Lifestyle

10 Tempat Paling Instagrammable ala Wes Anderson

  by: Alexander Kusumapradja       15/5/2018
  • Ada alasan khusus mengapa orang menyukai film-film Wes Anderson. Bagi banyak orang, menonton karya sutradara asal Texas, Amerika Serikat tersebut seperti membaca buku cerita tanpa penanda waktu dan tempat yang jelas, yang akan membebaskan imajinasi penonton dan membangkitkan nostalgia.

    Bicara soal Wes Anderson berarti bicara tentang ciri khas visual dan perhatian akan detail yang kuat. Dalam setiap filmnya, Wes Anderson membangun dunia sendiri untuk menampung karakter-karakter unik, jujur, dan seringkali disfungsional. Benang merah yang menjadi bahasa visual filmnya adalah warna-warna pastel retro, komposisi super simetris, dan pernak-pernik yang kitsch namun aesthetically pleasing.

    Entah itu di dalam kapal selam (The Life Aquatic with Steve Zissou), kereta api India (The Darjeeling Limited), ataupun hotel besar berwarna pink di antara pegunungan (Grand Budapest Hotel), sentuhan visual Wes Anderson-esque telah menginspirasi penggemarnya untuk mencari lokasi-lokasi dreamy tersebut di dunia nyata. Salah satunya adalah Wally Koval, seorang Wes Anderson fanboy asal New York yang membuat akun Instagram @AccidentallyWesAnderson di mana ia membagikan foto-foto lokasi dunia nyata yang “Wes Anderson banget”. Seperti apa contohnya? Psst… Ada yang dekat dari Indonesia juga lho!





    1. City Palace, Jaipur, India

    Dibangun tahun 1732, City Palace merupakan kompleks istana Maharaja Jaipur yang terdiri dari beberapa bangunan dan taman-taman besar, termasuk istana The Chandra Mahal yang kini menjadi museum. Memiliki perpaduan arsitektur tradisional istana India dengan sentuhan Eropa, palet gradasi warna coklat di dindingnya mengingatkan Cosmo pada palet warna film The Darjeeling Limited yang memang berlatar di India. 



    2. Gold Crest Motel, New Jersey

    Berada di tepi pantai Wildwood Crest, motel kecil yang dibuka tahun 1967 ini terlihat seperti latar sempurna untuk film Bottle Rocket dengan desain retro yang menampilkan warna-warni pastel dan ornamen yang kitsch. Motel ini termasuk motel kecil yang masih bertahan di antara pembangunan hotel-hotel megah di sekelilingnya. So nostalgic!



    3. Bastei Building, Cologne, Jerman

    The Bastei adalah sebuah bangunan setinggi 8 meter yang terdapat di Cologne-Neustadt-Nord, Jerman. Dibangun di tahun 1924 oleh arsitek Wilhelm Riphahn dengan gaya ekspresionis, bangunan ini sempat rusak di zaman Perang Dunia II namun berhasil direstorasi dan dibuka kembali sebagai restoran di tahun 1958 yang mendapat penghargaan Michelin. Sempat direnovasi kembali, sejak tahun 1997 The Bastei hanya dapat disewa untuk private events. 



    4. The Húsavík Light, Islandia 

    Islandia punya banyak mercusuar yang keren, salah satunya adalah Husavik Light yang berada di pesisir timur laut Islandia. Menara setinggi 12 meter ini terlihat menyolok dengan warna kuning cerah yang terlihat kontras dengan lanskap putih di sekelillingnya. Masih aktif digunakan sebagai mercusuar, pengunjung boleh mengunjungi lokasinya namun akses ke dalam mercusuar hanya terbuka untuk petugas mercusuar.



    5. Central Post Office, Phnom Penh, Kamboja

    Sepintas mungkin kamu akan menyangka bahwa bangunan berwarna kuning pastel ini adalah hotel, namun faktanya bangunan yang terletak di ibu kota Kamboja ini adalah sebuah kantor pos. Dibangun oleh arsitek Prancis Daniel Fabre sekitar tahun 1895, kantor pos ini memang punya elemen arsitektur neo-classic khas Eropa yang kental di segala sisinya. 





    6. Rajmahal Palace, Rajasthan, India

    Dibangun di tahun 1729, Rajmahal Palace yang terletak di Rajasthan pada awalnya adalah istana pribadi Maharaja Jaipur sebelum diubah menjadi hotel sejak 1979. Dalam sejarahnya, tak terhitung banyaknya tokoh terkenal dunia yang pernah menginap di hotel ini, mulai dari keluarga Kerajaan Inggris hingga Jackie Kennedy. Berusia lebih dari 250 tahun, hotel ini sempat direnovasi oleh desainer terkenal Adil Ahmad tanpa menghilangkan jejak sejarahnya seperti tangga pualam, chandelier megah, dan perabotan berharga milik maharaja yang pernah menempatinya. 



    7. Public Pool, Gotha, Jerman

    Terletak di Gotha, Jerman, kolam renang untuk umum ini telah ada sejak tahun 1909, namun sempat ditutup karena dijual ke seorang investor pribadi. Setelah dibeli kembali oleh pemerintah kota Gotha, kompetisi arsitektur pun diadakan untuk merenovasi kolam renang bersejarah ini. Hasilnya adalah kolam renang bergaya retro namun telah dilengkapi akses untuk kaum difabel, serta fasilitas kesehatan dan rekreasi yang dibuka untuk umum sejak 2014. 



    8. MRT Station Bukit Merah, Singapura

    Untuk yang sering jalan-jalan ke Singapura, sudah sempat ke stasiun MRT di Bukit Merah ini? Seolah memang sengaja agar mencerminkan nama daerahnya, MRT yang terletak di jalur East West ini punya warna pink pastel khas Wes Anderson. Selain stasiun Bukit Merah, ada empat stasiun lainnya dari total 91 stasiun MRT Singapura yang punya warna pastel juga. Ada yang tahu tiga lainnya? 



    9. Palads Cinema, Copenhagen, Denmark

    Bioskop unik ini menempati bekas stasiun kereta pusat Copenhagen yang berhenti digunakan tahun 1911. Sempat menjadi gedung pertunjukan yang mampu menampung 3 ribu kursi, bangunan asli stasiun kereta dirobohkan total di tahun 1917 sebelum dibangun kembali sebagai bioskop. Di tahun 1989, bagian luar gedung ini dicat dengan warna pastel oleh Poul Gernes.



    10. Central Market, San José, Costa Rica

    Tidak harus berupa bangunan megah, elemen khas Wes Anderson juga bisa terasa di latar yang sebetulnya sederhana seperti restoran kecil yang terdapat di pasar tradisional San Jose, Costa Rica ini. Asal kamu jeli, restoran bergaya retro dengan lukisan binatang yang klasik ini bisa jadi lokasi foto yang keren juga lho! 


    Selain hasil foto dari perjalanannya sendiri, Wally Koval juga menerima kiriman foto dari followers-nya, sayangnya sampai saat ini akun @AccidentallyWesAnderson belum pernah menampilkan foto lokasi dari Indonesia. Nah, apakah kamu tertantang untuk mencari lokasi foto ala Wes Anderson di Indonesia? Let’s go and find it!


    (Image: Dok. Instagram @accidentallywesanderson)