Lifestyle

Menurut Zodiak, Buku Ini yang Wajib Kamu Baca!

  by: Hana A. Devarianti       18/5/2018
  • Kamu sudah tahu kalau buku adalah jendela dunia. Problemnya, terkadang kamu tidak tahu jenis buku apa yang bisa membuka wawasan kamu, memberikan "suntikan" inspirasi, atau sekadar menghilangkan rasa penat. Guess what, kamu bisa menemukan jawabannya lewat zodiak kamu.


    Yup, menurut zodiak inilah buku yang wajib kamu baca!




    Aries

    Buku tentang kekuasaan

    For mind: Prisoners of Geography oleh Tim Marshall

    Admit it, Aries. Kamu suka memegang kendali dan rule the world. Buku ini membahas tentang bagaimana batas bangsa secara geografi "membelenggu" para pemimpin dunia untuk memerintah. Dengan segala limitasi, sumber daya, serta network yang mereka miliki (dan tidak miliki).

    For spirit: trilogi The Cicero oleh Robert Harris (Imperium, Lustrum, dan Dictator)

    Buku trilogi apik ini dapat menggambarkan dunia politik masa Romawi yang penuh kekerasan dan berbahaya. Serta, bagaimana seseorang (Cicero, tentu saja) tetap bisa menghadapi itu semua dan mencapai puncak. Sepanjang membaca buku kamu akan mengagumi Cicero, dan diam-diam berharap kamu bisa melakukan yang sama sepertinya.  Setelah membaca buku ini, tidak ada yang bisa menghentikan kamu.


    Taurus

    Buku tentang "what if"

    For mind: The Power oleh Naomi Alderman

    Apa yang terjadi kalau pria yang takut terhadap wanita, alih-alih yang sebaliknya? Mungkin beberapa dari wanita Taurus menganggap hal itu sebenarnya telah terjadi saat ini. Namun, terlepas dari itu, buat para Taurus tema ini sangat relatable dan "real" untuk buku sci-fi. Well, para Taurus cenderung tidak tertarik cerita yang berbau fantasi. Di satu sisi mereka tetap ingin menantang pemikiran dan imajinasi mereka.

    For spirit: If I Could Tell You Just One Thing oleh Richard Reed

    Keteguhan dan tekad kamu untuk maju telah tertanam dalam pola pikir. Dan, kamu selalu mengagumi mereka yang melakukan hal-hal hebat. Kamu percaya pada pahlawan. Buku ini akan membawa kamu pada beberapa karakter dan pencapaian terbesar pada abad ke-21. Menginspirasi dan di saat yang bersamaan menghibur, sehingga dapat menjadi "panduan" buat kamu.


    Gemini

    Buku tentang wanita kuat

    For mind: The Birds and Other Stories oleh Daphne Du Maurier

    Daphne Du Maurier (1907 - 1989) adalah wanita yang punya pemikiran maju di masanya. Dalam dirinya, para Gemini akan menemukan sososk yang memiliki jiwa yang tulus, tapi di satu sisi juga seseorang yang tak ragu memberontak dan "bikin onar". Saat membaca bukunya, Daphne tidak ingin pikiran para pembacanya istirahat (yang mana pikiran kamu selalu melayang ke sana kemari). Dia ingin agar teka-teki ceritanya tak mudah terpecahkan, sehingga novelnya akan "menghantui" kamu bahkan setelah selesai membaca halaman terakhir.

    For spirit: Bossypants oleh Tina Fey

    Penulis, produser, komedian, aktris... Tina Fey adalah seseorang yang ahli dalam banyak hal dan buku autobiografi ini akan membawa kamu kamu menyusuri hidupnya. Penuh dengan humor yang sarkas, buku ini akan menghibur kamu dan menginspirasi kamu untuk tak takut membuat jalan sendiri dalam hidup.


    Cancer

    Buku tentang kejujuran yang blak-blakkan tapi tetap "menyejukkan"

    For mind: He's Just Not That Into You oleh Greg Behrendt and Liz Tuccillo

    OK, Cancer, buku ini memang menuai kritik yang pedas tapi menurut Cosmo kamu jangan melewatkan kesempatan untuk membaca buku self improvement klasik ini. Kamu suka untuk mencintai, dan dicintai, serta pantas mendapatkan cinta. Dan inti dari buku berisi berbagai saran praktis ini bisa membantu kamu untuk tak lagi mengejar pria yang hanya ingin memanfaatkan kamu, atau pria yang menghilang begitu tanpa memberi kepastian.

