Lifestyle

10 Fakta Seru Tentang Superhero Muslim Ms. Marvel

  by: Alexander Kusumapradja       25/5/2018
  • Sejak pertama kali muncul dalam komik Ms. Marvel yang debut pada Februari 2014 lalu, karakter Ms. Marvel telah mendapat apresiasi positif dari para pecinta komik, khususnya dari para perempuan dan kaum minoritas. Kenapa? Well, Ms. Marvel yang bernama asli Kamala Khan memang bukan seperti superhero pada umumnya. Ia adalah gadis remaja berusia 16 tahun keturunan imigran Pakistan yang menganut agama Islam dan tinggal di New Jersey, Amerika Serikat. 

    Awalnya, ia digambarkan sebagai gadis remaja biasa yang menggemari komik dan para pahlawan super di dunia Marvel, terutama Carol Danvers yang waktu itu lebih dulu dikenal sebagai Ms. Marvel sebelum kemudian mengusung nama Captain Marvel sampai sekarang. Ketika kekuatan super dalam dirinya bangkit, Kamala pun terjun melawan kejahatan dengan menggunakan nama alias idolanya tersebut sekaligus menjadi karakter muslim pertama yang menjadi tokoh utama di komik Marvel. So much win for diversity and minority representation!

    Tak hanya menceritakan sepak-terjangnya melawan para penjahat, komik ini juga merupakan coming of age story tentang bagaimana Kamala menjalani kehidupannya sebagai remaja dan identitasnya yang kompleks. Sebagai superhero, ia harus belajar menguasai kekuatan super dan menjaga identitas aslinya. Sementara sebagai Kamala, ia berhadapan dengan stereotipe dan prasangka akibat warna kulit dan agamanya sekaligus memenuhi ekspektasi keluarganya yang konservatif. Namun, Kamala tetap digambarkan sebagai remaja yang penuh semangat, happy-go-lucky, terkadang sembrono, dan relatable bagi anak-anak sebayanya



    Karena itu, ketika beberapa minggu lalu dalam sebuah wawancara bersama BBC Presiden Marvel Studios Kevin Feige mengumumkan rencana untuk membuat film Ms. Marvel yang akan menjadi bagian dari Marvel Cinematic Universe, we’re so excited! Meskipun belum ada info lebih detail, namun bisa dipastikan film ini akan muncul setelah film Captain Marvel yang dibintangi oleh Brie Larson rilis tahun depan. Sambil menunggu info berikutnya, yuk baca dulu beberapa fakta yang harus kamu tahu tentang Ms. Marvel, termasuk perbedaannya dengan Captain Marvel!



    1. Dibuat oleh wanita muslim

    Ide membuat karakter Kamala Khan muncul dari pembicaraan antara editor Marvel, Sana Amanat dan Stephen Wacker. Amanat menceritakan pengalamannya tumbuh sebagai muslim di Amerika dan dari situ muncul ide membuat karakter berlatar Muslim-American dengan sudut pandang yang autentik. Namun terlepas dari agamanya, Amanat dan penulis cerita G. Willow Wilson (yang merupakan mualaf) ingin serial ini dapat dinikmati oleh siapa saja, terlepas dari latar belakang agama dan budaya. Kamala Khan sendiri bukan karakter muslim pertama yang muncul di Marvel. Sebelumnya ada karakter bernama Dust dan M dari serial X-Men yang diceritakan sebagai muslim, namun Kamala adalah karakter muslim pertama Marvel yang punya judul komik sendiri.



    2. Bertema pencarian jati diri

    Walaupun tema kehidupan kaum muslim cukup terasa lewat keluarga Kamala, namun para pembuatnya menegaskan bahwa komik ini bukan tentang menyiarkan agama Islam, namun lebih tentang pencarian jati diri sebagai tema yang universal. Kakak laki-lakinya sangat religius, begitu juga ibunya, sementara ayah Kamala ingin agar Kamala fokus di sekolah dan menjadi dokter. Sedangkan Kamala sendiri masih mencari jati diri baik sebagai seorang remaja maupun sebagai pahlawan dan menyadari bahwa dunia tidak sesederhana hitam dan putih.  



    3. Tidak memiliki kaitan dengan Carol Danvers/Captain Marvel

    Biasanya, nama alias superhero diwariskan kepada anggota keluarga atau karakter superhero muda yang menjadi sidekick mereka, namun dalam kasus Kamala, ia sebenarnya tidak punya hubungan apa-apa dengan Carol Danvers sebagai pemilik asli nama Ms. Marvel. Ketika Kamala mendapatkan kekuatannya, Carol telah memakai nama alias Captain Marvel. Kamala memakai nama Ms. Marvel karena ia memang mengidolakannya. Namun di komik diceritakan bahwa Carol akhirnya bertemu dengan Kamala dan bertindak sebagai mentor baginya. 



