Lifestyle

5 Tipe Koper yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Traveling

  by: Shamira Priyanka Natanagara       5/5/2019
  • Get ready, girls, liburan sebentar lagi akan tiba! Apakah kamu sudah ada rencana untuk mudik? Atau mungkin liburan bersama keluarga? Ke mana pun kamu pergi, pastikan kamu membawa koper yang praktis dan nyaman untuk digunakan. Tidak ingin, dong, waktu bersenang-senang menjadi ribet hanya karena koper yang kamu bawa tidak sesuai dengan kegiatan dan destinasi liburan. Nah, agar tidak salah pilih, berikut adalah lima jenis koper yang harus kamu ketahui sebelum liburan. Simak, ya!


    Koper Carry-On 

    Jika waktu liburan kamu singkat dan tidak ingin check-in koper di bandara, kamu bisa menggunakan koper carry-on. Berkat ukurannya yang kecil, yaitu maksimum 22cm x 35cm x 56cm, jenis koper ini bisa dibawa ke dalam kabin pesawat. Asal kamu tidak membawa benda-benda yang dilarang dalam kabin, kamu tidak perlu antre untuk memasukkan koper ke bagasi pesawat. Jadi lebih hemat waktu, deh!




    Koper Hardcase

    Kokoh dan tahan air, koper jenis hardcase alias tempurung bagus untuk menyimpan berbagai jenis barang karena bahannya yang cukup tahan banting. Bagian luar jenis koper ini biasanya terbuat dari bahan plastik seperti polikarbonat dan ABS, tapi ada juga yang terbuat dari aluminium yang lebih tahan lama. Namun, kamu tidak bisa memuat terlalu banyak barang karena koper hardcase kurang fleksibel. Jika kamu ingin memuat barang belanjaan atau oleh-oleh tapi tidak muat, jangan dipaksakan, ya! Kalau terlalu dipaksakan koper ini bisa menjadi retak. 


    Koper Softcase

    Koper yang berbahan kain, atau biasa disebut koper softcase, memang terlihat agak rapuh, tapi sebenarnya tipe koper ini cukup tahan lama, lho! Jenis koper ini memiliki bahan kain yang cukup fleksibel sehingga dapat memuat cukup banyak barang. Koper softcase juga biasanya menyediakan saku pada bagian luarnya yang bisa digunakan untuk menyimpan benda-benda kecil. Selain itu, jenis koper ini lebih ringan dibanding koper hardcase, hanya saja koper softcase tidak tahan air dan tidak sekokoh koper hardcase. Jika kamu ingin membawa benda pecah belah, sebaiknya gunakan koper hardcase saja. Koper softcase lebih cocok untuk menyimpan baju, dokumen, dan benda-benda lainnya yang tidak mudah pecah. 




    Wheeled Duffel

    Duffel bag yang beroda? Hmm... menarik sekali! Kalau kamu akan berwisata dengan kereta api, bis, atau liburan kamu akan diisi dengan perjalanan kaki yang cukup jauh, lebih baik gunakan jenis koper ini. Wheeled duffel bag terbuat dari bahan kain yang ringan dan tidak kaku, sehingga mudah untuk dimasukkan ke ruang-ruang yang sempit. Jenis koper ini juga memiliki beberapa saku yang mudah diraih, jadi tidak perlu repot-repot membongkar koper, deh! Dilengkapi dengan roda, duffel bag ini praktis untuk dibawa bepergian. 


    Wheeled Backpack

    Attention backpackers! Selain duffel bag, ternyata ransel pun ada yang dilengkapi dengan roda, lho. Wheeled backpack dapat meringankan beban saat backpacking. Kalau bahu kamu mulai terasa pegal akibat menggunakan ransel terlalu lama, tinggal keluarkan handle dari bagian atas ransel dan ranselmu langsung bisa digeret, deh!


    (Shamira Natanagara / VA / Images: PaylessImages©123RF.com, Dok. Instagram)