Career

8 Tips Menggunakan THR Bagi Para First Jobbers

  by: Alexander Kusumapradja       31/5/2018
  • Menjelang Lebaran, tentu banyak pengeluaran yang harus disiapkan. Namun, untungnya bagi yang telah bekerja, sebentar lagi kamu juga akan mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) yang akan sangat membantumu. Bagi para first jobbers, mendapat THR untuk pertama kali akan menjadi pengalaman yang sama menyenangkan dengan mendapat gaji pertama. Tapi, bagaimana caranya memanfaatkan THR dengan baik? Apakah kamu harus menghabiskan semuanya untuk mencoret daftar barang impian kamu dalam bucket list atau menggunakannya untuk investasi? Simak beberapa tips dari Cosmo berikut ini, ladies!


    1. Kebutuhan Lebaran



    Namanya saja tunjangan untuk hari raya, sebaiknya THR memang diprioritaskan untuk keperluan merayakan Lebaran tanpa mengusik gaji bulananmu. Khususnya bila kamu sudah mulai hidup mandiri atau ingin membantu keluarga. Bila kamu termasuk yang akan mudik, alokasikan dana THR untuk biaya transportasi ke kampung halaman. Menjelang hari H kamu juga pun bisa membantu membeli makanan dan minuman untuk jamuan Lebaran di rumah orangtua. The most important thing: Kamu boleh menggunakan uang THR untuk membeli pakaian, aksesori, makeup, atau perlengkapan salat baru untuk hari Lebaran nanti. Anggap saja sebagai rewards untuk diri sendiri setelah bekerja keras di kantor. 


    Baca Juga: Semua Fakta yang Harus Kamu Ketahui Soal THR


    2. Zakat, Sedekah, Infak

    Namun, sebelum belanja barang-barang baru, jangan lupa menyiapkan dana khusus untuk membayar zakat fitrah yang menjadi kewajban umat Muslim menjelang Lebaran. Besarnya zakat ditentukan oleh Badan Amil Zakat di domisili masing-masing dan harus dibayarkan sebelum hari Lebaran. Seiring kemajuan teknologi, saat ini membayar zakat, infak, dan sedekah pun bisa dilakukan secara online


    Baca Juga: THR: Dihabiskan atau Ditabung? Ini Jawaban dari Ahli Keuangan


    3. Melunasi Utang

    Uang THR juga bisa dimanfaatkan untuk melunasi utang berjalan, seperti cicilan dan pembayaran kartu kredit. Dijamin, hati juga lebih tenang menjalani Lebaran ketika utang sudah lunas atau berkurang. Sebisa mungkin hindari juga belanja kebutuhan Lebaran dengan menggunakan kartu kredit agar tidak terjebak dengan utang baru di kemudian hari. 


    Baca Juga: Ini Pengeluaran yang Harus Jadi Prioritas Dengan Uang THR


    4. Berbagi Rezeki

    If you want to do good and feel good, sisihkan THR untuk memberi rezeki lebih pada Asisten Rumah Tangga, Office Boy, ataupun orang lain di sekitarmu yang telah membuat hidupmu lebih mudah selama ini. Tidak harus berupa uang, tapi juga bisa berupa sembako atau pakaian layak pakai. 


    5. Memberi Angpao

    Bila waktu kecil kamu selalu menunggu datangnya oom dan tante yang sudah siap dengan amplop kecil berisi uang di hari Lebaran, kini giliran kamu melanjutkan tradisi tersebut untuk sanak saudara yang masih kecil. Siapkan sejumlah uang dengan nominal kecil untuk dimasukkan ke amplop dan berikan ke keponakan atau sepupu yang masih kecil. Biasanya mereka pun lebih menikmati euforianya saja dan tak terlalu memikirkan besar nominal di dalam amplop yang mereka terima. 




    6. Menjadi Dana Cadangan

    Selayaknya gaji bulanan, usahakan menyisihkan sekitar 10 sampai 20 persen uang THR untuk ditabung atau menjadi dana cadangan. Tipsnya adalah begitu menerima THR langsung sisihkan sebagiannya di rekening yang berbeda bila ada. 

     

    7. Investasi

    Kalau kamu termasuk yang berpikir jauh ke depan, THR bisa menjadi modal investasi yang bagus. Salah satu caranya adalah membeli perhiasan emas yang selain bisa dipakai saat Lebaran juga menjadi sarana investasi. Pilihan lainnya adalah menyisihkan sebagian THR untuk modal deposito atau reksadana. Sebelum berinvestasi, pelajari baik-baik dulu dan bisa juga minta pertimbangan dari teman atau saudara yang sudah berpengalaman melakukan investasi agar tidak tertipu investasi yang tidak jelas. 


    8. Traveling

    Mumpung sedang libur Lebaran, tentu tidak ada salahnya juga memanfaatkan THR pertamamu untuk menikmati liburan dengan cara berwisata. Berlibur ke tempat-tempat wisata bersama keluarga besar selalu menjadi momen menyambung silaturahmi yang menyenangkan. Atau sebaliknya, bila kamu ingin kabur sejenak setelah “lelah” menghabiskan waktu bersama keluarga besar, solo traveling seems like a good plan.


    Baca juga:

    Yes, Dapat THR! Ini Semua yang Perlu Kamu Tahu Soal THR

    Ini Dia Pengeluaran yang Harus Jadi Prioritas Saat THR

    Mix and Match Tunik Keren Untuk Acara Berbuka Puasa

    Ide Kado Unik untuk Lebaran… Selain Parcel!


    (Image: Melisa Sucahya©123RF.com)