Lifestyle

12 Fakta Tentang Deadpool Yang Belum Kamu Tahu

  by: Alexander Kusumapradja       16/5/2018
  • Bagi kalangan awam, nama Deadpool mungkin tidak sepopuler karakter-karakter Marvel lainnya seperti Wolverine, Iron Man, atau Spider-Man. Namun, sejak dibintangi oleh Ryan Reynolds di film live action yang dirilis tahun 2016 lalu, nama Deadpool pun dengan cepat populer dan menjadi salah satu film tentang karakter komik Marvel yang paling ditunggu kelanjutannya. Kini, sebelum menonton sekuelnya yang sudah tayang di bioskop, simak dulu 12 fakta tentang karakter super nyentrik satu ini!





    1. Terinspirasi karakter DC Comics

    Salah satu pencipta Deadpool, Rob Liefeld mengaku bahwa karakter Deadpool terinspirasi dari karakter supervillain musuh Batman dan Teen Titans di DC Comics yang bernama Deathstroke. Keduanya adalah pembunuh bayaran, punya kostum yang mirip, punya senjata yang sama, dan bahkan nama yang mirip. Wade Wilson, nama asli Deadpool adalah plesetan dari Slade Wilson yang merupakan nama asli Deathstroke. Bedanya, dibanding Deadpool, karakter Deathstroke lebih serius dan kejam.



    2. Awalnya adalah penjahat

    Di kemunculan pertamanya di komik The New Mutants tahun 1991, Deadpool digambarkan sebagai seorang penjahat yang berlanjut sampai ke komik X-Force. Namun, karena banyak pembaca yang menyukai karakternya, ia pun berkembang menjadi sosok antihero yang artinya dia bukan penjahat, tapi juga bukan karakter superhero baik-baik seperti pada umumnya. 



    3. Punya komik sendiri sejak 1997

    Popularitasnya di kalangan pembaca komik Marvel membuahkan serial dengan namanya sendiri di tahun 1997. Komik Deadpool bergenre action comedy yang kental dengan parodi pop culture dan berbeda dari komik superhero pada umumnya. Di serial ini juga diperkenalkan karakter pendukung seperti Weasel dan Blind Al yang juga muncul di film Deadpool



    4. Tidak bisa mati

    Karena kemampuan super utamanya adalah kemampuan untuk menyembuhkan diri sendiri secara cepat, maka Deadpool bisa dibilang tidak bisa mati. Tubuhnya kebal terhadap racun dan dia bisa menumbuhkan kembali bagian tubuh yang rusak, termasuk kepalanya.  



    5. Punya otak super pintar

    Di balik tingkahnya yang konyol, Deadpool sebetulnya sangat pintar karena kemampuan regeneratif mutant-nya juga memengaruhi sel-sel otaknya. Tak hanya jago strategi, Deadpool juga diceritakan jago berbagai bahasa dari mulai Jerman, Spanyol, Jepang, hingga bahasa isyarat. 



    6. Mendobrak fourth wall

    Deadpool adalah satu dari sedikit karakter fiksi yang menyadari bahwa dirinya adalah karakter fiksi. Dia tahu dirinya adalah karakter komik dan sering kali berbicara langsung ke arah pembaca atau penonton. Karena itu juga dia selalu up to date dengan hal-hal yang terjadi di dunia nyata. 





    7. Punya banyak nama alias

    Weapon XI, Thom Cruz, Zenpool, Regenerating Degenerate, Johnny Silvini adalah segelintir nama alias yang dimiliki Deadpool. Tapi, yang paling terkenal adalah julukan Merc With a Mouth (“Pembunuh Bayaran Jago Omong”) karena dia tidak pernah diam dan selalu punya komentar untuk meledek karakter lain sampai pembacanya sendiri. Dia bahkan pernah mengalahkan Galactus, salah satu karakter paling kuat di dunia Marvel hanya dengan modal bicara tanpa henti.



    8. Deadpool dan Ryan Reynolds sama-sama orang Kanada

    Wade Wilson digambarkan sebagai orang Kanada, demikian juga pemerannya, Ryan Reynolds. Mungkin itu salah satu alasan kenapa Ryan begitu pas memerankannya! Uniknya, jauh sebelum diangkat sebagai film, di komik Cable & Deadpool tahun 2004, Deadpool mendeskripsikan penampilan fisiknya sebagai “perpaduan antara Ryan Reynolds dengan anjing Shar-Pei”. 



    9. Ada banyak Deadpool

    Bagi penggemar komik Marvel, pasti tahu kalau Marvel punya banyak dimensi alternatif dengan beragam versi karakter yang berbeda-beda. Tak terkecuali Deadpool. Selain Deadpool yang asli, dia juga punya banyak versi alternatif seperti Lady Deadpool (Deadpool berjenis kelamin perempuan), Headpool (sosok Deadpool dari serial Marvel Zombies yang hanya berupa kepalanya saja), Kidpool (Deadpool anak kecil), hingga seekor anjing bernama Dogpool. 



    10. Sayang anak dan binatang

    Kerap digambarkan sebagai karakter yang tidak ragu membunuh musuhnya dengan cara yang bikin ngilu, Deadpool ternyata punya sisi humanis kalau sudah menyangkut soal anak kecil dan binatang. 



    11. Terobsesi pada Captain America dan Spider-Man

    Di komik digambarkan waktu kecil Wade mengidolakan sosok Captain America dan sebagai Deadpool, Captain America adalah satu-satunya sosok yang dihormati olehnya. Deadpool pun diceritakan terobsesi ingin menjadikan Spider-Man sebagai sahabatnya, yang justru membuat Spidey merasa risih. Pairing Deadpool dan Spider-Man membuat banyak penggemar menjuluki mereka sebagai “Spideypool”. Cosmo jadi membayangkan serunya kalau Deadpool bisa bergabung di Marvel Cinematic Universe. 



    12. Menghabisi seluruh Marvel Universe

    Di serial komik Deadpool Kills The Marvel Universe yang dirilis tahun 2012, diceritakan sebuah eksperimen membuat Deadpool menjadi (tambah) gila dan membunuh semua karakter di dunia Marvel tanpa memandang apakah mereka penjahat atau pahlawan. Selain karakter Marvel, ia juga pernah digambarkan membunuh karakter fiksi populer lainnya seperti Three Musketeers dan Moby Dick. 


    (Image: Dok. Outnow.ch)