Better You

10 Ide Menu Sehat Buka Puasa, And.. Bye Gorengan!

  by: Nungki Dwiandara       17/5/2018
  • Cosmo paham, sulit bagi kamu untuk menahan godaan aneka gorengan selama bulan puasa. Namun, perlu diingat bahwa gorengan merupakan makanan yang tidak baik apalagi bila dikonsumsi saat berbuka puasa. Kandungan lemak dan minyak yang jahat dapat berpengaruh langsung bagi kesehatan tenggorokan, memicu kolesterol, membuat tubuh mudah terserang flu hingga mengganggu metabolisme tubuh.

    Nah, saatnya ganti dengan kebiasaan mengkonsumsi gorengan dengan aneka makanan sehat yang tentunya tak kalah nikmat. Yuk simak rangkuman Cosmo tentang 10 ide sehat menu untuk berbuka puasa yang bisa dicoba:




    1. Sup Asparagus

    Asparagus Soup photo by Pexels.com

    Sup juga ternyata bisa menjadi salah satu alternatif hidangan sehat untuk berbuka puasa. Selain nikmat, kandungan nutrisi dalam satu mangkuk sup ternyata bisa mengembalikan energi kamu yang terkuras setelah seharian berpuasa. 

    Nah, salah satu sup yang patut kamu coba untuk hidangan berbuka puasa adalah sup asparagus. Kandungan serat yang tinggi dalam asparagus ternyata mampu menjaga kesehatan pencernaan, serta vitamin B yang bisa menjadi energi baru untuk tubuh.


    2. Smoothies Bowl

    Smoothies Bowl photo by Freepik.com


    Setelah seharian berpuasa, saatnya kembalikan kesegaran tubuh dengan smoothies bowl. Terbuat dari aneka sayuran dan buah-buahan yang disajikan dalam mangkuk yang diberi oatmeals, taburan granola, biji-bijian serta potongan buah-buahan ini mampu membangkitkan energi, terutama bila disajikan dalam keadaan dingin. 


    3. Kurma

    Dates palm photo by Pexels.com


    Tak lengkap rasanya bila momen berbuka puasa tidak ditemani dengan buah kurma. Ya, memang buah manis nan lengit ini menjadi ikon yang paling dicari saat Bulan Ramadhan. Selain rasanya yang nikmat, ternyata buah kurma memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, lho. Seperti menangkal racun berkat kandungan vitokimia serta zat antioksidan, mencegah kanker, serta menyimpan kandungan energi yang membuat tubuh kamu kembali lebih segar setelah mengonsumsinya.


    4. Apple Pie


    Apple pie photo by Pexels.com


    Merasakan sensasi kesegaran dari rasa asam dan manisnya buah apel di tambah gurih dan crunchy dari puff pastry yang tentunya menjadi hidangan pembuka yang menggugah saat berbuka puasa. Untuk menambah kelezatanya, Anda bisa tambahkan whipped cream atau vanilla ice cream. Ugh.. super yummy!


    5. Kolak Pisang

    Sama halnya dengan buah kurma, kolak pisang pun menjadi salah satu hidangan favorit saat berbuka puasa. Tak hanya nikmat, hidangan khas Indonesia ini pun ternyata memiliki banyak manfaat, antara lain memiliki nutrisi seperti kalsium, lemak, mineral, karbohidrat, protein, dan kalium.

    Kandungan kaliumnya pun ternyata bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi, sehingga cocok sekali bila dikonsumsi oleh penderita hipertensi.


    6. Vietnamese Spring Roll



    Vietnamese Spring Roll photo by Pexels.com

    Camilan sehat yang menggugah untuk santapan saat berbuka puasa? Kamu bisa coba Vietnamese Spring Roll. Camilan khas Vietnam yang satu ini memiliki cita rasa yang segar karena terdiri dari beragam sayuran dengan saus asam manis yang menggugah selera. Eits, kamu juga bisa lho sisipkan udang ataupun daging ayam yang telah di tumis ke dalam isiannya sebagai tambahan protein untuk tubuh kamu. Cosmo yakin kenikmatan hidangan yang satu ini akan membuat kamu ketagihan.


