Better You

Kata Ahli, Ini Penyebab Kamu Susah BAB Saat Liburan

  by: Silvya Winny       30/5/2018
  • Buat apa malu? Kamu tidak sendirian, kok. Sama halnya dengan mengalami sunburn ketika liburan, banyak orang pun merasakan susah Buang Air Besar (BAB) atau konstipasi saat berlibur.

    Namanya juga liburan, apapun yang kelihatan enak pasti akan kamu makan. Dan ini yang bikin kamu merasa kenyang, kembung, eneg, dan bloated setelah menghabiskan beberapa hari di destinasi liburan. Aduh, kenapa yaa bisa demikian? Kalau “pemasukan” tetap terjadi sementara tidak juga “dibuang” lantas apa yang terjadi?

    Saking banyak yang mengalami, para ahli bahkan menjuluki keluhan banyak orang ini sebagai “vacation constipation”. Kabar baiknya, para ahli tidak hanya meneliti soal penyebabnya saja, tapi yang juga tak kalah penting yaitu, bagaimana cara mencegahnya.

    Gastroenterolog Vijaya Rao, MD, seorang Asisten Profesor Kedokteran di Fakultas Kedokteran Universitas Chicago, mengatakan kepada Health bahwa ada beberapa alasan di balik itu.

    Perjalanan jarak jauh mengakibatkan terbatasnya akses ke toilet, perubahan pola makan, dan hingga kenyataan simpel tentang perasaan "tidak merasa di rumah" saat ada di kamar mandi baru adalah penyebabnya.

    "Perubahan yang banyak itu mengubah rutinitas kamu, plus ditambah lagi dengan stresnya perjalanan jauh,” ungkapnya.

    Jadi apa yang bisa dilakukan untuk membuatnya bisa lebih ... teratur?

    Menurut Dr. Rao, ada tiga fokus yang bisa kamu lakukan untuk menghentikan vacation constipation. Pertama, kamu disarankan untuk mulai mengonsumsi probiotik dari sejak sebelum memulai perjalanan atau naik pesawat, karena ini dapat melonggarkan feses kamu.

    Kedua, Dr. Rao menyarankan kamu bisa memastikan untuk meregangkan tubuh di dalam perjalanan secara teratur – entah itu di dalam pesawat, atau pun di rest area (kalau kamu bepergian dengan mobil). Rupanya, gerakan tubuh yang simpel itu bisa menstimulasi aliran darah le kedua kaki dan usus kamu.

    Dan terakhir, pastikan untuk minum banyak air, Dr. Rao mengingatkan kamu harus menahan dorongan mengonsumsi makanan yang tak ramah di lambung saat liburan. Memang sih godaan burger, kentang goreng, cokelat, dan snacks di bandara atau di jalanan sangat “jahat” dan menggoda iman, tapi ingat kalau perut kamu akan sulit mengolahnya nanti. Coba ganti snack dengan kacang atau buah.  


    Hal serupa juga berlaku ketika kamu telah sampai di destinasi; Dr. Rao mengatakan tidak apa-apa untuk mencicipi makanan lokal, tetapi pastikan kamu sudah menelan makanan-makanan berserah tinggi seperti sayuran, oatmeal, dan lentil juga.

    Nah, sudah siap liburan? Kalau kamu mengikuti aturan tadi, minim kemungkinan untuk mengalami vacation constipation, Cosmo Babes!

    Oh ya, kalau kamu mengalami susah BAB saat bulan puasa, kamu bisa klik link ini!


    (Image: ljupco©123RF.com)