Beauty

7 Pembersih Kuas Makeup Yang Wajib Kamu Punya!

  by: Astriana Gemiati       28/5/2018
  • Ladies, coba jujur siapa yang jarang atau tidak pernah membersihkan kuas makeup setelah habis merias? Tahukah kamu, partikel-partikel yang terkandung dalam foundation, pemulas pipi, hingga bedak yang menempel pada kuas perlahan akan membusuk. Euuw... ga mau kan?


    Memang menggunakan kuas, menjadi cara instan aplikasi makeup jadi lebih mudah membaur dan menyatu dengan baik. Fakta lainnya, kuas makeup juga mampu menyerap minyak dari kulit wajah kamu setiap kali digunakan, belum lagi debu dan kotoran dari udara yang menumpuk pada bulu-bulu kuas pada saat kamu meletakannya di atas meja rias atau ke dalam beauty pouch. Artinya, setiap kamu menggunakan kuas, kotoran tersebut akan berpindah menyentuh kulit wajah kamu. Aaaarggghh tidak!




    Jangan sampai hal itu terjadi ya ladies, pentingnya mencuci kuas makeup kamu secara berkala selain terhindar dari bakteri yang tidak diinginkan, kuas kamu pun akan jauh lebih awet dan bulu-bulu kuas tetap terjaga kelembutannya.


    Berikut 7 pembersih kuas yang wajib kamu punya:


    #1. The Brush Guard, Brush Cleansing Kit Rp 449.900,-. 


    Pembersih kuas paling lengkap, karena kamu tidak hanya disediakan “Squeaky Clean” brush shampoo saja, namun di dalamnya juga menyediakan cup untuk mencuci dan mengeringkan, serta menyediakan towel, dan beberapa brush guard yang akan menjaga melindungi bulu-bulu kuas tetap terjaga kehalusannya dan tidak rusak.


    #2. Brush Egg Rp 68.900,-. 


    Memiliki ukuran 5.4 x 7.1 x 2.5 cm sehingga mudah untuk dibawa kemana saja. Jika kamu bingung cara menggunakannya, brush egg memiliki dua desain. Untuk tekstur titik-titik, bisa digunakan untuk membersihkan kuas yang berukuran kecil, sedangkan pada bagian yang bergelombang, kamu bisa menggunakannya untuk kuas yang besar. Hal ini bertujuan untuk membersihkan kuas dari kotoran dan minyak secara maksimal tanpa merusak bentuk kuas.


    #3. Masami Shouko, Detoxifying Brush Shampoo Rp 149.000,-.


    Pembersih kuas yang bisa juga untuk beauty blender, sampo ini mampu mengangkat sisa makeup dan kotoran. Cara untuk membersihkan beauty blender, tuang sampo pembersih pada beauty blender, tekan hingga mengeluarkan busa dan kotoran. Bilas hingga bersih tanpa mengeluarkan busa. Setelah itu, taruh di handuk bersih untuk mengeringkannya.




    #4. Brush Cleansing Mat Rp 65.000,-.


    Terlihat unik ya ladies, ternyata cara penggunaannya pun sangat mudah. Letakkan Brush Cleansing Mat ke dalam wastafel dengan cara menekannya suction cups agar menempel pada sink. Lalu nyalakan air keran, perlahan sapukan kuas dengan gerakan memutar di bawah air mengalir. Tekstur titik kecil berfungsi untuk membersihkan kuas kecil dari sisa cream products seperti foundation, maskara, dan liner. Sedangkan pola tekstur yang besar bisa digunakan untuk membersihkan kuas yang lebih besar tanpa merusak kuas.


    #5. Victoria Makeup Atelier, Brush Cleanser Rp 75.000 – Rp 225.000,-.


    Pembersih khusus kuas berjenis spray yang praktis untuk digunakan. Kamu cukup menyemprotkan spray langsung ke bulu-bulu kuas, lalu tekan perlahan di kain halus untuk melunturkan sisa-sisa makeup. Disarankan, agar jaga jarak pada saat menyemprotkan spray ini ke kuas, karena spray ini sedikit mengandung aroma seperti alkohol.


    #6. Lamica, Lamica 601 Brush Soap Rp 185.000,-.


    Menggunakan bahan alami tanpa bahan kimia, sabun kuas ini dirancang khusus untuk menjaga sikat makeup kamu tetap bersih dan tetap lembut. Bahkan aman untuk kulit cantik kamu.


    #7. City Color, Brush Cleaning Sponge Makeup Rp 120.000,-.


    Spons khusus yang digunakan untuk membersihkan kuas untuk makeup berjenis powder. Kamu cukup membersihkan kuas di atas spons dengan cara gerakan memutar sampai beberapa kali. Kuas pun langsung terlihat bersih dan siap untuk digunakan kembali.


    ( Image: Vladimir GjorgievC123RF.com, Dok. Cosmo )