Beauty

Rutinitas Skincare Saat Puasa Agar Kulit Tidak Kering

  by: Kissy Aprilia       8/5/2019
  • Saat berpuasa, kulit rentan mengalami dehidrasi dan menjadi kusam karena tubuh kekurangan cairan. Of course, kamu tidak dapat mengatasinya dengan memperbanyak asupan air mineral, buah, atau sayur di siang hari. Tapi rutinitas skincare yang tepat akan menjaga kulitmu tetap lembap dan terhindar dari dehidrasi. Yuk, ikuti langkah berikut ini.


    Pilih Pembersih Wajah yang Tepat

    Ok, this is cliché. Tapi faktanya, menggunanakan produk pembersih wajah yang salah dapat mengikis lapisan minyak alami pada kulit. Pastikan kamu memilih formula yang memiliki pH netral, kandungan untuk meningkatkan kelembapan, dan tidak berbusa, sebab komponen busa dapat membuat wajah semakin kering bahkan iritasi. 




    Gunakan Toner Agar Tidak Kusam

    Setelah mencuci wajah, gunakan toner ringan agar kulitmu tetap cerah dan tidak kusam. Pilih kandungan AHA atau lactic acid yang dapat membantu meningkatkan hidrasi dan rona kulit, sekaligus memperbaiki tampilan pori-pori. 


    Next, Essence atau Face Mist!

    Mungkin kamu sudah tahu bahwa manfaat utama essence adalah untuk meningkatkan hidrasi kulit wajah. Produk ini memiliki tekstur cair yang dapat melakukan penyerapan lebih optimal, sama seperti face mist. Lalu, apa fungsi face mist? Ternyata, menyemprotkan face mist sebelum menggunakan moisturizer dapat menjaga kelembapan dalam waktu lama. Jika memiliki jenis kulit kering, kamu dapat menggunakan essence sebagai face spray. 


    Plus… Serum dan Eye Cream

    Beri kulitmu asupan serta nutrisi ekstra dengan serum. Jangan lupa menggunakan eye cream, karena area kulit bagian mata memiliki lapisan yang lebih tipis dan lebih rentan mengalami kekeringan. Ok, girls?


    Moisturize, Moisturize, and Moisturize!

    This should be you beauty mantra! Kelembapan dan hidrasi adalah kunci utama untuk mendapatkan kulit sehat, khususnya di bulan puasa. Jika memiliki jenis kulit kering, pilih produk yang ekstra lembap dan mampu menjaganya sepanjang hari. Sedangkan untuk pemilik kulit berminyak, gunakan pelembap bertekstur gel yang tidak membuat kulit semakin berminyak.




    Beralih ke Glossy Lip

    Selama bulan puasa ini, Cosmo menyarankan kamu untuk meninggalkan matte lipstick sejenak dan beralih ke tampilan glossy. Alasannya? Tentu saja agar bibir senantiasa terjaga kelembapannya. 


    Perhatikan Area Kulit Lainnya

    Jangan hanya memerhatikan kulit wajah, girls! Area tubuh lainnya juga membutuhkan asupan agar tidak mengalami kekeringan. Jika menggunakan pelembap setelah mandi tidak terasa efektif, selalu sediakan hand cream atau pelembap ukuran travel di dalam tasmu!


    Perlindungan Ekstra dengan Masker

    Perubahan metabolisme tubuh yang terjadi saat puasa juga memengaruhi regenerasi kulit. Jadi, meski telah menahan kantuk usai beraktivitas seharian, jangan lupa untuk membersihkan kulit dengan optimal. Lalu, lakukan kembali tahapan rutinitas skincare di atas, dan ditutup dengan menggunakan masker yang berfungsi meningkatkan hidrasi kulit. 


    (Kissy Aprilia, image: Freepik)