    4. Punya kemampuan shapeshifting

    Carol Danvers sebagai Ms. Marvel punya kemampuan terbang, kekuatan super, dan bisa menembakkan energi. Sementara Ms. Marvel versi Kamala punya kekuatan utama shapeshifting, alias memanipulasi fisiknya seperti memperbesar maupun memperkecil bagian tubuhnya. Ia seringkali menggunakan kekuatannya dengan cara memperbesar tangannya untuk meninju lawan maupun menciutkan tubuh untuk menghindari serangan. Dia juga mampu memanjangkan bagian tubuhnya dengan elastis dan bisa menyembuhkan dirinya sendiri. 



    5. Bukan mutant, melainkan Inhuman

    Mayoritas orang berkekuatan super di dunia komik Marvel adalah mutant seperti X-Men, namun bukan itu yang dialami Kamala. Kekuatan super Kamala berasal dari garis keturunan Inhumans yang ada dalam dirinya. Inhumans adalah ras manusia super yang tinggal di Bulan. Sejak kehilangan movie rights untuk X-Men, Marvel memang gencar mempopulerkan cerita tentang Inhuman, salah satunya lewat Kamala. Keputusan menjadikan Kamala sebagai Inhuman juga akan memudahkan Marvel untuk memasukkannya ke dalam Marvel Cinematic Universe. 



    6. Kostum dengan inspirasi budaya Pakistan

    Kostum yang dikenakan Kamala terinspirasi dari shalwar kameez, pakaian nasional Pakistan yang biasanya terdiri dari celana baggy dan baju panjang. Sana Amanat ingin Kamala memakai kostum yang bisa mewakili identitas budayanya, namun bukan berupa hijab agar lebih relatable bagi banyak orang.





    7. Terobsesi pada pahlawan super

    Seperti para pembacanya, Kamala adalah pecinta superhero dan gemar menulis fan fiction tentang superhero Marvel. Saat pertama kali bertemu Wolverine, Kamala sempat fangirling lalu dengan bangga mengaku kalau fanfic karangannya tentang Wolverine dan Storm termasuk yang paling populer. Meskipun Kamala sendiri telah menjadi pahlawan super, namun hal itu tak menyurutkan obsesinya terhadap para superhero dan tetap merasa starstruck setiap bertemu karakter superhero lainnya. 



    8. Salah satu anggota Avengers termuda

    Di komik diceritakan Ms. Marvel sempat bergabung secara resmi dengan Avengers dan berjuang di samping Iron Man, Thor, Vision, dan Captain America. Cosmo pun jadi tak sabar menunggu Ms. Marvel muncul di Marvel Cinematic Universe sebagai anggota Avengers dan berkawan dengan para anggota Avengers lainnya, terutama Spider-Man karena mereka masih sama-sama remaja. 



    9. Salah satu penggemarnya adalah Barrack Obama

    Dalam acara Women’s History Month di Maret 2016, Sana Amanat diundang untuk memberi kata perkenalan bagi presiden AS saat itu, Barrack Obama. Sebelum event tersebut, Amanat memberikan komik Ms. Marvel ke Obama dan Obama memuji komik tersebut karena penggambaran positif bagi umat Muslim di Amerika dan menyebut Ms. Marvel sebagai role model yang baik untuk anak perempuan maupun lelaki di negara tersebut.  



    10. Disambut positif oleh para aktor keturunan Asia Selatan 

    Di samping para fans, yang ikut senang mendengar kabar akan dibuatnya film Ms. Marvel adalah Riz Ahmed, aktor Inggris keturunan Pakistan yang juga tampil di Rogue One: A Star Wars Story dan film karakter Marvel yang akan muncul sebentar lagi, Venom. Lewat Twitter Ahmed mengungkapkan antusiasmenya untuk terlibat dalam film ini dan merekomendasikan bintang keturunan Asia Selatan lainnya seperti Mindy Kaling dan Kumail Nanjiani. Cuitan tersebut pun mendapat tanggapan yang sama antusiasnya dari Sana Amanat dan G. Willow Wilson. 


    Baca juga:

    12 Fakta Tentang Deadpool Yang Belum Kamu Tahu

    Film Marvel Setelah Infinity War yang Wajib Ditonton!


    (Image: dok. Instagram @nkemeluecandice)