Beauty

Sangat Multifingusi, Ini 7 Cara Menggunakan Petroleum Jelly

  by: Shamira Priyanka Natanagara       10/5/2019
  • Girls, tentu kamu pernah mendengar tentang petroleum jelly, dong. Campuran paraffin dan mineral oils ini pertama ditemukan pada akhir abad ke-19 dan dipopulerkan sebagai obat untuk menyembuhkan luka bakar. Namun seiring berjalannya waktu, orang-orang telah menemukan berbagai macam cara untuk menggunakan petroleum jelly. Nah, apakah kamu sudah tahu apa saja kegunaanya? Berikut adalah tujuh cara menggunakan petroleum jelly. Simak!


    1. Sebagai lip balm

    Kalau lip balm kamu sudah habis, gunakan petroleum jelly saja! Teksturnya yang lunak dan halus membuat petroleum jelly bagus untuk melembapkan bibir kering. Petroleum jelly juga tidak akan menguap, jadi bibirmu tidak akan tetap lembap seharian.




    2. Mengatasi kulit kering dan kasar

    Selain melembapkan bibir, petroleum jelly juga dapat melembapkan area kulit yang seringkali kering dan kasar, seperti siku, lutut, dan tumit. Apalagi jika tumit kamu pecah-pecah, sebaiknya oleskan petroleum jelly secara rutin sebelum tidur agar kondisinya membaik.


    3. Merawat Kuku

    Lapisan kulit di pinggiran kuku, atau biasa disebut kutikula, patut dirawat agar tidak kering, sebab kutikula yang kering dapat menyebabkan iritasi. Nah, kamu pun dapat menggunakan petroleum jelly untuk merawat kutikula. Jika kamu merasa kutikula kering, tinggal oleskan saja petroleum jelly secukupnya pada pinggiran kuku.


    4. Membuat parfum lebih tahan lama

    Yup, petroleum jelly juga dapat membuat parfum kamu lebih awet, lho. Sebelum memakai parfum, oleskan sedikit petroleum jelly pada pergelangan tangan, leher, atau area lainnya yang biasanya kamu semprotkan parfum. Wangi parfum kamu akan lebih awet dan tahan seharian. Mudah sekali, kan?




    5. Makeup remover

    Layaknya cleansing balm, petroleum jelly dapat melunturkan makeup yang ada di wajah—termasuk yang waterproof! Petroleum jelly memiliki tekstur yang ringan sehingga nyaman untuk digunakan, serta formulanya yang oil-based dapat menghapus makeup secara efektif. Selain itu, petroleum jelly juga non-comedogenic, jadi tidak akan menyumbat pori-pori.

    Namun perlu diingat, girls, bahwa produk ini mungkin saja tidak cocok dengan segala jenis kulit. Sebaiknya lakukan patch test terlebih dahulu untuk mengetahui jika kulit wajahmu cocok dengan petroleum jelly atau tidak.



    6. Mencegah menempelnya cat rambut pada kulit

    Sebelum mengecat rambut, oleskan petroleum jelly pada telinga dan garis rambut agar warna cat tidak menempel pada kulit. Cat rambut yang menempel pada petroleum jelly akan langsung hilang setelah keramas, sedangkan jika tidak menggunakan petroleum jelly, warna cat bisa membekas pada kulit.


    7. Menangani luka ringan seperti lecet

    Petroleum jelly dapat digunakan pada luka lecet agar luka tidak menjadi koreng dan untuk menghindari rasa gatal. Lagi pula, luka akan lebih cepat menutup jika kondisi kulit lembap. Bahkan petinju pun sering memakai petroleum jelly untuk menangani luka-luka mereka, lho!


    (Shamira Natanagara / VA / Images: Maliwan Prangpan©123RF.com, Anna Bizoń©123RF.com, nito500©123RF.com, Dmytro Dudchenko©123RF.com)