Beauty

Cara Mencegah Bibir Kering Selama Berpuasa

  by: Ainjia Phioltia Paat       17/5/2018
  • Bagaimana hari pertama kamu menjalani puasa, ladies? Salah satu permasalahan saat menjalani puasa adalah bibir yang kerap terasa lebih kering daripada biasanya. Hal ini disebabkan kurangnya hidrasi tubuh yang juga berakibat pada kulit bibir kering dan pecah-pecah. Bagaimana agar kondisinya tidak pecah-pecah dan bertambah parah? Ikuti tip Cosmo berikut agar bibir kamu senantiasa lembut dan terlihat sehat meskipun sedang berpuasa!

     

    1. Banyak Minum Air Putih
    Konsumsi air putih dengan jumlah yang cukup, minimal 8 gelas per hari. Buat pola yang mudah seperti 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat makan malam hingga menjelang tidur, lalu 2 gelas saat sahur. Dengan cara ini, tubuh akan terhindar dari dehidrasi sehingga bibir dan kulit pun tetap lembap.



     

    2. Perbanyak Makan Sayur Dan Buah
    Sebisa mungkin, selalu jadikan buah dan sayuran sebagai menu wajib saat sahur dan berbuka. Buah yang banyak mengandung air seperti semangka, melon, stroberi, jambu air, dan jeruk dapat dijadikan pilihan yang menyenangkan. Kamu juga bisa membuat smoothies bowl dengan yoghurt dan madu yang baik untuk kelembapan bibir. 

     

    3. Eksfoliasi Dengan Lip Scrub

    Kulit bibir juga perlu dieksfoliasi agar sel-sel kulit mati terangkat dan kembali lembut. Lakukan eksfoliasi menggunakan lip scrub paling tidak 2 kali seminggu di malam hari sebelum tidur. Perhatikan agar tidak terlalu kasar saat mengaplikasikan lip scrub karena kulit bibir dapat iritasi. Kalau kamu tidak memiliki lip scrub, eksfoliasi juga bisa dilakukan dengan menyikat bibir menggunakan sikat gigi secara perlahan.

    Coba produk ini:

    1. Skinfood Avocado & Sugar Lip Scrub, Rp63.000,-.

    2. Dior Lip Sugar Scrub

    3. Emina Sugar Rush Lip Scrub, Rp38.000,-.

    [ BACA JUGA: Wajah Fresh Saat Puasa Dengan Skincare Pilihan Cosmo ]

     

    4. Selalu Kenakan Pelembap Bibir
    Gunakan pelembap yang mudah meresap dan baik bagi kesehatan bibir seperti shea butter, minyak vitamin E atau minyak kelapa, terutama sebelum beraktivitas di pagi hari. Penting untuk selalu mengaplikasikan lip balm pada bibir, baik sebelum menggunakan lipstik atau bahkan ketika tidak memakai lipstik sekalipun. Pilih lip balm dengan kandungan SPF agar tak hanya mampu menghidrasi tetapi juga memproteksi bibir dari sengatan matahari. Lebih baik lagi, jika memiliki warna atau tinted lip balm sehingga kamu tak usah mengenakan lipstik yang membuat bibir kering.

    Coba produk ini:



    1. Innissfree Glow Tint Lip Balm, Rp105.000,-.

    2. Lucas Papaw With Applicator - www.benscrub.com, Rp75.000,-.

    3. L'Occitane Shea Butter Ultra Rich Lip Balm, Rp165.000,-.

    4. Glossier Balm Dotcom - www.benscrub.com, Rp279.000,-.



    5. Rawat Dengan Masker Bibir

    Setelah melakukan eksfoliasi di malam hari, aplikasikan masker bibir atau lip sleeping mask sebelum beranjak tidur. Coba Laneige Lip Sleeping Mask yang memiliki teknologi Moisture Wrap™ untuk membantu mengunci kelembapan di bibir kamu. Saat bangun di pagi hari, bibir rasanya lebih lembut dan plumpy


     

    [ BACA JUGA: 5 Olahraga Fun yang Cocok Dilakukan Saat Puasa ]

     

    Hindari 3 Hal:
    1. Saat bibir terasa kering, hindari membasahinya dengan air liur, karena hanya akan membuatnya semakin kering.
    2. Tahan keinginan Anda untuk mencabuti dan menggigiti sel-sel kulit mati atau bibir yang mengelupas agar bibir tidak berujung luka dan iritasi.
    3. Kurangi mengonsumsi makanan yang terlalu pedas atau terlalu asam untuk mencegah iritasi bibir semakin buruk.


    ( Nina Natasya / Image: Shutterstock / Clickphotos )