Beauty

7 Cara Aman Menghilangkan Bulu Halus di Atas Bibir

  by: Ainjia Phioltia Paat       22/5/2018
  • Pemahaman bahwa wanita "sebaiknya" tak memiliki bulu di tubuh dan wajah sudah gak jaman, deh. Tak ada salahnya memiliki bulu di tubuh atau wajah, apalagi di bagian atas bibir. Tenang, hal tersebut lumrah dan tak mengurangi manis senyum kamu, kok.

    Namun, bila bulu halus di atas bibir jadi masalah dan buat kamu tak pede, berikut 7 pilihan cara aman dari Cosmo untuk mengenyahkan bulu halus, beserta pro dan kontranya! Pilih yang bijak ya…




    1. Hair Removal Cream


    Cukup dioleskan, tunggu beberapa menit, dan angkat dengan handuk basah atau sponge

    Pro: Instan, sama sekali tak sakit, irit waktu karena bisa dilakukan sendiri di rumah, dan bersih mengangkat semua bulu yang ada.

    Kontra: Bulu yang tumbuh setelahnya jadi lebih tebal dan gelap, jadi kamu harus menggunakannya hampir tiap 2-3 hari sekali. Hal ini jadi masalah bila kulit kamu termasuk yang sensitif, karena akan buat kulit jadi kemerahan. Pastikan kamu memiliki satu tube aloe vera gel untuk dikenakan bila terjadi iritasi ringan.

    Nair Hair Remover Moisturizing Face Cream, Rp145.000,- @ Shoppee


    2. Alat Shaving


    Kenakan sabun atau shaving cream sebelum menggunakan shaver di atas bibir kamu. Gerakkan shaver dari atas ke bawah, sesuai tumbuh bulu untuk meminimalisir ingrown hair.

    Pro: Sempurna untuk kamu yang dikejar waktu. Painless, dan tak meninggalkan bekas.

    Kontra: Sayangnya, bulu jadi lebih cepat tumbuh dan jadi lebih kasar. (Oh no!


    3. Threading


    Proses dijalankan oleh seorang terapis. Benang-benang dikaitkan ke bulu untuk mencabutnya dari akar. Treatment berlangsung 10 menit hingga lebih lama lagi.

    Pro: Tahan lama, hingga 1 bulan, karena bulu diangkat dari akarnya. 

    Kontra: Well, kalau kamu pernah eyebrow thread, tentu tahu rasanya… Agak pedih! Prosesnya sedikit tak nyaman. Selain itu, setelahnya atas bibir akan berubah kemerahan, jadi pastikan pilihan threading salon kamu tak jauh dari rumah ya, hehe. Dan minta terapis untuk mengoleskan aloe vera gel agar kemerahan cepat mereda. 

    ps: Untuk menghindari ingrown hair, eksfoliasi kulit seperti biasa setelah 48 jam.

    Coba di: Browhaus & Strip Grand Indonesia, Plaza Indonesia, Senayan City, Plaza Senayan, Pondok Indah Mall 2


    4. Bleaching

    Atas bibir dioleskan bleaching cream, tunggu beberapa saat dan bilas. Bleaching mengangkat pigmen dari bulu atau rambut hingga warnanya jadi pucat. Hal ini akan menyamarkan bulu di atas bibir jadi tak terlihat. Smart, ya...

    Pro: Tak perlu mencukur bulu, jadi tak ada kemungkinan bulu di atas bibir jadi lebih lebat, atau timbul ingrown hair. NAMUN, setelah rutin membleach upper lip, besar kemungkinan kulit jadi lebih sensitif akan hiperpigmentasi! Pasalnya, bahan-bahan kimiawi yang ada pada produk hair bleaching cukup keras dan bisa mengiritasi kulit hingga terjadi PIH atau Post Inflammatory Hyperpigmentation. Hmm, agak menakutkan…


    5. Epilator




    Produk ini seperti mesin cukur namun pisau diganti dengan alat pengangkat bulu besi berbentuk rol. Pastikan kamu lebih nyaman memakai epilator yang didesain untuk area basah atau yang kering. Eksfoliasi dulu area yang membutuhkan. Aplikasikan epilator di atas kulit, jangan ditekan.

