Career

7 Tips Tetap Fokus Di Kantor Selama Bulan Puasa

  by: Alexander Kusumapradja       18/5/2018
  • Saat menjalankan ibadah puasa, pola hidup kita pun akan berubah. Bangun lebih awal untuk sahur, serta menahan lapar dan haus akan membuat energi kita menurun lebih cepat dibanding hari biasa, terutama saat bekerja di kantor. Mudah hilang fokus saat puasa adalah hal yang memang bisa dibilang alami, namun bukan berarti kamu hanya bisa pasrah. Ada beberapa kiat yang bisa kamu lakukan untuk tetap fokus dan produktif bekerja sembari menjalankan puasa, seperti yang telah Cosmo rangkum di bawah ini.


    1. Buat jadwal harian



    Tantangan terbesar bekerja di bulan puasa adalah menjaga pikiran tetap fokus dengan energi yang terbatas. Untuk membantu kamu tetap fokus dan tidak lupa mengerjakan apa yang harus dikerjakan, sebaiknya kamu merencanakan jadwal dan membuat to do list dari hari sebelumnya, jadi kamu tahu apa prioritas yang harus dikerjakan lebih dahulu dan mana yang bisa dikerjakan belakangan.

    2. Pusatkan tenaga dan pikiran di pagi hari

    Kerjakan pekerjaan yang menguras energi dan pikiran di pagi hari, saat pikiran dan tubuh kamu masih segar setelah sahur. Setelah sahur dan salat Subuh, kamu mungkin tidak ingin kembali tidur, kamu bisa manfaatkan waktu ini untuk mengecek email dan pekerjaan tanpa distraksi. 

    3. Ganti meeting dengan telepon atau video call 

    Keluar kantor dan terjebak macet selain menghabiskan energi juga bisa membuat kamu uring-uringan. Kalau memungkinkan, dibanding meeting langsung, kenapa tidak mengatur komunikasi lewat telepon atau video call saja? Seringkali, meeting lewat telepon atau video pun sama atau bahkan lebih efektif dibanding meeting secara tatap muka langsung, dan tentu saja lebih hemat energi dan waktu. Dibanding terjebak macet saat keluar dan kembali kantor, waktu yang ada bisa kamu manfaatkan untuk menyelesaikan pekerjaan yang lain. 

    4. Tidur siang

    Tantangan puasa yang paling sulit lainnya adalah menahan kantuk di siang hari dan menjelang sore, karena energi kamu memang menurun dan tubuh memberi kode untuk menyimpan energi dengan cara istirahat. Kalau ada kesempatan, kenapa tidak memejamkan mata sejenak setelah menjalankan salat Zuhur atau Ashar. 

    5. Cara lain untuk menyegarkan diri

    Tidak memungkinkan tidur siang? Siasat lainnya adalah mengistirahatkan mata sejenak dari layar monitor, pejamkan mata sebentar, melihat obyek berwarna hijau untuk menyegarkan mata, atau melakukan yoga singkat! Cara lain yang paling mudah adalah cuci muka atau menyemprotkan parfum kesayangan sebagai mood booster.

    6. Jauhkan makanan dari pandangan dan pikiran



    Sembunyikan dulu makanan dari sekitar meja kerja kamu. Cosmo yakin kamu memang tidak akan begitu saja batal gara-gara tidak bisa menahan ngemil, tapi untuk amannya singkirkan dulu makanan dari pandangan kamu agar tidak menjadi distraksi saat bekerja. Tentunya hindari juga obrolan soal makanan, kecuali saat mendekati waktu berbuka. 

    7. Jangan terobsesi menunggu waktu berbuka

    Semakin dipikirkan berapa lama waktu tersisa menjelang buka puasa, justru akan membuat waktu puasa terasa semakin lama dan kamu jadi semakin sulit fokus. Usahakan sibukkan diri dengan menyelesaikan pekerjaan dan kurangi membuka media sosial yang bisa membuat kamu hilang fokus dan malas menyelesaikan pekerjaan.   


    Baca juga:

    Rahasia Agar Makeup Tahan Lama Saat Menjelang Puasa

    Wajah Fresh Saat Puasa Dengan Skincare Pilihan Cosmo!

    7 Cara Lawan Rasa Lapar di Bulan Puasa


    (Image: Aleksandr Davydov©123RF.com)