Better You

Ternyata Ini Waktu Terbaik untuk Olahraga saat Puasa!

  by: Hana A. Devarianti       28/5/2018
  • Saat sedang menjalani ibadah puasa, sering kali kamu jadi malas berolahraga. Cosmo tahu olahraga saat puasa memang menjadi tantangan tersendiri, tapi kamu harus tetap menjalankan aktivitas fisik agat tubuh tetap sehat. Tapi, kapan waktu yang tepat untuk olahraga selama bulan Ramadan? Dan, jenis olahraga apa saja yang cocok untuk dilakukan?


    Satu hal penting yang perlu kamu tahu adalah olahraga dalam keadaan perut kosong bukan hal yang baik. Meskipun ini dipercaya dapat membakar lemak lebih banyak, olahraga saat perut kosong dapat membuat kamu merasa lemas. Hal ini karena tubuh tidak memiliki cadangan energi yang cukup saat berolahraga. Itulah mengapa kamu harus pintar memilih waktu olahraga yang tepat. Dan, ternyata inilah waktu terbaik untuk olahraga saat kamu puasa.




    Setelah Sahur

    Kalau kamu tidak merasa mengantuk, Cosmo sarankan untuk meluangkan waktu berolahraga setelah sahur. Pada waktu tersebut, tubuh telah mendapatkan energi yang dibutuhkan. Sehingga, kamu pun dapat berlatih dengan maksimal. Jika kamu memilih untuk berolahraga setelah puasa, sebaiknya pilih yang intensitasnya rendah. Misalnya saja, yoga, pilates, atau barre workout. Durasinya pun sebaiknya tak lebih dari 45 menit. Ini agar kamu tetap punya energi yang cukup untuk menjalankan aktivitas lainnya hingga jam berbuka.

    Baca juga: Makanan Ini Bisa Bikin Kamu Tak Mudah Lemas Saat Puasa


    Sebelum Berbuka

    Well, kamu mungkin lebih suka bersantai sebelum jam berbuka. Namun, sebenarnya kamu bisa memanfaatkan waktu ngabuburit dengan olahraga. Jangan buru-buru tak merasa bersemangat begitu. Kan, setelah kamu olahraga dengan sisa tenaga yang ada, kamu bisa langsung berbuka. Jadi, kamu tak perlu khawatir merasa dehidrasi ataupun lemas. 

    Meski begitu, harus diingat kalau kamu tidak boleh melakukan olahraga yang berat sebelum berbuka. Durasi idealnya adalah 60 menit dengan jenis olahraga intensitas rendah sampai sedang. Beberapa diantaranya adalah jogging, skipping, dan bersepeda. Kalau mau yang lebih fun, kamu bisa coba ballroom dancing atau main bowling!



    Ini gerakan olahraga tidak menyiksa yang bisa kamu coba:



    Setelah Berbuka

    Nah, setelah berbuka tentu jadi waktu yang pas buat kamu berolahraga. Karena tubuh telah mendapatkan kembali energi yang dibutuhkan, kamu bisa melakukan berbagai jenis olahraga di waktu ini. Mulai yang berintensitas rendah hingga intensitas tinggi. Kamu juga bisa melakukan olahraga yang bisa meningkatkan kekuata dan masa otot tubuh, lho.

    Hanya saja pastikan ketika kamu berolahraga satu atau dua jam setelah berbuka. Sebab, berolahraga saat kenyang dapat menimbulkan efek seperti cegukan, mual, bahkan muntah.


     (Image: melpomen¬©123RF.com)