Fashion

10 Tips Merawat Tas Kulit Agar Tetap Awet

  by: Redaksi       21/5/2019
  • Tas berbahan kulit memang selalu menjadi pilihan. Selain timeless, tas kulit baik faux leather maupun asli selalu dapat membuat Anda tampil lebih trendi di setiap kesempatan. Bukan rahasia lagi kalau tas kulit merupakan fashion item yang wajib Anda miliki! Psst, tapi jangan salah bahwa Anda harus bisa menjaga agar tas kulit tidak mengelupas dan tetap awet. Cara maintenance-nya pun juga harus tepat, lho! Kali ini Cosmo akan memberikan siasat untuk merawat tas kulit agar tetap awet. Simak tipsnya berikut.

    1. Keringkan tas secara alami dan bukan dengan dijemur

    Anda cukup mendiamkannya di dalam ruangan yang sejuk dan tidak lembap. Lalu, simpan di dalam kotak atau dust bag kemudian tambahkan gel silika untuk mencegah timbulnya jamur. Karena jika terkena sinar matahari secara langsung akan membuat tas kulit kehilangan warna aslinya, lho!





    2. Meskipun dalam situasi urgent, jangan gunakan tisu basah

    ... ataupun cuka, ataupun cairan kimia lain yang sering digunakan untuk membersihkan barang di rumah, ladies! Kandungan dalam cairan bisa saja menyebabkan rusaknya kulit tas. Cukup Anda bersihkan tas berbahan kulit tersebut seminggu sekali dengan mencampurkan sabun cair secukupnya dengan air hangat. Gunakan kain halus berwarna putih supaya warna kain tidak luntur dan mengotori tas kulit favorit Anda.

    3. Jangan cuci dengan deterjen

    Tas berbahan kulit tidak cocok jika dibersihkan dengan deterjen yang terlalu keras. Residu sabun yang dihasilkan deterjen dapat menyumbat pori-pori tas sehingga tekstur tas jadi kering dan tampak pecah-pecah sehingga mudah terkelupas.

    4. Gunakan bergantian

    Tas kulit yang terlalu lama disimpan dan tidak pernah digunakan biasanya agak cepat mengelupas. Hal ini dapat terjadi karena kelembapan dan kelenturan bahan kulit tas semakin berkurang. Untuk menghindarinya, usahakan agar Anda sering mengenakan tas atau aksesori lain berbahan kulit secara bergantian. 



    5. Jangan menaruh tas kulit dengan cara ditumpuk

    Karena tesktur dan bentuk tas kulit bisa rusak apalagi jika tertumpuk di bawah barang-barang atau tas lain yang berat. Cukup Anda letakkan tas kulit dengan posisi berdiri di dalam lemari dan jejerkan dengan tas atau barang lainnya. Dengan demikian, tas kulit Anda pasti akan tetap tampak lebih terawat meski sudah digunakan bertahun-tahun.



    6. Jangan gunakan air

    Tangan Anda dalam keadaan kotor atau berminyak? Jangan langsung gunakan air untuk membersihkan noda minyak. Air hanya akan merusak serat kulit saat noda minyak menempel pada tas kulit dan kulit akan dengan mudah terkelupas.



    7. Hindari tas kulit Anda dari noda coretan pulpen

     Masukkan pulpen Anda dengan rapi di dalam clutch kecil, karena noda pulpen pada tas kulit tidak dapat dihilangkan. Tas kulit Anda akan berkurang keindahannya saat tergores tinta pulpen, ladies!



    8. Simpan tas pada sarung tas khusus

    ...yang berfungsi untuk menghindari tas dari debu agar tidak tampak kusam.

    9. Gunakan baking powder

    Jika kamu tidak menggunakan tas kulit dalam jangka waktu lama, siasati dengan menggunakan baking powder dan simpan dalam tas dengan wadah khusus. Ini berfungsi untuk menyerap bau yang tidak sedap pada bagian dalam tas.

    10. Jangan membersihkan tas dengan menggunakan saddle soap

    ...atau sabut pelana. Meskipun guna sabun ini untuk membersihkan sepatu kulit agar tampak mengilap, namun hal ini tidak berlaku untuk jenis kulit pada tas kamu. Karena kandungan pada sabun pelana malah akan membuat pudarnya warna kulit.


     

    (Cindy Herin / Hendry Leo / Foto: pinterest.com / Ilustrasi: Maya Putri)