    For spirit: The Secret oleh Rhonda Byrne

    Tahukah kamu Cancer punya intiusi dan naluri yang kuat serta aktif? Nah, buku ini bisa memandu kamu untuk menggunakan kekuatan otak untuk mendapatkan hal yang paling kamu inginkan dalam hidup. Kamu benar-benar bisa menggunakan the law of attraction dan memperoleh hasil yang nyata setelah membaca buku ini.


    Leo

    Buku tentang rasa bangga serta prasangka

    For mind: #girlboss oleh Sophia Amoruso

    Leo, kamu tahu betul kalau kamu terlahir untuk melakukan hal-hal besar. Buku ini adalah kisah nyata tentang bagaimana Sophia bisa membuat hobinya menjual barang-barang vintage di eBay menjadi Nasty Gal, perusahaan yang berkembang paling pesat di Amerika. Sassy, modern, dan penuh dengan cerita yang bisa memberi kekuatan untuk kamu meraih kesuksesan. Tentunya dengan cara unik kamu sendiri.

    For spirit: Do No Harm oleh Henry Marsh

    Okay, dengan mengetahui kalau kamu terlahir untuk melakukan hal-hal besar, kamu terkadang bisa jadi seseorang yang arogan. Jadi, buku ini dapat memberikan kerendahan hati. Dalam sebuah memoar yang sangat pribadi tentang seorang ahli bedah syaraf (di mana syarat utama dari profesi ini adalah memiliki keyakinan kuat) yang berada di ujung kariernya. Menawarkan perspektif baru tentang apa yang penting dalam hidup, ini akan jadi sebuah bacaan yang provokatif buat kamu. Tentunya, memberikan perspektif baru buat kamu.


    Virgo

    Buku yang dapat "menyuntikkan" rasa percaya diri

    For mind: Hidden Figures oleh Margot Lee Shetterly

    Kamu yang Virgo mungkin sering merasa kalau kamu adalah si underdog yang tak diperhitungkan. Tak perlu merasa minder kalau itu yang terjadi, karena memang itu adalah bagian dari zodiak kamu. Nah, untuk memberikan semangat, kamu bisa membaca buku yang diangkat dari kisah nyata ini. Bercerita tentang tiga wanita ahli matematika
    African-American yang membantu NASA membawa astronot ke luar angkasa. Membuat kamu langsung berpikir kalau siapapun mampu membuat kontribusi besar karena setiap orang harus diperhitungkan.

    For mind: Feel The Fear And Do It Anyway oleh Susan Jeffers
    Buku tentang bagaimana mengubah rasa takut dan cemas menjadi rasa percaya diri yang membuat kamu berani bertindak? Sounds perfect for Virgo. Buku ini telah menginspirasi jutaan orang di seluruh dunia kalau mereka mampu menghadapi apapun dalam hidup, dan satu-satunya cara untuk bahagia adalah dengan terus bergerak dan tak ragu untuk sesekali mengambil risiko.




    Libra

    Buku tentang bagaimana semua adil dalam cinta dan perang

    For mind: The Secret Barrister by The Secret Barrister

    Sebuah buku yang berani soal hukum dan bagaimana hal itu adalah sesuatu yang rusak–sebuah tema yang sudah menjadi obsesi bagi para Libra! Membahas tentang biaya yang harus dibayar manusia untuk sistem pengadilan pidana. Juga tentang panduan untuk apa yang sebenarnya terjadi dan mengapa itu benar-benar penting. Sangat menarik buat kamu yang "gila" akan keadilan.

    For spirit: The Mermaid and Mrs Hancock by Imogen Hermes Gowar

    Kamu adalah seseorang yang penuh gairah dan cerita tentang putri duyung, bangsawan, keiningan, dan intri di London tahun 1780 akan memenuhi rasa ingin tahu kamu tentang seluk-beluk cinta dan hubungan manusia. Tema yang agak tentang "dunia lain" ini juga dapat memberikan inspirasi bagi kamu yang Air sign. Kamu dapat dengan mudah tenggelam dalam kisah dan karakter buku ini.


    Scorpio

    Buku tentang sesuatu yang aneh

    For mind: The Psychopath Test oleh Jon Ronson

    Scorpio yang misterius akan menemukan dirinya dapat mengeksplor sisi gelapnya dan menemukan kalau hal itu tidak seburuk yang mereka bayangkan. Jon Ronson membawa kamu ke analisis dan ciri-ciri psikopat, dan menjelaskan apa jadinya kalau menjadi seorang psikopat. Menarik buat kamu dan dapat memberikan pandangan baru.

    For spirit: My Absolute Darling oleh Gabriel Tallent

    Okay, buku ini sangat dark dan kamu yang Scorpio bisa mendalaminya lebih dari pembaca yang lain. Di usia 14 tahun, Turtle Alveston mengetahui cara survive. Berburu kelinci, bagaimana menajamkan pisau, hingga menggunakan senapan. Ayahnya sangat mencintainya dan akan melakukan apapun buatnya. Namun, terkadang orang-orang yang paling dipercayalah yang dapat menyakiti. Yup, ada rahasia dan misteri dalam buku ini.


