Celebrity

A to Z soal Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle

  by: Hana A. Devarianti       18/5/2018
  • Pernikahan Pangeran Harry dan aktris asal Amerika, Meghan Markle, tinggal menghitung hari. Apa saja yang perlu kamu tahu soal royal wedding paling hot tahun ini? Berikut adalah a to z tentang pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle!


    The Date



    Pada 15 Desember lalu, Kensington Palace mengumumkan kalau Meghan dan Harry akan melangsungkan upacara pernikahan pada hari Sabtu, 19 Mei 2018.



    Pemilihan bulan Mei untuk mengadakan upacara pernikahan sebenarnya sudah diantisipasi. Beberapa anggota keluarga kerajaan Inggris lainnya juga memilih bulan ini untuk mengucap janji sehidup semati. Diantaranya adalah Putri Margaret dengan Antony Charles Robert Armstrong-Jones pada 6 Mei 1960 dan Petter Phillips (anak dari Putri Anne, anak kedua dari Ratu Elizabeth II) dengan Autumn Kelly pada 17 Mei 2008.


    The Time

    Pada 12 Februari 2018, Kensington Palace mengumumkan kalau upacara pernikahan Meghan dan Harry akan dimulai pukul 12 siang waktu London atau pukul 6 sore WIB. Kemudian, disusul dengan prosesi parade mengelilingi kota satu jam setelahnya. Pasangan mempelai juga akan merayakan pesta resepsi di St. George's Hall, dilansir dari Kensington Palace.


    The Cost
    Menurut pernyataan resmi, keluarga kerjaan yang akan membiayai pernikahan Meghan dan Harry.

    Sebagai perbandingan, pada pernikahan Kate Middleton dengan Pangeran William di tahun 2011 lalu dibutuhkan biaya sebesar 34 juta USD. Dengan 32 juta USD hanya untuk keamanan saja.

    Baca juga: Ini Biaya Fantastis Pernikahan Prince Harry dan Meghan


    The Location

    Menurut Kensington Palace, Meghan dan Harry akan saling berkata "I do" di St. George's Chapel di Windsor Castle–kastil yang juga jadi tempat Harry dibaptis saat dia berusia tiga bulan pada tahun 1984. Dilansir dari The Guardian, kapel tersebut mampu menampung sekitar 800 tamu. Terhitung kecil jika dibandingkan dengan venue pernikahan Kate Middleton dan Pangeran William di Westminster Abbey.



    Pada 12 Februari 2018, istana Inggris juga mengumumkan kalau sang ayah, Pangeran Charles, akan mengadakan private evening reception untuk Meghan dan Harry, teman-teman dekat mereka, serta anggota keluarga.


    The Ceremony

    Kensington Palace mengumumkan kalau Archbishop of Canterburry akan memimpin jalannya upacara pernikahan, dengan The Dean of Windsor yang melakukan pembaktian pernikahan.

    Dua minggu sebelum upacara pernikahan, sekretaris pers dari Pangeran Harry memberikan informasi detail tentang pernikahan ini. Mulai dari informasi bahwa Pangeran Harry mengundang tiga saudara mendiang Putri Diana. Kemudian, informasi kalau para warga dunia yang ingin menonton langsung upacara pernikahan memiliki akses kereta ke kota Windsor yang jaraknya sekitar dua jam dari London. Serta tentang sang ibu Meghan, Doria Ragland, yang akan pergi ke Windsor menggunakan mobil bersama Meghan.

    Sang ayah, Thomas Markle Sr., sebelumnya telah mengatakan akan datang ke pernikahan dan mengantarkan Meghan ke altar. Namun, pada 14 Mei lalu, dilansir dari TMZ, sang ayah mengatakan kalau dia tak akan datang ke pesta pernikahan. Beberapa hari sebelumnya muncul kabar kalau sang ayah telah merancang dan menjual foto dirinya sedang membaca buku tentang Great Britain. Markle Sr. mengatakan pada TMZ kalau dia baru saja mengalami serangan jantung enam hari sebelumnya.

    Kensington Palace merenspons hal ini dengan memberikan pernyataan yang mengonfirmasi kalau sang ayah, Markle Sr., tidak akan hadir di pernikahan Meghan dan Harry.

    Sehari setelahnya, Markle Sr., memberi tahu TMZ kalau dia berubah pikiran dan akan datang ke pesta pernikahan. Akan tetapi, di hari yang sama dia juga mengatakan kalau dia harus menjalani operasi jantung pada 16 Mei dan tidak dapat menghadiri upacara pernikahan. Markle Sr. mengatakan kondisi kesehatannya yang menurun ini diakibatkan karena kakak tiri dari Meghan, Thomas Markle Jr., sempat mengirimkan surat terbuka kepada Pangeran Harry untuk membatalkan pernikahan.

    Pada 17 Mei 2018, Meghan mengeluarkan pernyataan resmi kalau ayahnya tidak dapat datang ke upacara pernikahan. Meski begitu, dia dan Harry tetap menantikan dapat berbagi momen bahagia mereka kepada publik di 19 Mei.



    Fiufh, what a royal drama!


    The Carriage Ride

    Dalam pernikahan keluarga kerajaan Inggris, kereta kuda memiliki peran penting. Ini yang akan jadi kendaraan bagi mempelai setelah prosesi upacara pernikahan.

