya itu dua hal yang sama, hanya berbeda di nama saja. Dan untuk mempelai pria namanya bukan bachelor party tapi Stag party.


    19. Glass Coach biasanya kendaraan pernikahan

    Glass Coach adalah kereta kuda tradisional Inggris. Meskipun ini biasanya jadi digunakan sebagai kendaraan mempelai untuk datang dan pergi dari gereja, tapi ada juga yang tidak menggunakannya. Dulu Pangeran William dan Kate Middleton menggunakan mobil Aston Martin Volante. Nah, kalau Pangeran Harry dan Meghan Markle memilih menggunakan kereta kuda Ascot Landau.



    20. Potongan kue jadi suvenir buat para tamu

    Nope, Cosmo tidak bercanda. Suvenir yang satu ini akan dikirim lewat pos sebagai ucapan terima kasih kepada para tamu yang telah hadir.


    (Artikel disadur dari: cosmopolitan.com. Alih bahasa: Hana Devarianti. Image: Image: DOK. Instagram.com. Perubahan telah dilakukan oleh editor)