Better You

Hindari 7 Makanan Ini Agar Berat Badan Tak Naik Saat Puasa!

  by: Giovani Untari       10/5/2019
  • Girls, kerap mengalami masalah berat badan yang naik selama bulan puasa? Keep calm! Permasalahan satu ini bisa jadi datang dari pemilihan makanan yang kurang tepat. Beberapa makanan yang dikonsumsi selama puasa rentan memiliki kalori yang tinggi, sehingga tidak mengherankan jika berat badan pun kerap melonjak setelah mengonsumsinya. Belum lagi, terkadang keinginan untuk menyantap makanan secara berlebihan saat berbuka yang turut memicu kenaikan berat badanmu.

    Uppss, apa saja 7 makanan yang sebaiknya kamu hindari agar berat badan tidak naik selama puasa? Ini dia sejumlah list-nya:




    1. Makanan Bersantan



    Bulan puasa memang identik dengan makanan yang mengandung santan. Mulai dari menu takjil seperti kolak, kue basah, hingga menu utama seperti soto atau gulai pun tidak luput dari bahan satu ini. Tetapi satu hal yang perlu kamu waspadai girls, mengonsumsi santan secara berlebih bisa membuat berat badanmu meningkat selama puasa. Sebab santan mengandung kalori serta lemak yang tinggi, sehingga tidak jarang membuat pencernaanmu terganggu.


    2. Gorengan



    Well Cosmo akui rasanya sulit untuk menahan godaan tidak menyantap gorengan saat berbuka puasa bukan? Tapi sama seperti santan, makanan yang digoreng pun menyumbang lemak dan kalori yang besar bagi tubuh. Belom lagi penggunaan tepung yang ada di gorengan juga semakin menambah asupan karbohidrat bagi tubuh. Makanan yang digoreng dalam temperatur tinggi pun umumnya mengandung lemak jenuh yang buruk bagi kesehatan. Hasilnya? Berat badanmu rentan meningkat selama puasa!


    3. Junk Food



    Junk food sendiri umumnya diolah dengan cara deep fried sehingga memiliki kandungan minyak berlebih di dalamnya. Selain itu, junk food juga umumnya berisi  produk olahan yang minim serat sehingga membuat perut kamu buncit dan ususmu sulit mencernanya. Tak sampai di sana, junk food pun memengaruhi metabolisme dan kondisi perutmu secara keseluruhan. Oh no!


    4. Makanan yang Mengandung Tinggi Tepung



    Makanan yang mengandung tinggi tepung menjadi salah satu makanan berikutnya yang bisa membuat berat badan naik saat puasa. Ini saatnya kamu mengganti nasi putih dan makanan yang mengandung tepung berwarna putih seperti roti putih dengan alternatif brown rice atau roti gandum. Hal ini karena makanan dengan tepung yang berwarna putih jika dikonsumsi secara terus menerus bisa menjadi lemak pada perut dan membuat berat badan meningkat.




    5. Keju



    Makanan apapun yang ditambahkan keju rasanya memang selalu lezat! Eitss.. tapi jangan sampai kamu overwhelming dan berakhir mengonsumsi keju secara berlebihan saat berbuka puasa. Beberapa variasi keju seperti Parmesan, Gouda, serta keju Romano memiliki kalori yang tinggi sehingga dapat memicu kenaikan berat badan jika dikonsumsi terlalu banyak. Terlebih keju juga masuk salah satu makanan yang minim serat sehingga kurang bersahabat untuk pencernaanmu.


    6. Daging Olahan



    Beralih ke makanan selanjutnya yang sebaiknya kamu hindari saat bulan puasa adalah daging olahan. Daging olahan seperti bacon, sosis, dan ham berpotensi membuat berat badanmu meningkat. Hal ini disebabkan daging olahan mengandung kadar garam yang tinggi. Kandungan garam yang berlebihan dalam makanan memicu tubuh menumpuk cairan. Karena pada dasarnya garam memiliki kemampuan menahan air di dalam tubuh. Selain itu daging olahan juga mengandung lemak dan gula yang juga memicu bertambahnya berat badan.


    7. Produk Dairy



    Produk dairy dan susu memiliki kandungan laktosa yang berpotensi membuatmu bertambah gemuk dan perut buncit. Di dalam laktosa terdapat enzim laktase, dan permasalahannya adalah semakin bertambahnya usia tubuh kita semakin sulit dalam menyerap laktase. Beberapa produk dairy dan susu juga mengandung tinggi lemak yang juga sulit dicerna tubuh sehingga perutmu buncit. Jadi bagi kamu yang suka dengan produk dairy dan susu tapi tidak ingin bertambah berat badan selama puasa, ini saatnya kamu beralih ke produk susu dari bahan nabati seperti susu almond atau susu kacang kedelai.


    Images: Dok. Unsplash.com, Tenor.com.

    Teks: Giovani Untari.