Beauty

Ini Kebiasaan Yang Menyebabkan Bekas Jerawat!

  by: Nina Natasya       25/5/2018
  • Permasalahan jerawat memang sepertinya tak habis untuk dibicarakan. Meskipun jerawat yang meradang sudah mengempes, problema yang juga mungkin muncul adalah bekas jerawat yang susah hilang. Ugh! Warna gelap yang muncul di area jerawat tersebut adalah reaksi akibat adanya inflamasi yang mengganggu kemampuan kulit untuk memperbaiki sel-sel nya sendiri. Singkatnya, kulit Anda jadi tak dapat kembali ke kondisi normal sebelum berjerawat karena adanya inflamasi atau iritasi. Tetapi, ladies, hal ini juga seringkali disebabkan oleh kebiasaan kamu sendiri, lho! Selain karena kondisi kulit dan genetik yang berbeda, kebiasaan berikut dapat membuat jerawat menjadi berbekas. So, read and learn from these lists, ladies!


    1. Memencetnya dengan tangan


    Kamu pasti sudah sering mendengar bahwa memencet jerawat dapat membuatnya menjadi lebih parah dan meninggalkan bekas. Tetapi, kamu masih melakukannya? Hmm.. Stop it, ladies! Selain bakteri dari tangan yang dapat memperburuk keadaan jerawat, memencet jerawat dapat menyebabkan kulit dan pembuluh darah menjadi terbuka, sehingga sulit untuk kembali ke keadaan normal. Hal ini menyebabkan munculnya tekstur dan warna yang menghitam dan sulit dihilangkan. Jadi, masih mau memencet jerawat?
     
    2. Tidak menggunakan sunblock

    Sinar UV dari matahari dapat membuat noda-noda kehitaman di kulit jadi makin terlihat, termasuk salah satunya jerawat dan bekas jerawat. Jadi, wajib hukumnya untuk mengenakan sunblock sebelum beraktivitas di pagi maupun siang hari. Pilih produk yang tidak menyumbat pori-pori dan bahkan acne-friendly.


    3. Menggunakan makeup terlalu tebal



    Tentunya jerawat membut kamu tidak percaya diri, dan ingin menutupinya dengan makeup. Tetapi, menggunakan makeup tebal seperti foundation dan pressed powder dapat menyebabkan pori-pori kulit jadi tersumbat. Jerawat pun jadi semakin parah dan sulit untuk melakukan proses penyembuhan. Sebaiknya, jika memang harus menggunakan makeup, kenakan dulu acne patch di bagian jerawat sebelum mengaplikasikan concealer. Lalu, hindari pressed powder dan pilih loose powder!

     

    4. Malas membersihkan wajah

    Selain dapat menyebabkan jerawat baru tumbuh, lupa membersihkan wajah sehabis beraktivitas membuat sisa-sisa kotoran dan sebum jadi menumpuk di kulit. Akibatnya, jerawat yang sedang tumbuh pun jadi lebih lama sembuh dan dapat menyebabkan bekas jerawat. Jangan pernah melupakan untuk membersihkan wajah sebelum tidur, ladies. Pilih produk yang mengandung Benzoyl Peroxide untuk mempercepat penyembuhan jerawat. Atau Niacinamide untuk mengurangi iritasi dan kemerahan akibat jerawat.




    5. Terlalu sering melakukan scrub wajah 

    Eksfoliasi wajah memang penting untuk mengeliminasi sel-sel kulit mati dan mempercepat regenerasi kulit untuk proses penyembuhan jerawat. Tetapi, scrub wajah bukan opsi yang sebaiknya dipilih. Saat kulit berjerawat, lakukan mild exfoliation yang tidak membuat jerawat semakin meradang. Scrub wajah, apalagi yang memiliki partikel kasar, dapat membuatnya semakin parah. Lebih baik, gunakan exfoliating toner yang mengandung Glycolic Acid untuk mempercepat proses regenerasi kulit secara mild.


    6. Mengonsumsi banyak susu dan gula

    Yes, ladies. Menurut para dermatologist, susu dan gula adalah dua hal dari beberapa sebab munculnya jerawat dan juga membuatnya lebih sulit untuk sembuh. Kandungan gula pada makanan atau minuman dapat menyebabkan lonjakan insulin dan meningkatkan produksi sebum kulit, alhasil jadi tumbuh jerawat. Sedangkan susu dan olahannya dapat meningkatkan hormon penyebab jerawat bertambah dan juga menyebabkan pigmentasi. Jadi, coba hindari kedua kandungan tersebut dan perbanyak minum air putih!







    Photo credit title: Roman IegoshynC123RF.com