Career

Ini Dia Pengeluaran yang Harus Jadi Prioritas Saat THR

  by: Alvin Yoga       31/5/2018
  • Yes, THR datang! Sebelum belanja kebutuhan untuk Hari Raya Lebaran nanti, ada baiknya kamu baca dulu, apa saja pengeluaran yang harus jadi prioritas dengan uang THR tersebut. Yuk, lihat lengkapnya di bawah ini.

    THR, seperti kepanjangannya yaitu Tunjangan Hari Raya, adalah sejumlah uang yang memang diberikan oleh pemberi kerja untuk para pegawainya sebagai dana tambahan untuk menutupi pengeluaran-pengeluaran selama Hari Raya Lebaran. Jumlah THR sendiri kebanyakan diberikan sama besarnya dengan gaji kamu, tapi bisa juga lebih kecil jika kamu menerima THR proporsional, atau mungkin lebih besar dari gaji sesuai dengan kebijakan kantor tempat kamu bekerja.




    Baca Juga: THR: Dihabiskan atau Ditabung? Ini Jawaban dari Ahli Keuangan


    Uang THR sendiri biasanya habis untuk memenuhi keperluan hari raya. Well, tak mengejutkan, karena merayakan hari raya memang membutuhkan banyak persiapan, terutama dari sisi keuangan. Ada banyak kebutuhan yang harus dipenuhi, beberapa di antaranya – seperti tiket mudik - biasanya memerlukan biaya yang cukup besar.


    Baca Juga: Semua Fakta yang Harus Kamu Ketahui Soal THR


    Berdasarkan informasi dari Tirto dan Bank BJB, lebih dari separuh millennial - terutama mereka yang tinggal di Jakarta, yaitu 56,4%-nya, biasa menghabiskan Rp1 juta hingga Rp3 juta lebih banyak. Apa saja yang dibeli? Menurut data yang diberikan oleh Google, volume penelusuran mereka mencatat bahwa kata-kata yang menyangkut: "pakaian" meningkat hingga 29%, "travel" meningkat hingga 30%, dan "barang elektronik" meningkat hingga 24%.

    Nah, agar uang THR kamu bisa digunakan semaksimal mungkin, penting untuk mencatat dan memberi prioritas terhadap pengeluaran yang akan kamu lakukan. Ingin membeli handphone baru? Tahan dulu. Cosmo sudah bertanya pada Farah Dini Novita, Co-Founder & Vice-CEO dari Jouska Indonesia, sebuah perusahaan konsultan keuangan independen Indonesia, mengenai apa saja urutan pengeluaran yang bisa dijadikan prioritas. Ini daftarnya dimulai dari yang paling penting:



    1. Membayar zakat atau menambah sedekah. Jumlah uang yang harus disisihkan sebenarnya tergantung dari kemampuan masing-masing. Namun, ada baiknya kamu menyisihkan n 2.5% hingga 10% untuk pengeluaran ini.

    2. Membayar THR karyawan (bagi para pemilik bisnis), karena THR adalah hak pendapatan para pekerja yang harus dibayarkan.

    3. Membeli kebutuhan utama saat Hari Raya Lebaran, seperti makanan dan minuman. Kedua hal tersebut harus menjadi prioritas terlebih dahulu.

    4. Biaya mudik. Jika kamu sudah membeli tiket mudik sebelumnya dengan menggunakan uang tabungan atau emergency fund, maka ganti uang yang terpakai dengan THR yg diterima.

    5. Sudah menjadi tradisi bahwa ketika hari raya, kamu memberi sedikit bingkisan pada teman dekat atau rekan kerja. Tak hanya itu, di Indonesia juga ada tradisi memberikan uang pada anak-anak dalam keluarga besar, beberapa bahkan memberi sedikit uang untuk orangtua. Jika kamu mengikuti tradisi tersebut, ada baiknya kamu mengatur dananya sedari awal.

    6. Membeli keperluan lainnya, seperti baju baru untuk Hari Raya Lebaran nanti. Atur dananya sebaik mungkin agar kamu tidak boros. Ada banyak opsi baju hari raya yang modis dengan harga yang cukup terjangkau.

    Itu dia urutan prioritas yang bisa kamu jadikan opsi untuk mempersiapkan Hari Raya Lebaran nanti. Bagaimana, sudah siap berbelanja dengan uang THR-mu?

    (Alvin Yoga / SW / Image: Dok. Melisa Sucahya©123RF.com)