Fashion

Met Gala 2019: Sejarah, Tema, dan Tamu Undangan

  by: Shamira Priyanka Natanagara       7/5/2019
  • Girls, get ready for fashion's biggest night out! Hari Senin pertama di bulan Mei tahun ini jatuh pada tanggal 6, dan ini berarti Met Gala akan segera berlangsung.

    Mungkin sebelumnya kamu sudah sering mendengar tentang acara ini. Met Gala seringkali dijuluki 'fashion's biggest night out' dan 'Oscars of the East Coast'—karena memang para tamu undangan yang hadir selalu tampil all out, tidak tanggung-tanggung, dan sesuai tema yang telah ditentukan. Nah, tahun ini Met Gala akan kembali digelar dengan tema yang pastinya berbeda dari tahun lalu, dan acara ini juga akan mengundang artis-artis ternama. Hmm... jadi penasaran! Jika kamu ingin tahu lebih lanjut tentang Met Gala 2019, simak terus artikel ini.




    Sejarah

    Met Gala adalah acara penggalangan dana tahunan yang diadakan pada hari Senin pertama di bulan Mei sejak tahun 1948, dan dana yang terkumpul dari acara ini akan diberikan kepada Metropolitan Museum of Art Costume Institute. Selain penggalangan dana, acara ini juga merayakan pembukaan pameran fashion Metropolitan Museum yang terbaru. Setiap tahunnya, Met Gala diramaikan oleh deretan aktor, aktris, model, musisi, dan desainer papan atas yang tampil sesuai dengan tema pameran fashion tersebut. 

    Met Gala 2018 mengusung tema 'Heavenly Bodies: Fashion and the Catholic Imagination' yang cukup kontroversial. Tahun 2017, pameran fashion yang dirilis adalah 'Rei Kawakubo/Comme des Garçons' yang membuat para tamu undangan hadir dengan ragam pakaian yang unik. Tema Met Gala selalu menjadi penantian banyak orang setiap tahunnya, dan tentunya tema tahun ini tidak kalah menarik.


    Tema Met Gala 2019


    Tahun ini, Met Gala mengusung tema 'Camp: Notes on Fashion'. Yes, the theme is 'camp'. Kalau kamu sekarang sedang mengerutkan dahi karena kebingungan, kamu tidak sendiri, kok. Sudah ada banyak netizen dan media Barat yang dibuat bingung oleh tema tahun ini. Sebenarnya apa, sih, camp itu?

    Istilah camp memiliki sejarah yang cukup panjang, tepatnya dimulai dari abad ke-17, dan sepanjang sejarah, makna dari istilah ini telah beberapa kali berubah. Pada tahun 1909, penyair Inggris Oscar Wilde menyatakan bahwa camp adalah "perbuatan dan sikap yang berlebihan". Susan Sontag, penulis asal Amerika Serikat, merevisi pernyatan Oscar dan menambahkan penjelasan lebih melalui essay-nya, "Notes on 'Camp'". Ia mengusulkan beberapa definisi untuk camp, diantaranya "keseriusan yang gagal", "kecintaan terhadap yang tidak wajar", dan "sesuatu yang berambisi besar tapi justru menjadi berlebihan". 

    Apakah kamu ingat gaun angsa yang Björk kenakan pada red carpet Academy Awards pada tahun 2001? Atau mungkin kamu lebih familiar dengan ragam kostum serta aksi panggung Lady Gaga dan Katy Perry yang meriah? Bagaimana dengan puluhan pakaian karya Jeremy Scott yang selalu menarik perhatian? Itulah camp! Unik, berkarakter, namun pada saat yang bersamaan juga bisa dianggap, err, too much—dan memang sengaja dibuat berlebihan! Camp is so bad, it's good. Camp mendorong orang untuk mencoba berbagai hal yang tidak lazim. 

    Pameran 'Camp: Notes on Fashion' akan menampilkan beragam baju yang unik dan ikonik karya desainer-desainer ternama, termasuk Vivienne Westwood, Marc Jacobs, Jeremy Scott, Anna Sui, dan Rei Kawakubo. Kabarnya, akan ada 150 busana dan aksesoris yang dipamerkan. 




    Host Acara dan Tamu Undangan

    Editor-in-Chief Vogue Anna Wintour kembali menjadi ketua Met Gala tahun ini. Ia telah memegang posisi ini sejak tahun 1995. Tahun ini Anna dibantu oleh empat co-host, yaitu Lady Gaga, Harry Styles, atlet tennis Serena Williams, dan Alessandro Michele, creative director Gucci. 

    Untuk tamu undangan, well, belum ada yang tahu pasti siapa saja yang akan hadir di Met Gala tahun ini. Namun seperti biasa, Anna yang memutuskan siapa yang berhak datang, so tunggu saja kehadiran artis papan atas seperti Beyoncé, Rihanna, dan, tentunya, the Kardashians and Jenners

    Ingin lihat keseruan Met Gala tahun ini? Follow Instagram Cosmo di @cosmoindonesia



    (Shamira Natanagara / VA / Layout: Maya Rahmawati Putri)