Better You

Hindari Kebiasaan Belanja Impulsif dengan 4 Trik Ini

  by: Kezia Calesta       21/5/2018
  • Apakah kamu seringkali berbelanja secara impulsif tanpa banyak berpikir? Kebiasaan tersebut tidak baik untuk masa depan kamu! Ini 4 trik dari Cosmo yang dapat membantu kamu mengatasi impulsive shopping.






    1. Bayangkan uang cash di tangan kamu.

    Ini trik cepat yang dapat membantu kamu mengambil keputusan di saat kamu bimbang. Bayangkan barang yang ingin kamu beli di tangan kiri, dan nilai tunai barang tersebut dalam bentuk cash di tangan kanan. Jika kamu hanya boleh memilih satu, yang mana yang akan kamu pilih - cash or item? Bila kamu memilih barang tersebut ketimbang uang cash yang dipegang, belilah barang tersebut. Namun jika kamu berpikir bahwa uang tersebut lebih berharga, ikuti instingmu karena itu berarti kamu tidak benar-benar memerlukan barang tersebut.


    2. Aturlah budget untuk diri sendiri.

    Banyak orang tidak sadar bahwa mereka mengeluarkan terlalu banyak uang untuk berbelanja. So, buatlah budget dan ketahui apa saja prioritas kamu. Jadikan money management sebuah kebiasaan dengan trik ini: praktikkan sistem amplop di mana kamu mengisi beberapa amplop dengan uang tunai. Uang di dalam setiap amplop tersebut memiliki kegunaan yang berbeda-beda, seperti untuk jalan-jalan atau makan di restoran. Saat uang di dalam satu amplop habis, kamu harus menunggu sampai gajian untuk mengisinya lagi. Dengan begitu, kamu akan semakin sadar akan pengeluaran dan belajar untuk menyesuaikan dengan budget.






    3. Ciptakan sebuah 30-day list.

    Buat peraturan baru untuk diri sendiri! Kamu tidak boleh membeli apapun (kecuali kebutuhan bulanan) sebelum 30 hari. Ciptakan sebuah daftar berupa kalender bulanan, dan saat kamu ingin membeli sesuatu, catatlah nama barang di tanggal hari tersebut. Seringkali, setelah waktu berlalu, kamu akan sadar bahwa kamu tidak benar-benar butuh atau menginginkan barang-barang yang tercatat!


    4. Jangan shopping saat sedang merasa emosional.

    Saat sedang merasa sedih, marah, atau sangat bahagia, kemungkinan untuk shopping secara impulsif menjadi semakin besar. Jangan jadikan emosi kamu sebuah alasan untuk berbelanja secara royal! Bila kamu sering melampiaskan amarah atau kesedihan dengan cara berbelanja untuk membuat diri merasa semakin bahagia, kebiasaan tersebut dapat membuat kantung bolong. Ingat, latihlah pikiran untuk menghindari sikap impulsif saat sedang emosional. Cari metode lain untuk menangani emosi, seperti meditasi, mencari udara segar, atau meluangkan 10 menit untuk membuat tehh hangat dan menenangkan diri.


    (Kezia Calesta / Image: doc. outnow.ch)