Lifestyle

Hasil Lelang Art Rug dari IKEA di Satu Dekade Casa Indonesia

  by: Givania Diwiya Citta       8/5/2019
  • Koleksi terbatas karpet kontemporer hasil rancangan delapan desainer ternama dunia, berhasil dilelang di pameran Satu Dekade Casa Indonesia. Setelah melalui proses silent auction selama 2 hingga 5 Mei 2019, akhirnya pelelangan resmi digelar pada malam puncak acara Casa Indonesia 5 Mei lalu. Digagas oleh IKEA Indonesia dalam tajuk IKEA Art Event 2019, karya karpet dengan ekspresi artistik berbeda memang sengaja dikurasi untuk mewujudkan konsep bahwa karya seni dapat diakses dan terjangkau bagi banyak orang di dunia. Tak terkecuali karya seni pada karpet yang mampu menghidupkan rumah sebagai bagian dari menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik.


    Untuk tahun ini, delapan seniman pun mengkreasikan karyanya. Yaitu Virgil Abloh, Chiaozza, Craig Green, Misaki Kawai, Seulgi Lee, Noah Lyon, Filip Pagowski, dan Supakitch. Kedelapan seniman kontemporer ini mengemas seni merajut, kerajinan karpet, street culture, dan avant-garde fashion dalam delapan rancangan permadani yang masing-masing otentik. Hasil dari partisipasi lelang ini pun akan didonasikan pada Yayasan Mitra Museum untuk merevitalisasi museum di Jakarta. Simak beberapa karya art rug berikut yang paling menjadi sorotan!





    Supakitch, seniman asal Perancis ini menghadirkan pendekatan eksentrik yang diaplikasikan pada ritme Art Deco. Seperti pada karya art rug miliknya yang memainkan konsep klasik jenis binatang yang kerap dianggap keramat – ular – sebagai simbol dari panduan spiritual dalam meraih kesembuhan jiwa. 





    Misaki Kawai asal Jepang dikenal akan karyanya yang memanifestasikan konsep bahwa seni adalah tentang bergembira ria. Maka dari itu, karya art rug miliknya ini disusun oleh warna-warna yang ceria, serta material yang nyaman digunakan, dan merefleksikan kucing-kucing besar yang lucu.



    Virgil Abloh sang pendiri label fashion Off-White sekaligus direktur artistik lini fashion pria dari Louis Vuitton, adalah yang paling menjadi sorotan. Terutama dengan konsepnya yang memadukan motif tradisional karpet Persia, ke dalam persepsi konvensional yang turun temurun hadir di dalam rumah: untuk tidak merusak perabot. Akhirnya pada malam puncak acara Satu Dekade Casa Indonesia, art rug ini telah dilelang dan terjual dalam nilai 45 juta rupiah! Terrific!


    (Image: Dok. IKEA Indonesia)