    7. Burrito

    Burrito photo by Pexels.com


    Bagi kamu yang sering menghabiskan waktu buka puasa di jalan, tak ada salahnya bila menyantap hidangan khas Mexico yang satu ini sebagai penganjal perut saat berbuka puasa. Terdiri dari nasi, irisan daging, aneka sayuran seperti letus, tomat, jagung, kacang-kacangan, lalu dibalut dengan tortila gandum ini ternyata bisa menjadi sumber energi baru untuk kamu. 


    8. Salad

    Salad photo by Pexels.com

    Siapa yang tidak suka dengan makanan sehat yang satu ini. Salad memang bisa kamu jadikan sebagai salah satu alternatif makanan pembuka saat berbuka puasa. Baik salad sayur maupun buah, keduanya sama-sama mengandung kaya serat, rendah kalori namun tetap mengenyangkan perut setelah seharian berpuasa. 

    Agar lebih nikmat dan menggugah selera, kini banyak sekali pilihan dressing yang bisa kamu gunakan sebagai pelengkap. Namun, Anda harus lebih selektif dalam memilih dressing, salah pilih justru bisa malah menyumbang lemak jahat untuk tubuh Anda. 

    Saran Cosmo, dressing yang berasal dari olive oil atau minyak zaitun bisa menjadi pilihan yang tepat. Meskipun minyak zaitun memiliki kadar kalori dan lemak paling tinggi dibanding dressing lainnya, namun lemak tak jenuhnnya sangat baik untuk pencernaan kamu. 


    9. Aglio Olio Spinach Pasta


    Aglio Olio Spinach Pasta photo by Freepik.com


    Menyantap pasta untuk berbuka puasa, sepertinya ide yang bagus! Aglio e Olio Spinach Pasta bisa menjadi pilihan pasta sehat Anda kali ini. Tak perlu membutuhkan bahan yang sulit ditemukan, cukup dengan bawang putih, bayam, daun parsley, bubuk cabai, keju parmesan dan olive oil sebagai dressing. Gunakan juga pasta dari whole grain dengan kandungan serat yang melimpah yang akan membuat Anda kenyang lebih lama. 


    10. Sup Kacang Merah


    Red bean soup photo by Freepik.com


    Semangkuk sup kacang merah untuk hidangan berbuka puasa sepertinya bisa menjadi sumber energi baru sekaligus nutrisi untuk kamu. Belum lagi dengan kuah yang dibuat dari saus tomat yang kental dan menyegarkan, ugh.. Cosmo ini akan menambah selera makan kamu. 

    Tak hanya nikmat, kacang merah yang menjadi bahan utama ternyata memiliki tinggi akan serat dan karbohidrat, jadi sangat baik untuk kamu yang telah seharian berpuasa. Tak hanya itu, kacang merah juga mengandung banyak vitamin A, vitamin C, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, dan asam folat yang sangat baik untuk tubuh. 

    Selain, asupan nutrisi dari makanan yang sehat, rutin berolahraga hingga mengonsumsi suplement untuk kesehatan tubuh juga perlu lho dear selama bulan puasa. 

    Nah, agar tetap menjaga kesehatan tubuh kamu selama bulan puasa, Cosmo mengajak kamu untuk sharing seputar kesehatan tubuh, hingga mempersiapkan nutrisi selama Bulan Ramadhan dalam Healthy Forum bersama Chef Brian (Chef), Kadek Arini (Travel Blogger), dr. Diana F. Suganda, M.Kes, SpGK (Nutritionist), Jansen Ongko (Fitness Trainer), dan dr. Sandy (Doctor).  Segera kunjungi https://www.cosmopolitan.co.id/healthylifestyle/forum. Yuk give a star and comment pada produk-produk Combiphar rekemondasi di bulan ini dan dapatkan voucher belanja MAP senilai Rp. 200.000 untuk 5 orang beruntung. Klik di sini!(. (Nungki DA/ SW/ Image. Dok. Freepik.com & Pexels.com)