Better You

Penyebab Tumbuhnya Jerawat di Dada & Cara Mengatasinya

  by: Kezia Calesta       30/5/2018
  • Apakah kamu tahu apa penyebab jerawat di dada? Sama seperti jerawat yang timbul di wajah, produksi minyak berlebihan adalah biangnya! Menurut dermatologis Francesca Fusco dan para ahli, ada beberapa kebiasaan yang bisa menimbulkan jerawat di dada.


    1. Terpapar Sinar Matahari



    Eits, jangan salah… matahari tidak membantu menyembuhkan jerawat! Faktanya adalah, paparan sinar matahari dapat mengeringkan kulit dan menyebabkan dehidrasi. Untuk membuat tubuh terhidrasi, tubuhmu akan mengeluarkan lebih banyak minyak dan hal tersebut akan mengakibatkan jerawat. So, gunakan sunscreen dan perbanyak konsumsi air putih, ya.


    2. Moisturizer atau Tabir Surya Berminyak

    Moisturizer sangat berguna untuk memulihkan kulit yang kering. Sayangnya, lotion berminyak juga bisa menyumbat pori-pori dan menyimpan kotoran, dan hal tersebut bisa menyebabkan jerawat jika kulitmu sensitif. Solusinya? Carilah moisturizer dengan label oil-free atau non-comedogenic!


    3. Deterjen Wangi

    Pakaian yang bersih dapat membantu mencegah jerawat, namun deterjen yang mengandung pewarna atau pewangi dapat mengakibatkan kulit iritasi. Bila kulitmu sensitif, gunakan deterjen polos yang lebih berkualitas!




    4. Makanan Manis dan Olahraga

    Makanan yang bergula bisa menaikkan gula darah dengan cepat, dan perubahan tersebut bisa membuat jerawat timbul. Selain itu, olahraga juga bisa menjadi penyebab jerawat di dada, lho. Gesekan kulit berkeringat dengan bahan pakaian dapat mengakibatkan acne breakout, maka gunakan baju yang lebih longgar dan jangan lupa untuk membersihkan diri setelah berolahraga.


    Cosmo ada beberapa tips untuk menangani jerawat di dada. Simak cara berikut!

    Gunakan body scrub yang lembut dan berkualitas untuk membuang sel kulit mati dari area dada. Jika kamu bisa menemukan exfoliating scrub dengan kandungan salicylic acid untuk membersihkan jerawat, even better!

    Di musim panas, hindari krim yang kental dan gunakan lotion dengan tipis saja. Kulitmu sudah terhidrasi dengan minyak alami, maka tidak perlu menggunakan moisturizer dengan tebal.

    Hindari penggunaan makeup, lotion, dan parfum di daerah dada. Ingat juga untuk menjaga kulit agar terus bersih, khususnya setelah berkeringat dan berolahraga. Oh, dan kurangi makanan bergula!


    (Image: doc. Teeramet ThanomkiatC123RF.com)