Celebrity

Apa Arti Nama Putra Pangeran Harry dan Meghan Markle?

  by: Yovita Pratiwi       9/5/2019
  • Pangeran Harry dan Meghan Markle yang tengah berbahagia atas kelahiran putra pertama mereka telah mengumumkan nama sang bayi, yaitu Archie Harrison Mountbatten-Windsor. In case you missed out, Archie lahir Senin lalu, pada tanggal 6 Mei 2019. Berita bahagia ini telah lama dinanti publik yang tak sabar melihat the new royal baby. Sebelumnya, beredar rumor bahwa The Duke and Duchess of Sussex akan menamai anaknya Albert, Arthur, atau Philip, jika yang lahir adalah bayi laki-laki; Victoria, Alice, atau Diana, jika yang lahir adalah bayi perempuan. Turns out, it’s a boy! Penasaran apa arti dibalik nama bayi Pangeran Harry dan Meghan Markle? Keep on reading!


    Tak seperti sepupu-sepupunya, Pangeran George, Putri Charlotte dan Pangeran Louis – anak-anak dari Pangeran William dan Kate Middleton – Archie tidak memiliki gelar pangeran, namun akan diberikan titel Master saat dewasa nanti. Pemilihan nama oleh Pangeran Harry dan Meghan Markle ini menandakan perubahan modern dari tradisi kerajaan, ujar Cleveland Evans, mantan direktur the American Name Society sekaligus profesor psikologi di Universitas Bellevue.





    Makna dibalik Nama Archie


    Archie merupakan kependekan dari Archibald, nama yang berasal dari era Middle Age di Scotland. Memiliki arti berani dan murni, Archibald merupakan nama bangsawan di Scotland, jelas Evan. Nama Archie sendiri merupakan nama yang populer di Inggris, menempati peringkat ke 18 pada daftar nama anak laki-laki paling populer di Inggris tahun 2017. Pemilihan nama Archie dari Archibald menunjukkan keinginan pasangan Pangeran Harry dan Meghan untuk mengambil langkah menuju tradisi kerajaan yang lebih modern.


    Makna dibalik Nama Harrison


    Nama tengah Archie, Harrison, biasanya digunakan sebagai nama akhir alias nama keluarga. Hal tersebut membuat nama Archie unik dan belum pernah dilakukan oleh kerajaan Inggris sebelumnya, yaitu menggunakan nama akhir sebagai bagian dari nama depan bayi mereka. Nama Harrison berasal dari julukan asal Inggris yang literally memiliki arti putra Harry. Harrison menempati posisi ke 34 pada 100 nama anak laki-laki paling populer di Inggris tahun 2017. 




    Keputusan Pangeran Harry dan Megan memberi dua kata nama untuk putra mereka juga merupakan keputusan yang jarang, karena sepupu-sepupunya memiliki 3 kata nama, sementara ayah dan paman mereka, Pangeran William, memiliki empat kata nama. 



    Sementara itu, nama akhir Mountbatten-Windsor diambil dari marga keturunan Ratu Elizabeth II dan suaminya, Pangeran Phillip. Selama ini, kerajaan Inggris memiliki sejarah panjang menamai bayi dengan nama anggota keluarga yang lebih tua. Tradisi tersebut masih digunakan hingga hari ini. Namun, yang berbeda kali ini adalah kenyataan dimana sebenarnya Pangeran Philip belum pernah diperkenankan untuk menggunakan marganya bagi anak-anaknya. Ini dinilai sebuah bentuk penghormatan oleh Pangeran Harry kepada kakeknya. Aww, sweet!


    Setelah tampil di hadapan publik untuk pertama kalinya dengan Archie, Pangeran Harry dan Meghan kembali ke kediaman mereka di Frogmore Cottage, Windsor Estate. Aww, congratulations on the arrival of the royal baby!


    (Yovita Pratiwi / Image: Dok. Instagram)