Celebrity

Lee Min Ho: Mulai dari Cinta, Karier, Hingga Selesai Wamil

  by: Alvin Yoga       8/5/2019
  • Perannya sebagai Gu Jun-pyo dalam serial drama Korea Boys Over Flower sukses melambungkan namanya, tak hanya di Korea Selatan, namun hingga berbagai negara. Kini, sepuluh tahun setelah serial tersebut dirilis, nama Lee Min-ho masih saja bersinar. Terbukti ketika ia baru saja dikabarkan keluar dari wajib militernya beberapa hari yang lalu, sederet penggemar setia dan media telah siap menunggunya. Seperti apa sosok Lee Min-ho kini? Simak artikel berikut.

    Tak mungkin jika kamu tak pernah mendengar namanya. Lee Min-ho bukan hanya seorang aktor, ia adalah seorang Hallyu Star–korean wave. Berbagai peran telah ia mainkan, baik di serial drama Korea, hingga di layar lebar. Tak aneh makanya, ketika Cosmopolitan Korea memilihnya untuk menjadi aktor pria pertama yang menjadi sampul depan halaman Cosmopolitan Korea pada bulan Maret 2017 lalu.





    Di bulan Maret 2017 tersebut, aktor asal Seoul ini juga merilis sebuah mini-album, Always, yang ia persembahkan bagi para penggemar yang telah mendukungnya selama sepuluh tahun terakhir. Well, ia memang bukan seorang penyanyi, ia adalah seorang aktor. Tapi bukan berarti ia tak punya alasan untuk melakukan hal tersebut. “Sebagai seorang aktor, saya menyadari bahwa semakin hari, ada semakin banyak orang yang mengenal saya - di Korea Selatan, di Asia, di manapun. Di sisi lain, hal ini juga berarti bahwa semakin hari, ada semakin banyak orang yang tidak saya kenal, yang dengan sepenuh hati selalu mendukung saya. Inilah alasan utama saya membuat album Always, inilah cara saya berkomunikasi dengan penggemar saya, ini cara saya berterima kasih pada mereka,” ujarnya.

    Tepat sebelum wajib militernya dua tahun lalu, ia menerima sebuah tawaran peran – untuk kali terakhirnya sebelum wajib militer – sebagai Heo Joon-jae dalam serial drama Korea The Legend of The Blue Sea. Di serial tersebut, Lee Min-ho mengakui bahwa ia menghadapi tantangan yang luar biasa untuk mampu memainkan banyak karakter sekaligus, mengingat Heo Joon-jae – perannya dalam serial tersebut – adalah seorang penipu ulung. Ketika ditanya mengenai karakter apa yang paling mirip dengan dirinya dari serial tersebut, Lee Min-ho mengaku bahwa ia adalah gabungan dari berbagai karakter yang ia mainkan. “Terkadang saya adalah pria moody yang sulit ditebak. Di waktu lain, saya bisa menunjukkan sisi playful bersama para staf di tengah syuting. Di saat yang lain, saya juga bisa menjadi pria yang dewasa,” ujarnya. “Kalau harus menentukan apa karakter saya yang paling dominan, rasanya sulit. Namun kalau Anda memang betul-betul penasaran seperti apa kelakuan saya dalam kehidupan sehari-hari, well, saya rasa saya adalah pria charming yang bersemangat melakukan apa yang saya lakukan. Hehe.”



    Tak bisa disangkal, aktor yang juga bermain sebagai Kim Tan dalam serial The Heirs ini memang sangat memesona, hingga terkadang para penonton sulit melupakan perannya setiap kali ia bermain dalam serial televisi. “Sebagai seorang aktor, saya mulai terbiasa menghadapi komentar para penonton yang terkadang sangat attached dengan peran yang saya mainkan. Well, naskah yang ditulis oleh sang scriptwriter memang bisa sangat membius. Namun hal inilah yang lalu menjadi tantangan bagi saya: yaitu bagaimana membuat para penonton kembali menyukai saya lewat peran yang berbeda. Jika Anda adalah seorang aktor yang sudah memainkan begitu banyak peran di usia 20-an, saya rasa Anda harus terus mengeksplorasi potensi dan kemampuan jika tidak ingin para penonton bosan dengan Anda. Inilah yang saya lakukan. Saat ini saya terus mencari tahu apa yang seorang Lee Min-ho bisa lakukan.”

    Apa yang kemudian ia lakukan? Lee Min-ho memutuskan untuk terjun dalam dunia sosial. Ia pun mendirikan sebuah website, PROMIZ, yang bertujuan untuk mengumpulkan donasi bagi mereka yang membutuhkan. Di tahun 2014, Lee Min-ho bahkan berhasil mengumpulkan 50.000 dolar Amerika, atau sekitar 570 juta rupiah saat itu, untuk didonasikan ke Malawi dalam rangka World Water Day. Setahun kemudian, ia juga menggunakan website ini untuk membantu para korban gempa di Nepal. Tak berhenti di situ, Lee Min-ho juga banyak berperan bersama UNICEF, termasuk dalam berbagai misi di Mongolia, Meksiko, Taiwan dan Hongkong.





    Kini, di usianya yang ke-31, aktor kelahiran Seoul ini tersebut telah selesai melakukan wajib militernya. Lee Min-ho secara resmi dilaporkan lulus dari kewajiban negaranya, dua tahun setelah ia mengembannya sejak Mei 2017 silam. Namun alih-alih memilih untuk beristirahat selama beberapa waktu, baru-baru ini ia dilaporkan langsung menerima tawaran baru untuk bermain dalam sebuah serial drama Korea baru berjudul The King: The Eternal Monarch. Di kesempatan tersebut, ia dan Kim Eun-sook – penulis naskah untuk The Heirs – kembali bekerja sama. Serial drama Korea ini dijadwalkan akan tayang pada awal tahun 2020 mendatang, dan akan dipimpin langsung oleh sutradara terkenal Baek Sang Hoon, yang dulu sempat menjadi sutradara untuk serial drama Descendants of the Sun.

    Lalu, bagaimana dengan kehidupan cintanya? “Haha, masih ada banyak waktu mengenai hal itu,” ujarnya. Seperti apa hubungan asmara yang ideal bagi seorang Lee Min-ho? “Menurut saya, hubungan cinta yang ideal adalah ketika dua orang bisa saling memberikan efek positif serta saling mendukung satu sama lain. Kedua hal tersebut harus ada dalam setiap hubungan,” ucapnya. “Di sisi lain, saya pikir bahwa cinta adalah menerima segala sesuatu apa adanya. Ini berarti saya tak perlu menyembunyikan, atau melakukan suatu hal lain, yang membuat saya bisa diterima oleh sang pasangan. Cinta adalah soal menerima apa adanya dan memberikan seluruhnya,” tambahnya.

    Bagi seorang Lee Min-ho, cinta dalam serial drama maupun dalam kehidupan nyata tak banyak berbeda. “Menurut pandangan saya, cinta dalam kedua hal tersebut memiliki konteks dan nilai yang serupa. It’s all about purity, passion and sacrifice that you make for love. Dan untuk mempertahankan nilai-nilai tersebut, bukanlah hal yang mudah. Jika saya sedang jatuh cinta, tentu saja saya akan melakukan apapun yang bisa saya lakukan untuk sang pasangan. Saya siap membuat pengorbanan untuk orang yang saya cintai,” tutupnya.

    Kini, siapkah kamu membuat pengorbanan untuk menunggu serial dramanya tayang 2020 mendatang? Cosmo surely can’t wait.


    (Alvin Yoga / FT / Image: Courtesy of Cosmopolitan Korea)