Beauty

7 Cara Untuk Mencegah Rambut Rontok

  by: Astriana Gemiati       5/5/2019
  • Girls, normal kok jika kamu merasa jumlah rambutmu rontok melebihi hingga 100 helai sehari. Namun, jika kamu sudah mengalami kerontokan yang tidak wajar dan melebihi dari biasanya, kini sudah saatnya untuk melakukan perubahan rutinitas kamu, ya! Memang rambut rontok mungkin bisa disebabkan oleh salah satunya faktor genetik, dan tidak menutup kemungkinan terkadang produk yang kita gunakan seperti memiliki kandungan yang keras bisa jadi pemicunya, atau juga kebiasaan buruk lainnya seperti mencabut uban, dan lain sebagainya.


    Berikut Cosmo akan membagikan tips yang dapat kamu lakukan untuk mencegah kerontokan rambut.

    #1. Mulai dari kamar mandi 

    Pilihlah produk pembersih rambut yang tidak menghilangkan nutrisi rambut.  Cari sampo dan kondisioner yang bebas dari sulfat, atau yang mengandung ekstrak rosemary, serta memiliki protein keratin yang bisa bantu untuk mengembalikan kesehatan rambut kamu. 




    #2. Waspadai apa yang akan kamu lakukan pada rambut kamu 

    Seperti pewarnaan rambut dan penggunaaan alat panas yang terlalu sering, rambut kamu akan mudah terpengaruh oleh bahan kimia dan alat yang kamu gunakan. Penggunaan produk pewarnaan atau alat panas akan lebih cepat melemahkan folikel rambut serta menyebabkan rambut jadi lebih mudah rusak dan cepat rontok. Jika rambut kamu sudah rontok, pastikan kamu menggunakan produk perawatan rambut yang tepat untuk  mengatasi rambut rontok agar tetap melindungi helai rambut tidak mudah rapuh.


    #3. Detoksifikasi kulit kepala kamu

    Kulit kepala yang sehat berarti rambut yang lebih kuat. Jadi, ada baiknya merawat kulit kepala kamu dengan detoksifikasi mingguan untuk bantu menghilangkan sebum dan penumpukan produk. Kamu bisa melakukan perawatan rambut dengan mengunjungi salon favorit terdekat kamu yang menyediakan perawatan khusus untuk detoksifikasi rambut. Ini akan membantu mengembalikan keseimbangan untuk kulit kepala berminyak dan sensitif.


    #4. Jangan lupa menjaga agar rambut tetap lembap

    Seperti halnya kulit kamu, helai rambut juga butuh kelembapan! Setelah mengeksfoliasi kulit kepala, coba aplikasikan conditioning mask pada rambut yang basah dan biarkan meresap selama beberapa menit agar kandungan yang terdapat di dalam masker dapat bekerja dengan baik.




    #5. Hati-hati saat menyikat rambut

    Kita tahu keinginan dan kebiasaan untuk cepat menyisir helai rambut dalam kondisi basah yang bertujuan rambut lebih cepat kering sebenarnya tidaklah baik, karena dapat meningkatkan risiko kerusakan yang menyebabkan rambut mudah rontok. Tunggu rambut dalam keadaan setengah kering dan menyisirlah dengan lembut menggunakan sisir yang tepat karena ini akan mencegah rambut terhindar dari rontok.


    #6. Berikan nutrisi dengan produk yang tepat

    Jika kamu merasa masih membutuhkan ekstra perawatan agar helai rambut tetap kuat, coba aplikasikan kondisioner tanpa bilas di setiap helai rambut sebelum kamu keluar rumah.


    #7. Hati-hati dengan tatanan gaya rambut kamu

    Ketika bad hair day atau kamu tipe yang malas untuk menata rambut pilihan gaya ponytail biasanya selalu menjadi andalan. Ada kemungkinan kuncir ekor kuda ini bisa membawa dampak kurang baik yang membuat rambut jadi mudah patah dan gampang rontok jika kamu menerapkannya setiap hari. Jadi, istirahatkanlah sejenak dan coba jadwalkan untuk mengganti gaya tatanan rambut kamu yang berbeda dalam seminggu. Tips Cosmo: lebih baik hindari aksesori rambut yang terbuat dari bahan logam, agar helai rambut tidak mudah patah karena menahan berat dari bahan tersebut. 


    ( Image: Dok. Freepik )