    Nah, pada 2 Mei lalu Kensington Palace mengatakan kalau Meghan dan Harry telah memilih kereta kuda Ascot Landau, yang merupakan satu dan lima Royal Mews yang digunakan untuk acara resmi kerajaan, termasuk pula upacara pernikahan. 

    Ascor Landau adalah kereta kuda dengan atap terbuka. Maka dari itu, istana telah menyiapkan kereta kuda backup yaitu Scottish State Coach yang akan digunakan kalau hujan turun di hari-H pernikahan.


    The Cake

    Kensington Palace telah mengumumkan kalau Meghan dan Harry telah memilih chef Claire Ptak dari Violet Cakes di London untuk membuat wedding cake mereka, yang dikabarkan adalah lemon elderflower cake. Kue ini sangat cocok untuk upacara pernikahan yang diadakan di musim semi.


    The Flowers

    Philippa Craddock, seorang florist di London, dipilih oleh Meghan dan Harry untuk bertanggung jawab untuk dekorasi bunga di upacara pernikahan. Sejauh ini belum ada pernyataan resmi bunga apa saja yang akan digunakan, tetapi bunga yang mekar secara alami di bulan Mei salah satunya adalah bunga kesukaan Meghan, yaitu bunga peony.

    Sesuai tradisi, Meghan sepertinya akan menggunakan bunga myrtle untuk rangkaian bunganya.

    Baca juga: 20 Tradisi Ketat Pernikahan Keluarga Kerajaan Inggris




    The Photographer

    Meghan dan Harry mengumumkan lewat Kensington Palace pada 13 April kalau Alexi Lubomirski akan menjadi fotografer resmi untuk upacara pernikahan. Alexi juga jadi fotografer untuk foto pertunangan mereka yang sangat cute itu.




    The Music

    Menurut pernyataan dari Kensington Palace, kedua mempelai sangat memperhatikan pilihan musik di pernikahan mereka. Selain menampilkan himne terkenal dari karya paduan suara di bawah James Vivian, Direktur Musik di St. George's Chapel, Elton juga dikabarkan akan memberikan persembahan musik buat kedua mempelai. Hanya saja belum ada pernyataan resmi apakah Elton akan tampil di upacara pernikahan atau saat resepsi.



    Sedangkan, bagaimana dengan rumor kalau Spice Girls bakal reuni untuk tampil di acara pernikahan Meghan dan Harry? Keep your hopes high, ladies! Masih ada kemungkinan kalau mereka bisa tampil di acara resepsi.


    The Food

    Dilansir dari PEOPLE, Meghan dan Harry telah mencoba dan approved menu makanan untuk resepsi pernikahan yang disiapkan oleh Windsor Castle. Para tamu undangan akan disajikan berbagai makanan klasik yang bahan makanannya berasal dari perkebunan kerajaan.


    Meghan's Baptism

    Salah satu tradisi yang harus diikuti oleh Meghan, adalah dia harus dibaptis dan menganut agama sesuai dengan Church of England. Pembaptisan ini dilakukan sebelum upacara pernikahan. Hal ini sesuai dengan The Act 1701 Act of Settlement yang mewajibkan keluarga kerajaan Inggris untuk menjaga warisan agama Protestan.

    Kate Middleton juga mengalami hal yang sama saat akan menikah dengan Pangeran William di tahun 2011 lalu.


    The Invitation

    Undangan pernikahan telah disebarkan sejak 22 Maret lalu. Undangan dibuat di workshop Barnard and Westwood di Inggris.



    The Wedding Party

    Pada 26 April lalu, Kensington Palace mengatakan kalau Harry telah meminta sang kakak, Pangeran William untuk menjadi best man. Pangeran William juga dulu memilih Harry sebagai best man-nya. Sedangkan, Meghan memutuskan untuk tidak memiliki maid of honor.



    16 Mei lalu, Meghan dan Harry telah mengumumkan daftar bridesmaid dan page boys. Sesuai dengan aturan kerajaan, bridesmaid dan page boys harus anak-anak. Anak dari Pangeran William dan Kate Middleton, Pangeran Geogre dan Putri Charlotte, masuk dalam daftar tersebut.


    The Guest LIst

    Belum ada pernyataan resmi tentang siapa saja yang diundang ke pernikahan Meghan dan Harry. Namun, beberapa A-lister yang dirumorkan bakal hadir adalah David dan Victroria Beckham, Priyanka Chopra, Rihanna, dan tentu saja Elton John.

    Berbeda dengan pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton, Meghan dan Harry tidak mengundang para pemimpin dunia. Termasuk pula Perdana Menteri Inggris Theresa May dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.


    The Dress

    Layaknya pernikahan keluarga kerjaan Inggris, gaun mempelai wanita akan menjadi misteri hingga di hari pernikahaan. Kabar terakhir, Meghan memilih gaun karya Ralph & Russo. Namun, kita tunggu saja ya di tanggal 19 nanti!

    Baca juga: Siapakah Perancang Gaun Pernikahan Meghan Markle?


    The Wedding Will Be on TV

    Kamu tidak bisa ke Inggris untuk menyaksikan upacara pernikahan ini? No worries, upacara pernikahan ini akan ditayangkan di TV kok. Tak cuma stasiun internasional saja yang akan menayangkannya, stasiun nasional juga lho. Yes to that!


    (Image: DOK. Instagram.com)