    Sagitarius

    Buku tentang kondisi manusia

    For mind: Sapiens oleh Yuval Noah Harari

    Dibalik sifat kamu yang outgoing dan ceriwis, kamu juga seorang pemikir alias filsuf. Pertanyaan yang ada di buku ini sebenarnya mencari tahu apa yang selama ini menghatui benak kamu. Apa yang membuat manusia brilian? Apa yang membuat manusia mematikan? Apa yang membuat manusia Sapiens? Buku yang mengungkapkan sejarah manusia ini menantang pemikira kamu tentang manusia. Serta, apakah kamu ingin menjadi manusia yang sama.

    For spirit: How To Be A Woman by Cailtin Moran

    Caitlin Moran mencoba menjawab pertanyaan yang berada di benak setiap wanita modern. Apakah pria sebenarnya membenci wanita? Mengapa semua orang bertanya kapan saya menikah? Dan yang tak kalah penting, apa artinya ketika saya adalah seorang perempuan? Cailtin Moran menjawabnya tanpa basa-basi, tapi tetap dapat menghibur dengan humornya yang lucu. Membaca buku ini rasanya seperti sedang ngobrol langsung dengan Caitlin.


    Capricorn

    Buku tentang kekuatan

    For mind: Wolf Hall oleh Hilary Mantel

     Menanjak, berkembang, selalu progresif... Layaknya hiu yang kalau diam akan mati, kamu yang Capricon memang tidak bisa diam dan selalu menemukan hal baru untuk dijajaki. Sama dengan karakter utama dalam buku ini, Thomas Cromwell. Kamu akan jatuh cinta, tapi di satu sisi juga sering membenci Cromwell saat membaca buku ini. Tapi yang jelas kamu bisa mengambil beberapa tips dari Cromwell.

    For spirit: The Road To Character oleh David Brooks

    Kamu yang mudah tertarik dengan kesuksesan dan kekuasaan akan menghargai seseorang dan aksi heroik. Kamu mengambil banyak inspirasi dari cerita soal keberhasilan menghadapi tantangan. Masa-masa sulit dalam hidup lah yang bisa membentuk dirimu. Dan itulah yang jadi pesan dalam buku ini.


    Aquarius

    Buku tentang keluar dari zona nyaman

    For mind: The Circle oleh Dave Eggers

    Buku yang menegangkan ini bercerita tentang Mae Holland yang bekerja di perusahaan digital yang memiliki pengaruh besar. Pengalaman yang awalnya menguntungkan tiba-tiba berubah jadi gelap ketika Mae mengungkap mitos dan ketakutan akan internet dan media sosial dalam hidup manusia. Kamu yang punya sisi kemanusiaan yang tinggi pasti suka dengan kisah distopia ini.

    For spirit: Other Minds: Other Minds: The Octopus and the Evolution of Intelligent Life oleh Peter Godfrey-Smith

    Bagaimana kehidupan berevolusi di planet ini? Well, itu pertanyaan yang menarik buat kau. Buku ini menggambarkan tentap kehidupan, evolusi, dan bagaimana pikiran kita dan spesies lainnya di planet ini telah berkembang begitu pesat. Hmmm, apakah kita bukan spesies yang paling kuat di bumi? Buku ini akan membuat kamu memikirkan hal itu dan memahami apa yang terjadi di sekeliling.


    Pisces

    Buku tentang kehidupan dan kematian

    For mind: Practical Magic oleh Alice Hoffman

    Kamu selalu merasa kalau kamu memiliki kemampuan magis, bukan? Dan kamu seseorang yang spesial. Intuisi, mimpi, visi, dan kemampuan berempati sudah mendarah daging buat kamu. Kisah klasik tentang kakak-beradik Owens ini penuh dengan tragedi, entah itu cinta dan magis, dalam hidup mereka akan membuka gagasan tentang bagaimana kamu dapat menjalani hidup yang lebih mempesona dan selaras dengan sifat sejati kamu.

    For spirit: When Breath Becomes Air oleh Paul Kalanithi

    Memoir yang berani dan menyentuh tentang kehidupan Paul yang berjuang melawan kanker paru-paru metastatik stadium IV. Terdengar menakutkan? Yah, kematian adalah bagian dari kehidupan dan Pisces memahami akan hal itu.
    Kisah nyata ini bisa membuat kamu berhenti dan berpikir.


    (Image: DOK. Dmitrii Kiselev©123RF.com)