Beauty

Apa Perbedaan Essence, Serum, Ampoule, dan Emulsion?

  by: Shamira Priyanka Natanagara       3/5/2019
  • Angkat tangan jika kamu penggemar K-beauty! Sekarang angkat tangan jika kamu masih suka kebingungan dengan ragam produk K-beauty! Hahaha, tidak apa-apa, kok, kalau masih sering bingung. Jenis-jenis produk skincare memang sungguh beragam, terutama jika kamu ingin mengikuti 10 steps Korean skincare routine. Hmm... banyak juga, ya, produk-produk yang harus diketahui.

    Nah, dari ragam produk skincare yang tersedia, ada empat yang paling sering membuat orang kebingungan: essence, serum, ampoule, dan emulsion. Keempat produk ini memiliki tekstur yang mirip dan cara pemakaiannya pun juga tidak jauh berbeda. Namun sebenarnya apa, sih, perbedaan essence, serum, ampoule, dan emulsion? Agar tidak salah pakai, simak terus artikel ini!




    Essence


    Biasanya, essence adalah produk pertama yang digunakan karena teksturnya yang cair cepat menyerap ke dalam lapisan kulit. Namun, beberapa essence memiliki tekstur yang mirip dengan serum dan bahkan ada yang lebih kental, sehingga terkadang essence bisa digunakan setelah serum. Lalu apa, dong, yang membedakan essence dan serum? Nah, jawabannya adalah kandungannya. Kedua produk ini mengandung zat aktif untuk merawat kulit, hanya saja konsentransi kandungan essence lebih tinggi—anggap saja ia mengandung the essentials yang dibutuhkan untuk menutrisi kulit wajah. 

    Rekomendasi produk: Ultima II Clear White Supreme Face Essence, SK-II Genoptics Aura Essence, Missha Time Revolution The First Treatment Essence.


    Serum


    Serum memiliki bahan dasar air atau minyak, dan produk skincare ini juga memiliki partikel-partikel kecil yang mampu menyerap ke dalam kulit secara efektif. Jenis-jenis serum yang tersedia dipasaran cukup beragam, mulai dari serum yang dirancang untuk kulit berjerawat, kulit kering, anti-aging, hingga yang spesifik untuk menghilangkan kemerahan pada kulit pun dapat ditemukan. Jika merasa kulit wajahmu membutuhkan ekstra nutrisi, kamu bisa menggunakan essence dan serum, tapi serum sebenarnya dapat digunakan sendiri, jadi tidak apa-apa jika kamu merasa menggunakan serum saja sudah cukup. 

    Rekomendasi produk: Dr.Jart+ Cicapair Serum, Olay Total Effects 7-in-One Anti-Ageing Serum, Laneige Fresh Calming Serum.




    Ampoule


    Girls, apakah kamu sudah tahu apa itu ampoule? Produk skincare ini mungkin agak membingungkan karena memiliki tekstur yang mirip dengan essence dan serum. Nah, yang membuat ampoule berbeda adalah kegunaannya. Ampoule memiliki tekstur yang lebih kental dari serum dan essence, serta konsentrasi kandungannya pun lebih tinggi. Produk ini biasanya digunakan untuk mengatasi masalah kulit secara cepat. Misalnya, kamu ada pesta pada weekend nanti tapi tiba-tiba muncul jerawat di pipi—ampoule bisa menjadi solusi untuk masalah ini! 

    Rekomendasi produk: COSRX Centella Blemish Ampule, Laneige White Dew Original Ampoule Essence, Leegeeham Vita Propolis Ampoule.


    Emulsion


    Emulsion memilki tekstur milky, layaknya pelembap wajah yang dicairkan. Produk ini pada dasarnya adalah pelembap kulit yang ringan. Emulsion bagus untuk melembapkan kulit wajah serta mengatasi kulit dehidrasi, dan berkat formulanya yang water-based, pelembap ini aman untuk kulit berminyak karena tidak akan menyumbat pori-pori. Emulsion dapat digunakan setelah essence, serum, dan ampoule, dan sebelum penggunaan makeup. 

    Rekomendasi produk: Etude House Moistfull Collagen Emulsion, Sulwhasoo Essential Balancing Emulsion, Nature Republic Soothing & Moisture Aloe Vera 80% Emulsion.


    (Shamira Natanagara / VA / Image: Dok. Laneige, Ultima II, SK-II, Missha, Dr.Jart+, Olay, COSRX, Leegeeham, Etude House, Sulwhasoo, Nature Republic / Layout: Maya Rahmawati Putri)