    Pro: Karena didesain khusus untuk mengangkat bulu terhalus sekali pun, maka epilator adalah pilihan bagus bila ingin hasil lebih optimal. Selain itu, bisa digunakan sendiri di rumah. Selain itu praktis untuk dibawa kemana saja! 

    Kontra: Perlu kesabaran lebih, karena prosesnya pelan bila ingin semua bulu terangkat sempurna. Menimbulkan sedikit rasa sakit, walau tak seperih threading. Kulit kemungkinan akan memerah sejenak setelah proses epilasi. Tahan lama hingga 1 bulan, sama seperti threading. Walau agak pricey, karena harga epilator dari sekitar Rp800.000,- hingga Rp3.000.000,-, namun bisa jadi investasi, karena bisa juga kamu gunakan sebagai pengangkat bulu ketiak, kaki dan bikini!

    Coba: Braun Epilator Silk Epil 7, Rp2.800.000,-.


    6. Waxing

    Sama seperti underarms atau kaki, waxing biasa dilakukan di salon khusus. Terdapat dua pilihan wax, hard atau soft. Hard wax berbentuk kental seperti gel, biasa memiliki wangi rasa cokelat atau stroberi.


    Sedang soft wax biasanya lebih bening dan cair, terbuat dari gula dan membutuhkan kain kasa untuk mengangkat bulu.


    Pro: Aman bila dilakukan oleh para profesional di wax salon. Cosmo tak sarankan untuk mencoba treatment ini di rumah seorang diri. Selain itu, sama seperti threading dan epilator, waxing juga tahan hingga 1 bulan.

    Kontra: Seperti waxing pada daerah tubuh yang lain, ada kemungkinan ingrown hair yang tumbuh dan rasa sakit. Penggunaan hardwax akan buat rasa sakit jadi minimal, hampir tak terasa, sedang soft wax lebih murah, namun lebih menyakitkan.

    Coba di:

    Sucre Beauty Salon Jl. Cisanggiri I No.2, RT.10/RW.4, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12170, (0812 8914 5829)

    Browhaus & Strip Grand Indonesia, Plaza Indonesia, Senayan City, Plaza Senayan, Pondok Indah Mall 2


    7. Laser dan IPL (Intense Pulsed Light)


    Laser dan IPL agak berbeda, namun keduanya merupakan treatment pengangkat bulu yang lebih advance dan tahan lama. IPL tak menggunakan sinar laser, namun sinar broad spectrum dengan intensitas tinggi yang mengeluarkan sinar pada lebih dari satu wavelength. Laser lebih fokus hanya pada satu panjang gelombang saja untuk memaksimalkan penyerapan folikel bulu, so untuk kamu yang sibuk dan tak punya banyak waktu untuk bolak-balik ke klinik kecantikan, pilihan treatment laser lebih cocok karena laser lebih membutuhkan lebih sedikit waktu dibanding IPL karena lebih concentrated. IPL mencakup area bulu yang lebih luas dan biasanya lebih murah dibanding laser. IPL lebih efektif untuk kamu yang memiliki rambut gelap, karena rambut gelap dan tebal menyerap cahaya lebih baik. 

    Pro: Semi permanent bila dilaksanakan secara rutin yaitu 3 hingga 6 bulan. Tak perlu menghitung jadwal treatment karena IPL atau laser tak bergantung pada lebatnya bulu. Amat detail, hanya fokus pada bulu, tak menyentuh kulit. Treatment cepat, hanya beberapa menit saja. 

    Kontra: Prosesnya agak menggigit di kulit dan tak nyaman, namun masih bearable. Lebih sakit penggunaan epilator. Agak mahal walau IPL masih lebih terjangkau.

    Coba di:

    De-Hair Gandaria City, Jl. Sultan Iskandar Muda No.247C, RT.10/RW.6, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12240 (021 29236446)

    Tokyo Belle Jl. Panglima Polim Raya No.86, RT.2/RW.5, Pulo, Kby. Baru, DKI Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12160 (021 29043866)


    Image: racornC123RF.com, Serghei StarusC123RF.com, Robert PrzybyszC123RF.com, Wavebreak Media LtdC123RF.com, StockedHouseStudioC123RF.com, Anastasia NelenC123RF.com

    tags: hair removal